October 1, 2020

5 Jembatan Terpanjang di Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Ada banyak sekali jembatan yang ada di Indonesia mengingat negara kita merupakan negara kepulauan dan banyak memiliki sungai serta selat. Uniknya, jembatan sekarang ini tidak hanya sebagai penghubung antar satu tempat dengan tempat lain, melainkan juga sebagai landmark dan tempat wisata. Apalagi jika jembatan tersebut unik, misalnya menjadi jembatan terpanjang. Yuk, simak 5 jembatan terpanjang di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

Jembatan Terpanjang di Indonesia

Di Indonesia ini ada banyak sekali jembatan yang memiliki arsitektur menarik. Tidak heran, jembatan ini pun menjadi tempat wisata sekaligus tempat hunting foto. Nah, bagi Anda yang ingin melihat mana saja jembatan terpanjang di Indonesia, di bawah ini ada ulasannya, yakni :

  1. Jembatan Barito, Kalimantan Selatan

Jembatan terpanjang yang pertama adalah Jembatan Barito di Kalimantan Selatan. Dengan panjang sejauh 1.082 m, jembatan ini melintasi Sungai Barito yang lebarnya adalah 800 m. Tidak hanya itu, jembatan ini juga melintasi Pulau Bakut yang lebarnya adalah 200 m.

  1. Jembatan Pasupati, Bandung

Jembatan terpanjang yang kedua adalah Jembatan Pasupati di Bandung. Jembatan ini memiliki panjang sejauh 2,8 km dan lebar sebesar 30 – 6 m. Didesain oleh Iir Karsten, rupanya nama jembatan ini merupakan singkatan dari dua nama jalan di Bandung, yakni Jalan Pasteur dan Jalan Surapati hingga menjadi nama Pasupati.

  1. Jembatan Ampera, Palembang

Jembatan ketiga adalah Jembatan Ampera. Melintasi Sungai Musi, jembatan ini memiliki panjang sekitar 1117 m dan lebar sejauh 22 m. Tidak hanya menjadi salah satu yang terpanjang, jembatan ini juga menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Dibangun pada tahun 1965, jembatan Ampera bahkan dulunya bisa dibuka tutup untuk dilewati kapal.

  1. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Siak

Keempat, jembatan terpanjang yang ada di tanah air adalah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan ini memiliki panjang 1196 m dan lebar 16,95 m. Menghubungkan Kabupaten Siak dengan daerah sekitarnya, jembatan ini sangat memudahkan transportasi dimana selama ini banyak masyarakat yang jika bepergian harus pakai speed boat.

  1. Jembatan Suramadu, Surabaya – Madura

Terakhir, jembatan terpanjang di negara kita adalah Suramadu. Jembatan yang menghubungkan antara Madura dan Surabaya ini membentang sejauh 5438 m. Dibangun pada tahun 2009, jembatan ini juga berguna untuk mempermudah akses dari kedua kota.

Demikian ulasan mengenai 5 jembatan terpanjang di Indonesia. Semoga ulasannya bermanfaat.