October 23, 2020

Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa dan Apa Manfaat yang Diberikan?

Air kelapa sudah lama dibicarakan dalam ranah kesehatan. Hal ini semakin diperkuat oleh banyaknya penelitian yang mengungkap mengenai khasiatnya. Air kelapa mempunyai komposisi unik yang berperan dalam menjaga kebugaran tubuh. Sehingga bukan sesuatu yang aneh jika sekarang produknya muncul diberbagai kemasan. Nah, apa khasiat tersebut juga berlaku untuk bayi? Apakah si kecil diperbolehkan mengonsumsinya?

Sejauh ini tidak ada sumber yang melarangnya. Para ahli hanya menganjurkan pemberian air kelapa dilakukan saat usia bayi 6 bulan. Sumber lain menyatakan tentang manfaat besarnya untuk tumbuh kembang bayi. Misalnya saja, kandungan asam laurat pada air kelapa berperan untuk menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, membuat bayi tidak mudah dehidrasi. Tidak hanya itu karena ia juga diklaim sebagai obat alami untuk si kecil. Manfaat lain yang juga menakjubkan ialah sifat air kelapa yang membersihkan dan menyembuhkan infeksi saluran kemih.

Dinilai menjadi komponen penting untuk bayi. Meskipun begitu Anda harus bersabar karena seperti yang sudah dikatakan. Bahkan air kepala hanya boleh diberikan pada si kecil setelah ia menginjak usia yang telah ditetapkan. Sebelum usia itu Anda hanya perlu memaksimalkan pemberian ASI. Saat aturan tersebut dilanggar. Tentu akan menghadirkan gangguan kesehatan pada si kecil. Mulai dari pusing hingga penyakit lain yang membayakan kondisi bayi.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan sistem metabolisme pada bayi belum mampu bekerja dengan baik. Sehingga tugas Anda ialah memastikan semua asupan telah memenuhi standar yang dianjurkan. Ketika bayi dinyatakan untuk mengonsumsi MPASI barulah orang tua memberikannya. Tidak perlu khawatir karena makanan pendamping bisa dibuat di rumah. Ibu hanya perlu memastikan semua jenis sayur dan buah diberikan dalam kondisi halus dan lembut.

Mengurus anak memang bukan tugas mudah. Banyak dari ibu baru yang mengalami kepanikan hingga depresi. Namun, pada dasarnya aktivitas ini akan berakhir menyenangkan. Nanti pada waktunya Anda bakal terharu melihat makhluk kecil itu telah tumbuh menjadi manusia nan cantik.