October 1, 2020

Mengenal Karakteristik dan Suara Burung Blackthroat

Ada banyak jenis burung pemakan biji-bijian apalagi famili dari Fringlidae yang juga tersedia beberapa jenis burung seperti salah satunya adalah Kenari. Selain Kenari, ada juga burung Blackthroat yang juga memiliki postur dengan ukuran sedang dibandingkan dengan burung pemakan biji-bijian pada umumnya.

Mengenal Burung Blakcthroat

Ada banyak orang yang bahkan sulit untuk membedakan Burung Blackthroat dengan burung Sanger karena warnanya sama-sama hitam pekat bahkan pada bagian leher maupun kerongkongan. Namun, untuk Blakcthroat dewasa biasanya memiliki warna kuning di bagian ujung ekornya. Burung ini sendiri juga menyukai biji-bijian seperti Burung Lovebird.

Sebelum memutuskan untuk membelinya bahkan memeliharanya, tentu akan ada baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa karakteristik, ciri, habitat, bahkan sampai dengan suara dari burung ini sendiri.

  • Mengenal Habitat dan Ciri-Ciri Burung Blackthroat

Habitat alam dari burung ini sendiri adalah hutan terbuka dengan hawa yang panas dan beberapa tumbuhan-tumbuhan perdu. Biasanya, burung ini sendiri hidup di Pulau Jawa, Kalimantan, Bali, China bahkan di Afrika. Burung yang tersebar di Indonesia ini adalah burung bawaan yang dibawa oleh bangsa Belanda pada saat menjajah Indonesia dahulu.

Untuk ciri-ciri dari burung jantan ini memiliki posturnya yang tegap dengan panjangnya sekitar 12 cm. Burung ini juga memiliki leher yang lebih panjang, dengan tenggorokan berwarna hitam pekat, kepalanya yang cenderung besar dan lonjong. Bahkan burung ini juga memiliki kloaka yang lebih menonjol sebesar kacang hijau dan ditumbuhi bulu-bulu halus di sekitarnya.

Sedangkan untuk ciri-ciri betinanya sendiri memiliki tubuh yang lebih bulat dengan leher pendek. Tenggorokannya pun terlihat samar dengan bentuk poros kepala yang jauh lebih kecil dan juga bulat. Untuk bentuk kloakanya akan terlihat mendatar karena hanya ada lubang untuk mengeluarkan kotoran.

  • Mengenal Makanan Burung Blackthroat

Ada beberapa jenis makanan yang burung ini konsumsi khususnya biji-bijian, buah dan juga sayur. Untuk biji-bijian yang biasa dikonsumsi oleh burung ini adalah Milet, Biji Sawi, Niger, Biji Lobak, Jewawut atau Cannary Seed. Sebab, beberapa jenis biji-bijian ini memiliki gizi yang cukup tinggi untuk membantu perkembangbiakan burung ini sendiri.

Bukan hanya biji-bijian saja, namun Anda juga bisa memberikannya beberapa makanan lain seperti beberapa sayur-sayuran. Di mana burung ini juga tidak membutuhkan beberapa sayuran yang memiliki banyak serat di dalamnya. Untuk dedaunan yang cocok dikonsumsi burung ini adalah daun singkong, sawi putih, selada air, oyong, daun selada.

Bahkan ada juga buah-buahan yang bisa ditambahkan untuk makanan dari burung ini sendiri seperti buah apel. Dengan memberikan beberapa makanan-makanan yang bergizi, maka burung ini bisa menghasilkan kicauan yang merdu. Anda juga bisa mendengarkan suara kicauan burung ini dengan download suara Blackthroat di smartphone yang Anda miliki.

  • Mengenal Kicauan Burung Blackthroat

Hal menarik dari jenis burung ini sendiri adalah burung yang cukup rajin berkicau. Untuk ciri khas dari suara kicauan yang dimilikinya adalah suara kasar dengan volumenya yang terbilang cukup kencang, tebal bahkan bening dengan kristal dan irama suaranya yang bisa dibilang memiliki durasi yang cukup rapat.

Biasanya bagi para pecinta burung, apalagi burung yang rajin berkicau, tentu banyak orang yang akan tertarik dan menyukai burung ini untuk dijadikan sebagai burung masteran dari beberapa burung lainnya. Anda tidak perlu khawatir perawatan dari burung ini sendiri karena burung ini juga cukup mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Mudahnya burung ini untuk beradaptasi akan membantu dalam melakukan beberapa perawatan setiap harinya. Apalagi jika Anda ingin mendengarkan kicauan dari burung ini sendiri. Akan tetapi, Anda juga perlu memahami bahwa burung ini cukup unik karena memiliki sifat poligami.

Maksud dari sifat poligami ini sendiri adalah burung jantan yang bisa dikawinkan dengan beberapa jenis betina yang lebih dari satu pasangannya. Mudahnya dalam berkembang biak, maka akan memudahkan banyak penangkarnya yang akan mengembangbiakkan Burung Blakcthroat ini.

Mengenal Kelemahan Burung Blackthroat

Banyaknya kelebihan dari burung ini sendiri memang mampu menarik perhatian dari banyak orang. Apalagi disebutkan bahwa burung ini memiliki kicauan yang merdu sehingga menarik minat dari para pecinta burung-burung di Indonesia. Namun, ada beberapa kelemahan atau kekurangan dari burung ini sendiri.

Di mana letak kelemahan dari burung ini sendiri yaitu memiliki warna corak bulu yang bisa dibilang kurang menarik. Apalagi adanya beberapa kombinasi trotolan abu-abu dengan warna cokelat. Meskipun burung ini mudah beradaptasi, namun burung ini juga bahkan mudah stress yang bisa diakibatkan oleh salah perawatan, faktor lingkungan yang berubah termasuk pada saat melalui perjalanan yang cukup jauh.

Tentunya jika burung ini mengalami stress, maka tidak akan bisa menghasilkan kicauan yang merdu. Untuk itulah Anda semua harus bisa melakukan perawatan dengan baik. Demi mendengarkan kicauan dari burung ini sendiri, maka Anda bisa mendengarkannya dengan mudah dengan download suara Blackthroat terlebih dahulu.