October 23, 2020

Cara Ampuh Atasi Batuk Bayi Secara Alami

Saat terserang batuk, bayi biasanya mengalami gejala lain seperti demam, hidung tersumbat, dan nafsu makan menurun. Kondisi seperti ini tentu membuat orang tua menjadi khawatir dan sedih. Agar tidak memburuk, perlu penanganan cepat untuk meredakan batuk si kecil. Namun sebaiknya Bunda tidak memberikan obat pereda batuk kimia pada si kecil karena berpotensi menimbulkan efek samping. Bunda disarankan untuk melakukan berbagai cara mengatasi batuk pada bayi secara alami berikut ini.

 

Cara mengatasi batuk pada bayi secara alami

 

Selain memberikan ASI yang cukup, masih ada banyak cara alami yang bisa Bunda tempuh untuk meredakan batuk si kecil. Berikut ini beberapa di antaranya.

 

  1. Berjemur di pagi hari

Batuk pada bayi seringkali disebabkan oleh perubahan cuaca. Biasanya batuk tersebut disertai dengan pilek. Berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membantu menghangatkan tubuh si kecil agar merasa lebih nyaman. Pangku si kecil dengan posisi tengkurap sambil pijat punggungnya dengan lembut. Jangan khawatir ketika si kecil muntah karena biasanya dahak juga akan ikut keluar. Lakukan beberapa kali setelah si kecil selesai mandi pagi. Sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan si kecil.

 

  1. Memijat si kecil dengan bawang merah

Senyawa kimia dalam bawang merah dapat membantu melegakan saluran pernapasan. Campur bawang merah yang sudah diparut atau dihaluskan dengan sedikit air hangat kemudian balurkan pada dada dan punggung si kecil. Pijat dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan bekas bawang merah dengan lap atau handuk bersih. Meski dapat menimbulkan efek panas pada mata dan kulit, namun bawang merah terbukti ampuh meredakan batuk si kecil.

 

  1. Memijat dengan daun kemangi

Selain bawang merah, Bunda juga bisa memijat si kecil dengan menggunakan daun kemangi. Aroma dari daun kemangi bisa membantu melegakan pernapasan dan mengeluarkan dahak si kecil. Sama seperti bawang merah, Bunda cukup melumat beberapa lembar daun kemangi kemudian usapkan dan pijatkan dengan lembut dada dan punggung si kecil. Selanjutnya bersihkan dengan handuk bersih.

 

Kunci mengatasi batuk pada bayi yang utama adalah dengan istirahat yang cukup. Setelah menerapkan ketiga cara di atas, pastikan si kecil bisa tidur dengan nyaman. Sebaiknya bersihkan kamar si kecil agar terhindar dari debu yang bisa memperparah batuknya. Gunakan humidifier agar udara dalam kamar si kecil menjadi lebih segar. Berikan pakaian yang hangat dan atur posisi tidur yang nyaman untuk si kecil.