October 1, 2020

Apa Itu Aquascape Dan Cara Membuatnya

 

Akhir-akhir ini demam aquascape kembali muncul di permukaan masyarakat dan dunia telah menjadi hobi di masyarakat.  Mungkin bagi sebagian orang lainnya mungkin masih bingung dan bertanya apa itu aquascape. Hobi ini mungkin tak sepopuler hobi lainnya, namun hobi ini tidak kalah menarik dengan hobi lainnya.Hal tersebut dikarenakan hobi ini membutuhkan unsur ketelitian dan kesenian.

Aquascape adalah seni mengatur tanaman, batu, karang, kayu dan lain sebagainya di dalam akuarium. Uniknya, dunia aquascape ini tidak hanya sekedar melatakkan benda-benda tersebut, tetapi juga menuntut estetika seni. Selain estetika seni, Anda juga butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi ketika membuat aquascape. Pada umumnya aquascape ini seperti membuat kebun di dalam akuarium.

Aquascape ini merupakan hobi yang bisa dikatakan sebagai hobi mahal.Untuk membuat seperangkat dunia aquascape ini cukup menguras kantong Anda. Seperti pembelian filter air, tanaman, pasir dan juga perlengkapan lainnya yang harganya tergolong mahal. Untuk jenis tanaman yang dipakai dalam aquascape sendiri biasanya bervariasi, mulai dari tanaman yang perawatannya mudah hingga yang sulit.

Sebenarnya aquascape dan akurium memang hampir sama. Keduanya menggunakan wadah yang terbuat dari kaca. Selain kaca, bahan seperti acrylic atau bahan lain juga dapat digunakan sebagai wadah keduanya. Namun perbedaan dari keduanya adalah akurium hanya berfokus pada ikan hias saja sebagai isinya. Sementara aquascape, ikan hanyalah sebagai pelengkap dan bukan hal yang begitu penting.

faktor yang perlu dipertimbangkan

Tujuan utama dari adanya aquascape ini untuk menciptakan suatu gambaran bawah air yang indah dan bagus. Namun, dalam pembuatan dan perawatan aquascape sendiri memilik banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan pembuatan dan pemeliharaab aquascape. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Penyaringan atau filtrasi
  • Mempertahankan kadar dari CO2 di tingkat yang cukup, sehingga bisa mendukung terjadinya fotosintesis di bawah air
  • Suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin
  • Subtrat dan pemupukan
  • Pencahayaan
  • Kontrol alga atau lumut

cara membuat aquascape

Penggemar atau hobi dari aquascape ini dinamakan aquascaper. Bagi Anda yang baru mengetahui apa itu aquascape pastinya tertarik untuk membuatnya bukan? Berikut ini adalah cara membuat aquascape untuk Anda para pemula

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya menyiapkan bahan atau komponen aquascape. Bahan atau komponen tersebut diantaranya filter air, lampu, pasir silica, C02, bebatuan dan makhluk hidup yang ingin Anda masukkan di dalam akuarium, seperti ikan dan tanaman air. setelah itu Anda dapat membuat aquascape Anda sendiri.
  • Kemudian pilihlah ukuran akuarium yang Anda inginkan. Sebagai saran, pilihlah akuarium yang besar agar tampilan aquascape Anda akan semakin menarik.
  • Setelah Anda memastikan ukuran akurium, langkah selanjutnya adalah menaburkan pasir silica di bagian dasar dengan ketinggian sekitar 2-3 cm. Usahakan ketika menaruh pasir sicilica buatlah pola lekukan menjorok di bagian tengah dan agak tinggi di sampingnya.
  • Di bagian tengah pasir tersebut, Anda tambahkan karbon aktif. Karbon aktif ini berfungsi untuk menyerap zat berbahaya yang ada pada air saat Anda membuat aquascape.
  • Setelah Anda menaruh pasir silica, langkah berikutnya adalah menaburkan pupuk di atas pasir pada bagian lekukan yang tadi telah Anda atur. Setelah Anda menaburkan pupuk, tutup kembali dengan pasir agar pupuk tersebut tidak terlihat dari luar. Pemberian pupuk pada pembuatan aquascape hanya untuk tanaman yang memiliki akar.
  • Selanjutnya yaitu medekorasi atau menata hardscape dalam akuarium. Hardscape sendiri yaitu hiasan berupa bebatuan dan kayu untuk membentuk aquascape tampak lebih menarik.
  • Setelah itu, masukkan tanaman. Anda dapat memasukkan tanaman dengan atau tanpa air di dalamnya. Jika Anda ingin memasukkan tanaman dengan adanya air di dalamnya, maka Anda harus memasukkan air sebanyak seperempat bagian akuarium. Ketika Anda memasukkan air, pastikan Anda memasukkan air tersebut secara perlahan dengan menggunakan saringan atau alat khusus.
  • Kemudian masukkan air hingga penuh dan perangkat lainnya seperti outlet filter, lampu, diffuser CO2 dan lainnya. Setelah semua siap, jangan Anda langsung masukkan air ke dalam aquascape Anda. Tunggu hingga 2 minggu setelah 2 minggu aquascape Anda bisa Anda masukkan hewan air seperti ikan, udang dan hewan lainnya.

Desain dari aquascape sendiri juga berbeda-beda. Terdapat beberapa desain yang mungkin sering Anda temui seperti gaya belanda. Desain aquascape dengan gaya belanda ini juga biasa disebut dengan nama dutch style. Desain belanda atau duth style ini menyerupai taman. Selain gaya belanda, adapula aquascape dengan gaya jepang yang mana terinspirasi dari kondisi alam.

Jika dibandingkan dengan akuarium, membuat aquascape ini jauh lebih sulit.Jadi, para aquascaper harus kreatif dalam membuat aquascape agar memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan sehingga enak dilihat oleh banyak orang.