July 12, 2020

Bolehkah Makan Nanas Saat Haid? Cari Jawabannya Disini

Seorang perempuan pasti mengalami masa menstruasi setiap bulannya. Selama siklus tersebut beradar mitos di masyarakat, bahwa tidak boleh mengonsumsi makanan tertentu. Ada yang mempercayai jika buah nanas tidak baik dikonsumsi saat haid, karena menyebabkan aliran darah semakin darah. Namun terlepas dari kebenaran mitos dan faktaknya, benarkah dilarang makan nanas saat haid? Simak penjelasannya dibawah ini.

Kenali Dulu Kandungan Nutrisi dari Nanas

Buah nanas merupakan jenis buah tropis yang kaya vitamin, enzim dan antioksidan. Memiliki cita rasa yang unik perpaduan antara manis dan asam, sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia. Kandungan bahan alaminya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama dalam meningkatkan imun tubuh. Vitamin dan mineral dari nanas mampu mempertahankan kekuatan tulang, dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan.

Seorang ahli gizi dari San Diego menjelaskan bahwa kandungan gizi terbanyak dalam nanas, ialah vitamin C dan mangan. Keduanya akan membantu tubuh untuk memperbarui sel-sel mati, seperti meminimal resiko penyakit jantung dan nyeri sendi. Enzim bromelain dan vitamin B akan memproduksi energi baru dalam tubuh. Maka dari itu mitos tentang larangan makan nanas saat haid, sepertinya perlu dipertimbangkan kembali.

Menjawab Tentang Larangan Konsumsi Nanas Saat Haid

Mengingat kandungan nutrisi nanas yang dapat menstimulasi tubuh dengan baik, sepertinya ragu untuk membenarkan mitos yang beredar. Beberapa wanita umumnya mengalami nyeri saat masa menstruasi datang. Mereka akan merasakan gejala seperti perut kembung, sakit kepala dan perubahan mood yang tidak stabil. Untuk mencegah nyeri semakin menjadi, anda perlu mengonsumsi makanan sehat.

Pada kenyataannya banyak wanita cenderung takut, untuk mengonsumsiso nanas. Penyebabnya karena nanas dapat menyebabkan keputihan, jika berlangsung terus-menerus membahayakan kesehatan vagina. Padahal keputihan merupakan reaksi alami dari hormon tubuh, karena si pemilik kurang menjaga kebersihan. Keputihan bukan diproduksi karena memakan buah nanas secara rutin.

Makan nanas saat haid justru bermanfaat untuk mengurangi nyeri haid. Hal tersebut dikarenakan kandungan mangannya, yang dapat menetralisir nyeri. Ketika masuk masa haid memang nyeri tubuh sangat mengganggu produktivitas. Maka dari itu ahli kesehatan menyarankan agar wanita, sedikit meningkatkan asupan sumber mangan. Zat tersebut bisa anda dapatkan melalui buah nanas.

Meskipun mengonsumsi nanas saat haid tidak membahayakan, namun harus dibatasi kadar porsinya. Jika terlalu berlebihan makan nanas akan meningkatkan pendarahan, sebesar 50 persen. Namun hal tersebut bukanlah suatu resiko besar, hanya saja sedikit mengganggu aktivitas seharian. Sebab harus sering-sering berganti pembalut, dalam jangka waktu dekat.

Terkadang mitos yang beredar di masyarakat, tidak terbukti kebenarannya. Mereka hanya mengandalkan ilmu titen, berdasarkan kesimpulan kejadian yang pernah terjadi. Secara kesehatan tidak ada masalah, mengonsumsi nanas saat sedang haid. Justru mengurangi resiko nyeri haid, yang terkadang mengganggu aktivitas harian. Namun bukan berarti konsumsi nanas berlebihan, hanya disesuaikan dengan porsi idealnya.