December 2, 2020

Bolehkah Ibu Menyusui Minum CTM?

Kondisi gatal-gatal pada tubuh dapat diatasi dengan meminum CTM. Berikut kami berikan informasi apakah ibu menyusui boleh minum CTM.

Kondisi tubuh yang tidak memungkinkan bisa terjadi kepada siapa saja. Seperti kulit gatal-gatal dapat muncul kapan saja dengan berbagai sebab. Kondisi kulit seperti itu pastilah membuat badan menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Obat yang biasa dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi gatal-gatal adalah CTM. Namun, apakah boleh CTM diminum oleh ibu yang menyusui?

Apa itu CTM?

Klorfeniramin Maleat atau CTM adalah obat yang termasuk dalam golongan antihistamin. Obat ini digunakan untuk mengatasi alergi ataupun gatal-gatal pada tubuh. Rasa gatal pada tubuh dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti alergi terhadap suatu makanan, alergi terhadap debu, udara dingin, gigitan serangga, dan lain sebagainya.

Cara kerja dari CTM adalah dengan menghambat histamin. Histamin merupakan zat yang dihasilkan oleh tubuh ketika mengalami alergi atau suatu infeksi.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum CTM?

Masa menyusui bayi bagi seorang ibu adalah 2 tahun. Masa-masa tersebut menjadi masa yang penting bagi tumbuh kembang anak. Makanan yang dimakan oleh sang ibu biasanya juga dapat dirasakan oleh bayi melalui ASI. Termasuk obat-obatan, seorang ibu yang sedang menyusui tidak boleh sembarangan meminum obat.

CTM merupakan obat pereda gatal yang aman dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Namun, agar Anda mengkonsumsinya dengan bijak sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dapat membantu Anda untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Jika rasa gatal dipicu oleh penyakit tertentu maka penggunaan obat ini harus dikurangi. Sebaiknya sebelum Anda meminum CTM, ketahuilah penyebab dari rasa gatal-gatal pada tubuh Anda. Bisa jadi Anda hanya perlu memakai pakaian tebal sehingga tidak perlu meminum obat jika gatal-gatalnya di picu oleh cuaca dingin.

Jika Anda telah mengkonsumsi CTM kemudian muncul berbagai gejala yang membuat badan tidak enak seperti mual, sulit buang air kecil, muntah, susah buang air kecil, dan sebagainya, maka hentikan pemakaian.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai apa itu CTM dan apakah ibu menyusui boleh minum CTM. Semoga bermanfaat.