October 20, 2020

Sudah Tahu Bahaya Akibat Jerawat Tak Diobati? Yuk Simak Penjelasannya Di Sini

Semua orang bisa memiliki jerawat pada tubuhnya baik di area wajah maupun area yang lainnya. Namun tidak menampik jika jerawat pada wajah yang paling banyak mendapatkan perhatian. Mengingat jerawat yang membandel bisa membuat seseorang tak pede dengan penampilannya. Dan ada juga beberapa yang akhirnya menyerah saat jerawat tak kunjung sembuh. Padahal ada bahaya akibat jerawat yang tak diobati atau tidak dirawat. Simak ulasannya.

Jerawat Membandel, Perhatikan Kebiasaan Hingga Pola Hidup

Jerawat tumbuh dikarenakan berbagai macam faktor yang terjadi pada tubuh. Bisa disebabkan oleh perubahan hormon hingga karena pola hidup kita. Yang jelas jerawat akan muncul ketika produksi minyak alami atau sebum pada lapisan bawah kulit terlalu banyak. Dan dari kadar sebum yang terlalu banyak inilah yang kemudian membuat bakteri Propionicaterium Acnes akhirnya tumbuh dan membuat jerawat menjadi meradang.

Dan kemunculan dari jerawat ini tentunya akan membuat siapapun sebal, apalagi pada jerawat yang membandel. Hari ini hilang kemudian di kemudian hari akan muncul kembali. Hal inilah yang membuat akhirnya banyak orang yang menyerah dengan datangnya jerawat ini. Padahal anda harus tahu mengapa jerawat bisa datang terus menerus dan tidak berhenti. Mungkin ada kebiasaan yang membuat produksi minyak alami semakin banyak.

Kebiasaan memencet jerawat menjadi salah satu penyebab jerawat muncul kembali dan membandel. Akibat jerawat membandel yang dipencet ini akan membuat penyembuhan semakin lama. Apalagi jika memencet dengan tangan yang tidak bersih, selain itu pori pori juga akan lebih masuk ke dalam. Hal ini berlaku untuk semua jerawat, baik yang di wajah maupun di punggung sekalipun. Anda bisa mengatasi dengan obat jerawat wajah maupun cream penghilang bopeng.

Jerawat yang tak kunjung hilang juga bisa disebabkan karena salah atau tidak cocok produk skincare. Memang tanda tanda tidak cocok ini tidak hanya jerawat, biasanya juga disertai dengan rasa gatal atau iritasi. Sehingga jika anda memang merasa tidak cocok, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Karena bukan untuk menghilangkan jerawat justru akan membuat jerawat makin parah dan tak kunjung sembuh.

Kebiasaan atau pola hidup yang membuat jerawat membandel selanjutnya adalah sering mengkonsumsi makanan manis. Tidak menampik jika jerawat juga disebabkan karena asupan makanan yang kita konsumsi. Sehingga sebaiknya anda mulai mengurangi konsumsi makanan manis serta produk olahan susu. Selain itu cobalah untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat agar jerawat tidak membandel dan datang terus menerus.

Terlalu stres juga bisa memicu mengapa jerawat enggan pergi dari wajah. Sebenarnya bukan pada stresnya, namun perubahan hormonnya. Hormon ini bisa memperparah jerawat seseorang dan akibat jerawat yang paling menyebalkan ada peradangan yang juga meninggalkan bekas. Jika anda ingin jerawat segera berhenti tumbuh, hindari stres, istirahat yang cukup, olaharga dengan rutin dan juga mengatur pola makan menjadi lebih sehat.

Bahaya Apabila Jerawat Tak Diobati Hingga Tuntas Sampai Akhir

Peradangan jerawat harus di obati baik dengan menggunakan obat tradisional atau secara medis. Tentunya juga didukung dengan pola hidup yang lebih baik dan menghindari kebiasaan yang memperparah. Intinya jika ingin berhasil mengatasi jerawat adalah sabar. Sabat adalah kuncinya dan tidak boleh menyerah. Sebab jika jerawat tak diobati dan dibiarkan meradang ada efek samping yang nantinya harus anda tanggung.

Efek samping yang pertama adalah bekas jerawat yang juga akan membuat kondisi wajah atau tubuh tak lagi cantik. Bahkan menurut American Acedemy of Dermatology, jerawat yang semakin lama kan membuat bekas luka jerawat memiliki risiko besar muncul. Apabila anda terlambat atau bahkan tidak mengobatinya maka jerawat anda akan meninggalkan bekas. Akibat jerawat yang tidak diobati yakni bekas jerawat ini tidak mudah diatasi.

Dan anda bisa menghentikan peradangan karena jerawat dengan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan mengobati jerawat menggunakan salep, obat jerawat, krim dan bahan alami lainnya. Anda bisa memilih beberapa pengobatan yang cocok dengan kondisi jerawat anda. Obat jerawat akan membuat peradangan cepat mereda dan tak membuat bekas jerawat tertinggal. Anda harus tahu mengobati bekas jerawat tidaklah mudah.

Selain meninggalkan bekas, jerawat yang tidak diobati juga akan membuat peradangan semakin parah. Bahkan peradangan akan terus menyebar pada area yang lainnya. Anda harus tahu jika bakteri penyebab peradangan ini cepat sekali berpindah. Sehingga ketika mengobati harus pada area sekitarnya sekaligus. Hal ini dilakukan agar peradangan pada jerawat tidak semakin menyebar pada area yang saat ini belum terpapar.

Dengan adanya bekas jerawat, peradangan yang makin parah, akibat jerawat yang tak ditangani juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Tidak sedikit ada orang yang akhirnya minder, tidak percaya diri, malu hingga stres yang berlebihan. Bahkan jerawat ini bisa menjadi pemicu adanya depresi. Kadang juga ada yang akhirnya bermake up tebal untuk menutupi. Padahal hal ini akan membuat jerawat juga semakin parah.

Mengobati Dengan Langkah Yang Tepat Menjadi Poin Utama

Jika anda tidak ingin dampak tersebut terjadi pada anda, maka yang bisa anda lakukan adalah mengobati dengan tepat. Ada beberapa produk yang bisa membantu anda untuk mengatasi adanya jerawat yang membandel ini. Sebab, terkadang merubah pola hidup saja tidak cukup membuat jerawat pergi. Anda bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan benzoil peroksida untuk mengatasi jerawat yang timbul.

Bahan ini terbukti ampuh dan bisa menghilangkan jerawat baik di wajah maupun di punggung. Bahan lain yang juga ampuh adalah asam salisilat yang akan membantu untuk mengangkat sel kulit yang mati dengan efektif. Dengan memilih produk dengan beberapa kandungan ini maka akan membantu untuk atasi jerawat. Anda tidak akan merasakan bagaimana akibat jerawat yang tidak ditangani jika sebelumnya segera mengobatinya.

Untuk mengobati jerawat hingga akhirnya hilang memang harus sabar dan telaten. Kulit bebas jerawat tentunya menjadi impian dari banyak orang. Dan anda juga bisa mewujudkannya asalkan anda mau berusaha. Tidak mudah menyerah, dan berkonsultasi langsung dengan dokter jika memang sudah mencoba segala cara. Dengan begitu setiap penanganan tidak akan salah yang justru memperburuk kondisi jerawat anda.