October 20, 2020

Berbagai Macam Manfaat Daun Sirih Cina

 

Daun Sirih Cina memiliki nama latin yaitu Peperomia Pellucida. Daun Sirih Cina juga dikenal sebagai tanaman Tumpang Sari karena sering tumbuh di antara tanaman lain. Selain itu, tanaman ini tidak bisa tumbuh jika terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman ini dapat dikembangbiakkan melalui perkembangbiakan generatif atau melalui pembuahan biji. Daun Sirih Cina merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman herbal. Hal ini disebabkan banyaknya manfaat kesehatan yang bisa diambil dari tanaman tersebut. Lantas, apa saja manfaat daun Sirih Cina ini?

Salah satu manfaat daun Sirih Cina adalah kemampuannya untuk menyembuhkan luka bakar. Tanaman ini memiliki senyawa antiseptik serta zat antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan pembekuan darah dan penutupan luka. Sehingga, luka bakar akan lebih cepat sembuh. Daun Sirih Cina juga memiliki senyawa anti bakteri yaitu metanol mentan. Senyawa ini merupakan senyawa antimikrobia yang dapat digunakan sebagai obat anti bakteri berbagai jenis seperti Bacillus substilis, Pseuodomonas aeruiginosa, Escherichia coli, dan Staphylococcus aureus. Kandungan kloroform yang ada dalam daun Sirih Cina juga dapat digunakan sebagai anti jamur. Sehingga, daun Sirih Cina ini bisa digunakan sebagai obat penyakit yang disebabkan oleh jamur.

Daun Sirih Cina juga berkhasiat sebagai obat pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Kamu bisa mengobatinya dengan cara menempelkan daun Sirih Cina pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Setelah itu, balutlah dengan menggunakan perban. Bengkak akan hilang selama beberapa hari sesuai dengan tingkat keparahan luka.

Daun Sirih Cina juga bisa menjadi solusi bagi masalah jerawat yang timbul. Mengapa? Daun Sirih Cina mengandung senyawa yang dapat menghilangkan minyak dan kotoran, hal yang menjadi penyebab jerawat. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat masker yang terbuat dari daun Sirih Cina. Masker tersebut dapat diusapkan kepada seluruh wajah terutama yang mengalami jerawat. Setelah itu, cucilah wajah dengan menggunakan air bersih. Gunakan secara rutin dan jerawat akan mudah hilang.