April 14, 2021

Cara Membuat Bubur Tepung Beras dengan Baik dan Benar

Bubur tepung beras atau seringkali disebut sebagai bubur sumsum memang menjadi makanan yang sangat menyegarkan, karena mempunyai tekstur yang sangat lembut. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tepung beras menjadi bahan utama dari pembuatan bubur sumsum dan tepung beras inilah yang menjadi salah satu jenis tepung dari biji-bijian, yaitu bahan dasarnya dari beras.

Memang ada banyak sekali jenis masakan atau olahan yang terbuat dari tepung beras. Salah satunya yaitu seperti bubur tepung beras. Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan ketika membuat bubur sumsum atau bubur tepung beras. Meskipun cara membuat bubur tepung beras sangat mudah dilakukan, namun ada beberapa kesalahan dalam proses memasaknya yang menjadikan bubur menggumpal.

Hal yang Wajib diperhatikan Saat Membuat Bubur Tepung Beras

Pixabay.com

Bubur sumsum memang sangat enak dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Teksturnya yang sangat lembut, aromanya yang sangat harum dan manis menjadikan semua orang menyukainya. Untuk mendapatkannya pun juga tidaklah terlalu sulit, karena Anda bisa memperolehnya di pasar atau di mana pun.

Jika Anda tertarik un tuk membuatnya sendiri tentu hal ini akan lebih menyenangkan, karena Anda bisa berinovasi sesuai dengan selera. Berikut ini tips yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat bubur sumsum, diantaranya seperti berikut:

  • Supaya adonan bubur sumsum tidak menggumpal, maka Anda dapat mencampurkan adonan bubur secara merata dengan air dingin.
  • Setelah itu silahkan aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan benar-benar bertekstur halus.
  • Jika sudah, pastikan bahwa dalam adonan tersebut tidak ada yang menggumpal.
  • Saat proses pengadukan sebaiknya jangan menggunakan mixer apabila adonan masih dalam kondisi panas.
  • Penggunaan vanili disarankan tidak terlalu banyak karena kandungan vanili justru bisa menjadikan bubur menjadi terasa pahit. Walaupun vanili memberikan aroma yang harum.
  • Supaya bubur sumsum mempunyai tekstur mengkilat, halus, gurih, dan enak maka Anda dapat menggunakan santan yang sedikit kental dan masih segar, paling tidak gunakan santan cair sebanyak 650 ml atau santan dari setengah butir kelapa jika Anda menggunakan 100 gram tepung beras.
  • Apabila terpaksa harus menggunakan santan instan, maka Anda pilihlah santan yang bagus supaya tidak memberikan rasa santan yang eneg dan tidak memberikan rasa yang wangi ketika dimakan.
  • Selain dapat menggunakan tepung beras yang Anda buat sendiri, ternyata juga dapat menggunakan tepung beras yang sudah ada di pasaran. Tentunya menggunakan tepung beras buatan sendiri akan jauh lebih baik.
  • Jika Anda menggunakan tepung beras yang sudah jadi maka pastikan bahwa tepung tersebut tidak mendekati expired dan mempunyai kualitas bagus seperti bubur organik. Jika kualitas tepung buruk, hal ini justru akan memberikan aroma yang apek. Selain itu Anda juga harus memperhatikan dari segi merek, karena merek sangat berpengaruh pada kualitas tepung.
  • Sebaiknya jangan secara langsung dituangkan tepungnya pada santan yang sudah mendidih, namun cairkan terlebih dahulu tepung beras pada sebagian santan. Kesalahan ini memang seringkali dilakukan dan menjadikan tepung pada akhirnya menggumpal, sehingga tampilannya tidak cantik.
  • Saat memasak bubur sumsum harus sambil diaduk terus sampai meletup-letup dan mengental supaya rasanya tetap gurih dan enak.
  • Anda dapat mencicipi bubur sampai bubur tidak tercium aroma tepung. Apabila bubur sumsum sudah matang, Anda dapat menambahkan daun pandan. Keharuman dari bubur sumsum akan lebih dirasakan apabila menggunakan daun pandan yang masih segar.
  • Jangan lupa memberikan garam, karena garam juga dapat memberikan rasa gurih pada bubur sumsum yang Anda buat.
  • Proses pembuatan kuah gula merah juga bisa ditambahkan dengan kayu manis dan daun pandan supaya rasanya lebih enak dan aromanya lebih sedap. Kayu manis sangat baik apabila masih dalam bentuk kayu dan bukan berupa bubuk.

Cara Membuat Kuah Bubur Tepung Beras

Pixabay.comMakaa

Bubur tepung beras atau bubur sumsum tentunya tidak lengkap rasanya apabila tidak dipadukan dengan kuahnya. Kuah bubur sumsum terbuat dari gula, sehingga mampu memberikan rasa yang manis. Untuk gula yang digunakan bisa berupa gula pasir atau bisa gula jawa. Supaya aroma dan rasanya pas, maka Anda bisa mengikuti langkah pembuatan kuah bubur sumsum seperti berikut ini:

  • Silahkan rebus air dan tambahkan daun pandan, garam, serta vanili.
  • Apabila air sudah mendidih, maka daun pandan bisa Anda buang dan silahkan bagi rebusan menjadi dua bagian.
  • Untuk 3/4 dari bagian air rebusan tersebut bisa digunakan untuk membuat bubur, sementara untuk air sisanya dapat digunakan untuk membuat rebusan gula jawa.
  • Untuk kuahnya Anda dapat merebus gula pasir dan gula jawa pada air rebusan daun pandan sampai air mendidih.
  • Kemudian sisihkan untuk bubur dan masak santan.
  • Setelah itu tepung beras serta air pAndan dimasukkan sampai mendidih dan apinya gunakan yang sedang.
  • Aduklah secara perlahan.

Cara membuat bubur tepung beras memang tidaklah terlalu sulit, asalkan Anda mengetahui langkah-langkah pembuatan yang tepat. Tidak hanya mengutamakan rasa saja, namun juga harus memperhatikan teksturenya juga. Tampilan yang menartik tentunya mampu mengundang nafsu orang lain untuk memakannya.