October 1, 2020

Berapa Sih Biaya Iklan di Facebook ADS?

Pada artikel kali ini akan dibahas tentang biaya beriklan di facebook. Seperti yang banyak diketahui, sebagai salah satu situs jejaring sosial terpopuler di dunia, facebook memberikan aneka layanan dan fitur bagi pengguna, termasuk fitur untuk beriklan, namanya facebook ads. Dengan pengguna lebih dari 1 miliar diseluruh dunia, facebook ads dinilai efektif untuk melakukan promosi dan menjangkau pengguna facebook yang sangat banyak. Lalu, berapa biaya iklan di facebook? simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Sekilas tentang Facebook Ads

Facebook, merupakan aplikasi dan situs jejaring sosial terpopuler di dunia. Dengan facebook, para pengguna bisa berkomunikasi sesama pengguna, mengirim pesan, memposting audio visual, hingga membuat halaman pribadi. Dengan pengguna lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia, facebook merupakan platform yang dinilai efektif untuk berpromosi karena memiliki pengguna sangat banyak.

Pengguna dapat memanfaatkan layanan facebook iklan atau facebook ads untuk berpromosi. untuk menggunakan layanan facebook ads ini, pengguna lebih dulu membuat halaman Fan Page. Halaman Fanspage ini berguna untuk digunakan sebagai alat promosi anda di facebook ads. Laman fanpage bisa berupa produk, layanan perusahaan, merk dagang, individu dan lain lain. Dengan Laman fanpage, anda mengenalkan bisnis anda ke pengguna facebook lain, mereka bisa saja melakukan LIKE, atau menjadi penggemar dari Fan Page yang anda buat di facebook ads.

Kemudahan atur mekanisme promosi di facebook ads

Dalam berpromosi di facebook ads. Para pengiklan bisa mengatur berbagai hal agar tepat sasaran. Mulai dari mengelola target pasar yang akan dituju, seperti menentukan lokasi dan wilayah geografi, gender, hal yang disukai, usia, pendidikan, sehingga pendidikan dan lain lain.

Setelah pengiklan memilih karakter iklan apa saja yang ingin dipilih, pengiklan secara otomatis akan tahu jumlah target iklan mereka. Hal ini membuat mekanisme iklan lebih teratur sehingga cara ini cukup efektif dan tepat sasaran.

Biaya Iklan di Facebook Ads

Untuk gunakan layanan facebook ads, pengiklan memerlukan sejumlah biaya. Biaya iklan ini bisa disesuaikan dengan hasil iklan yang ingin dicapai.

Biaya iklan di facebook cukup fleksibel. Pengiklan bisa menentukan target dan biayanya sesuai yang diinginkan. Jika ingin tingkatkan traffic, maka yang diperlukan adalah jumlah kliknya. Jumlah klik yang nantinya diinginkan, tergantung biaya yang pengiklan keluarkan. Biaya untuk mendapatkan 1 klik di facebook ads, disebut biaya per klik atau cost per Click (CPC).

Berapa biaya iklan di facebook Ads?

 

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya iklan di facebook ads. Diantaranya, jumlah audience yang pengiklan targetkan. Untuk biaya iklan di facebook, harganya bisa dimulai dari harga 10 ribuan per hari hingga $50.000 untuk iklan satu minggu.

Jika pengiklan ingin biaya iklan murah, maka cukup targetkan audience dalam jumlah banyak. Dengan modal kecil saja audience bisa capai jutaan. Namun hasil iklan sendiri bisa saja kurang maksimal karena target tidak spesifik, dilakukan acak untuk semua pengguna facebook.

Sebaliknya, jika pengiklan lebih pentingkan hasil dari sekedar menjangkau banyak orang, maka pengiklan bisa menargetkan jangkauan target di angka ratusan  ribu, ini lebih spesifik, walaupun biayanya lebih mahal. Namun hasilnya bisa akurat sebab ikan bakal muncul hanya di pengguna yang spesifik sesuai dengan yang pengiklan targetkan.

Tips Iklan Facebook Ads dengan Biaya Kecil

Di facebook ads, pengiklan sangat banyak. Ribuan bahkan jutaan yang mempromosikan produk atau perusahaan saya tiap menit. Ini berarti tempat atau ruang iklanya terbatas, hal ini membuat facebook menerapkan kebijakan sistem lelang, artinya, siapa yang punya anggaran besar, iklanya juga akan lebih sering dan banyak muncul ke audience dibanding pengiklan dengan bujet lebih kecil.

Namun bagi yang punya bujet terbatas, peluang agar iklan di facebook ads lebih efektif masih terbuka lebar dengan beberapa cara. Misalnya, dengan membuat iklan dan penawaran kreatif, lebih menarik. Ini bisa dilakukan misalnya dengan teknik iklan copywriting disertai visual yang memukau juga membuat penawaran lebih menarik ketimbang kompetitor. Harapnya agar nantinya traffic lebih besar meski biaya iklan kecil.

Iklan di Facebook bukan hanya soal Murah atau Mahal

Iklan tidak melulu soal bujet murah atau mahal, begitu juga ketika memutuskan beriklan di facebook ads. Bukan sebatas besar kecilnya biaya yang dikeluarkan, melainkan hasil yang ingin dicapai. Sebagian pengiklan rela membayar mahal untuk iklan di facebook demi hasil konversi yang maksimal. Sebagian yang lain mementingkan isi konten iklan untuk menarik pelanggan di facebook dengan bujet terbatas.

Kesimpulan

Informasi diatas sudah memberikan gambaran tentang biaya iklan di facebook ads, yang sangat fleksibel tergantung bujet yang disediakan pengiklan.  harganya mulai dari 10 ribuan per hari hingga $50.000 untuk satu minggu.

Namun yang perlu diperhatikan, beriklan di facebook bukan hanya soal bujet besar atau kecil, murah atau mahal. Melainkan lebih utamakan hasil. Sebagian pengiklan rela membayar mahal untuk iklan di facebook selama targetnya tercapai, sebagian lain, memilih untuk membuat iklan dan penawaran lebih menarik agar tak kalah dengan kompetitor, meski bujetnya lebih rendah.

Jadi, bujet berapa yang akan anda gunakan untuk membayar biaya iklan di facebook adas? sekali lagi tergantung hasil apa yang ingin anda capai. Dan untuk mendapatkan ilmu biaya iklan di facebook murah dan tertarget bisa kalian Anda dapatkan dengan cara bergabung di ABDI yaitu Akademi Bisnis Digital Indonesia.