October 20, 2021

Dijamin Sejuk Maksimal! Berikut Cara Mudah mengatur Mode AC Yang paling Dingin

 

Ruangan yang panas dan gerah tentunya merupakan hal yang sudah biasa bagi mereka yang tinggal di wilayah atau daerah tropis. Oleh karena itu penggunaan air conditioner kerap kali menjadi solusi yang tepat untuk menjaga suhu tetap sejuk. Akan tetapi suhu yang dihasilkan sering kali tidak sesuai dengan keinginan. Agar terhindar dari hal tersebut, simak cara mengatur mode AC yang paling dingin disini.

Cara Mudah Mengatur Suhu AC Agar Dingin Maksimal

  1. Menentukan Suhu Standar Yang Tepat

Cara pengaturan pertama yang dapat anda lakukan adalah menentukan suhu standar dan yang paling tepat untuk ruangan anda. Kemudian sesuaikan suhu tersebut sesuai dengan kondisi suhu yang berada si luar ruangan supaya tetap nyaman dan aman.

Biasanya suhu standar yang digunakan adalah sekitar 22 hinga dengan 25 derajat celcius. Namun hal tersebut kembali lagi pada kondisi atau keadaan anda.  Pada saat menggunakannya. Jika menurut ada suhu tersebut masih kurang nyaman dengan kondisi anda yang mungkin sangat kepanasan, maka anda dapat menguranginya sekitar 1 sampai dengan 2 derajat.

  1. Menggunakan Mode Cool

Setiap jenis penyejuk ruangan menyediakan berbagai mode ataupun fitur yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Baik digunakan untuk membasmi virus dan bakteri ataupun menjaga kelembapan ruangan. Hal tersebut juga merupakan kelebihan yang dapat dijadikan daya tarik untuk para penggunanya.

Salah satu mode yang dapat digunakan tersebut adalah mode cool. Mode yang satu ini dapat berfungsi mendinginkan ruangan lebih maksimal. Biasanya mode yang satu ini ditandai dengan tulisan cool yang bisa membuat suhu ruangan lebih sejuk dengan cepat. Penyejukan yang cepat tersebut tentunya dikarenakan adanya freon AC yang sangat berkualitas.

  1. Menggunakan Mode Swing

Tidak hanya mode cool, pada penyejuk ruangan juga terdapat mode lainnya yang dapat menjadikan AC yang paling dingin. Mode tersebut adalah swing, yang mana dapat berfungsi unruk mengatur arah semburan angin yang dari penyejuk ruangan. Oleh karena itu anda bisa mendapatkan udara yang maksimal sesuai yang di inginkan dengan cara mengaktifkannya.

Selain mode tersebut juga terdapat mode lainnya yang mampu meningkatkan kualitas udara yang dihasilkan. Oleh karena itu sangat disarankan bagi anda untuk memiliki penyejuk ruangan yang berkualitas baik dengan mode serta fitur yang sangat berguna dan bermanfaat untuk anda dan keluarga.

  1. Tidak Memaksa AC Berkerja Lebih Keras.

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh para pengguna penyejuk ruangan adalah memaksakan perangkat menyentuh suhu yang tidak ideal ketika cuaca sangat panas.  Seperti suhu pada siang di daerah yang ditempati kurang lebih 35 derajat, namun memaksa penyejuk ruangan untuk mengatur suhu sekitar 18 derajat. Hal tersebut tentunya akan membuat produk tersebut akan berkerja sangat keras.

Dengan begitu sangat disarankan untuk tidak menseting elektronik tersebut dengan suhu dibawah 25 derajat. Usahakan untuk mengatur suhu kurang lebih sekitar 24 sampai dengan 25 derajat celcius. Dengan begitu suhu yang berasal dari penyejuk ruangan akan berkerja secara maksimal sehingga suhu yang dikeluarkan akan sangat nyaman bagi tubuh.

  1. Mengatur Perputaran Kipas Pendingin Ruangan

Untuk mendapatkan udara AC yang paling dingin, anda perlu mengatur perputaran kipas secara maksimal yang terdapat pada penyejuk ruangan tersebut. Akan tetapi, langkah yang satu ini boleh ditempuh jika suhu sekitar tidak terlalu rendah atau lebih tepatnya berada pada kurang lebih 16 derajat celcius.

Dengan menyesuaikan perputaran kipas yang terdapat pada perangkat ini dengan tingkat tertinggi, maka udara akan lebih cepat merata. Meskipun begitu anda juga harus memperhatikan arah semburan angin, agar tidak mengarah ke tubuh secara langsung yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Untuk itu bagi penting bagi anda untuk tetap menjaga kipas tersebut agar tetap berfungsi dengan baik. Jika terjadi kerusakan atau hl lainnya, anda dapat mengunjungi https://polarin.co.id/ sebagai penyedia jasa terbaik dan aman untuk berbagai keperluan penyejuk ruangan.

  1. Menurunkan Suhu Secara Bertahap

Selain beberapa mode dan fitur alat yang terdapat pada penyejuk ruangan, melakukan pengaturan suhu juga sangat diperlukan. Misalnya jika merasa suhu penyejuk ruangan anda tidak berjalan secara maksimal, anda dapat menurunkan suhu tersebut secara bertahap sampai dengan menemukan suhu paling tepat.

Adapun cara yang sangat disarankan untuk langkah ini yaitu menurunkan suhu satu atau dua derajat lebih rendah hinga dengan suhu tepat. Tidak disarankan untuk langsung memilih suhu yang terlalu tinggi karena selain mengurangi performa penyejuk ruangan kesehatan anda juga dapat terganggu.

Hal ini disebabkan karena tubuh ada yang kaget dengan perubahan suhu yang terjadi pada ruangan. Misalnya jika anda pada awalnya menghabiskan waktu di luar ruangan, kemudian masuk ke rumah dan menyetel penyejuk dengan tingkat yang redah, hal tersebut sangat tidak baik. Sebab dapat memperhambat peredaran darah yang dapat menyebabkan suatu penyakit.

  1. Seting Remote Dengan Suhu 16 sapai dengan 18 Derajat

salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan suhu AC yang paling dingin adalah menggunakan suhu kisaran 16 sampai 18 derajat celcius. Menggunakan cara yang satu ini dapat menjadikan mesin kompresor standby dalam waktu yang tidak terlalu lama. hal ini artinya jika suhu di ruangan sudah mencapai 16 derajat maka mesin tersebut akan mati secara otomatis.

Namun anda tidak perlu khawatir tentang mesin tersebut, karena alat tersebut akan hidup dan berfungsi dengan sendirinya ketika suhu sudah naik.  Tentunya menggunakan cara yang satu ini dapat membuat suhu ruangan menjadi sejuk secara konsisten. Jika penyediaan mode tidak memuaskan anda, maka cara yang satu ini dapat dijadikan pilihan yang tepat.

Mesin kompresor yang standby dan akan berfungsi kembali saat suhu sudah normal diatur oleh thermistor. Thermistor merupakan salah satu alat yang terdapat pada penyejuk ruangan yang berfungsi mengatur suhu ruangan sesuai dengan keinginan para pengguna. Oleh karena itu hal ini menjadi point penting yang harus diperhatikan ketika membeli AC, selain dari desain ataupun fitur.

Itulah beberapa pengaturan agar ac dapat sejuk secara maksimal.  Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa mode ataupun fasilitas yang sudah tersedia pada penyejuk ruangan tersebut. dari sini dapat kita ketahui bahwa untuk menurunkan suhu udara dan dingin secara maksimal tidak hanya menggunakan mode namun juga beberapa alat yang tersedia seperti kipas dan lain-lain.