December 2, 2020

4 Alat Tes Kesuburan Pria dan Cara Mendeteksinya

Deskripsi: Ada beberapa alat tes kesuburan pria untuk menentukan apakah pria memiliki potensi mandul atau tidak.

Tingkat kesuburan secara biologis bukan hanya menjadi masalah wanita namun juga pria. Ada kalanya ketika pasangan tidak kunjung mendapat momongan karena salah satu dari pria maupun wanita. Agar bisa mengetahui tingkat kesuburan serta kemungkinan mandul seseorang, ada beberapa alat tes kesuburan pria seperti berikut.

Alat Deteksi Mandul Pada Pria

Berikut daftar alat dan metodenya.

  • Analisis Pada Sperma

Cara pertama ialah dengan menggunakan analisis pada sperma. Sperma yang kuat memiliki kemampuan menembus indung telur dan menemukan sel telur tanpa mati di tengah jalan. Beberapa kasus kemandulan bisa disebabkan karena kualitas sperma yanh kurang. Melalui analisis ini maka bisa ditemukan sifat dan juga kecenderungan pada sperma sesuai standar yang ditentukan.

  • Biopsi Pada Testis

Cara kedua ialah dengan melakukan biopsi testis. Dokter menggunakan alat khusus yang memeriksa jaringan pada testis. Hal ini merujuk pada fakta bahwa sperma berasal dari produksi jaringan di testis, apabila dokter menemukan kejanggalan maupun kelainan pada jaringan yang bisa menimbulkan kemandulan, maka pasien bisa segera mengambil tindakan cepat demi menyelesaikan masalah ini.

  • USG

Selain untuk mengetahui perkembangan jamin, ternyata USG jika bisa berfungsi untuk mengecek apakah seseorang memiliki kemungkinan mandul akibat kelainan pada organ reproduksi. Pemeriksaan ini umumnya memerlukan diagnosa dan juga metode tambahan untuk mengetahui agar permasalahan bisa segera di diagnosa dan dicarikan jalan keluarnya. Pastikan untuk mendapatkan rekomendasi dari dokter yang bersangkutan.

  • Proses Aglutinasi Sperma

Proses ini hampir mirip dengan pemeriksaan sperma dimana sperma di cek untuk mengetahui tingkat fertilitasnya. Aglutinasi menggunakan sel telur hamster dan sampel sperma. Sperma akan di cek sejauh mana bisa melakukan penetrasi untuk menjangkau sel telur hamster sebagai bahan tesnya. Jika sperma selalu mati sebelum bisa menembus sel telur maka besar kemungkinan pasien mengalami kemandulan.

Itulah beberapa alat tes kesuburan pria untuk mengetahui apakah ada potensi mandul atau tidak. Konsultasikan dengan dokter spesialis untuk mendapatkan arahan yang sesuai dengan alat tes yang akan dipergunakan. Semoga bermanfaat.