December 2, 2020

Langkah dan Cara Beriklan di Google Adword yang Harus Dilakukan

Dahulu, iklan hanya bisa dibuat melalui beberapa media cetak seperti majalah, pamflet, ataupun koran. Selain itu, biasanya iklan akan ditampilkan melalui media eletronik seperti televisi atau radio. Beberapa tahun lalu, cara ini memang efektif. Akan tetapi, saat ini cara tersebut kurang efektif karena banyak masyarakat yang tidak terlalu memperhatikan iklan tersebut. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk menampilkan iklan juga relatif cukup mahal. Sehingga, pemilik usaha bisa menghabiskan banyak anggaran.

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka metode pembuatan dan pemasaran iklan juga lebih beragam. Saat ini, masyarakat lebih seirng mengakses internet daripada media cetak maupun elektronik. Hal ini dikarenakan arus informasi yang lebih cepat serta akses yang lebih mudah. Oleh karena itu, iklan yang dipasang di internet juga lebih efektif.

Ada beberapa macam cara yang bisa digunakan untuk memasang iklan di internet. Salah satunya adalah dengan memasang iklan pada mesin pencarian. Seperti yang telah diketahui, mesin pencarian merupakan halaman awal bagi para pengguna internet untuk menuju website yang mereka inginkan.

Biasanya, para pengguna internet akan mengetikkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan informasi yang mereka inginkan. Setelah itu, mesin pencarian akan menampilkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci yang dicari. Di halaman tersebut, iklan bisa dipasang.

Tentu saja iklan yang dipasang di sebuah halaman mesin pencarian akan menarik perhatian bagi para pembeli. Sehingga, kemungkinan iklan tersebut dilihat dan dibaca oleh para pembeli semakin besar. Hal inilah yang meningkatkan efektivitas dari iklan yang dipasang.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari iklan yang dipasang, akan lebih baik jika pemilik usaha memilih mesin pencarian yang memang digunakan oleh banyak orang. Sehingga, jumlah orang yang melihat dan tertarik dengan iklan tersebut semakin besar.

Google merupakan salah satu mesin pencarian yang banyak digunakan dan diakses. Sehingga, memasang iklan di Google tentu sangat menguntungkan. Pemilik usaha bisa menggunakan layanan Google Adword untuk memasang iklan tersebut. Saat ini, layanan Google Adword juga dikenal dengan nama jasa Google Ads.

Tata Cara Untuk Membuat Sebuah Iklan di Google Adword

Sebelum membuat sebuah iklan di Google Adword, akan lebih baik jika pemilik usaha menyiapkan beberapa hal terkait iklan di Google Adword. Salah satunya adalah tujuan dari pembuatan iklan tersebut.

Tujuan pengiklanan di Google Adword dapat dibedakan menjadi tiga yaitu menerima telepon dari konsumen, menawarkan tempat fisik yang bisa dikunjungi serta meningkatkan jumlah pengunjung dari sebuah website. Tujuan ini perlu ditentukan terlebih dahulu karena Google akan menanyakan tujuan pembuatan iklan di Google Adword.

Selain itu, pemilik usaha juga perlu menentukan kata kunci yang bisa digunakan untuk membuat sebuah iklan lebih mudah ditemukan. Penentuan kata kunci itu bisa dilakukan dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Pemilik usaha bisa menggunakan beberapa aplikasi atau website SEO untuk mendapatkan kata kunci yang memilik daya akses lebih besar.

Langkah pertama untuk membuat iklan di Google Adword adalah dengan mengunjungi situs Google Ads. Setelah itu, pemilik usaha bisa memilih menu Mulai Sekarang yang menandakan proses pembuatan iklan dimulai.

Setelah itu, pemilik usaha bisa memilih tujuan campaign atau Goal dari pembuatan iklan. Hal ini dilakukan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dari iklan yang dibuat di Google Adword. Jika sebuah usaha ingin meningkatkan jumlah orang yang tahu tentang produk mereka, maka brand awareness and reach bisa dipilih.

Langkah selanjutnya adalah menentukan pilihan tampilan yang ada di Google Ads. Setidaknya ada lima jenis tampilan yang ada di Google Adword seperti Search Ads, Display Ads, Shopping Ads, Video Ads, dan Universal App Campaign. Setiap jenis iklan memiliki karakteristiknya masing – masing.

Search ads digunakan untuk memunculkan iklan ketika kata kunci tertentu dicari di laman pencarian. Sedangkan Display Ads akan muncul pada beberapa website tertentu. Hal ini dibuat berdasarkan kata kunci dan minat audiens yang ditampilkan di mesin pencarian.

Shopping Ads adalah sebuah iklan yang menampilkan produk dengan beberapa informasi yang menyertainya seperti harga dan gambar produk. Video Ads merupakan sebuah iklan video yang bisa muncul di beberapa platform Google seperti Youtube. Sedangkan Universal APP Campaign akan muncul untuk mempromosikan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh developer.

Setelah memilih tampilan iklan, pengguna Google Adword bisa memilih bahasa yang digunakan di dalam iklan. Selain itu, lokasi jangkauan dari iklan juga bisa diatur. Pengguna Google Ads juga bisa memilih target audiens agar iklan yang dibuat semakin efektif. Selanjutnya, pengguna bisa menentukan besarnya biayan yang dikeluarkan serta metode pembayaran yang akan digunakan.

Keuntungan dari Menggunakan Google Adword

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari menggunakan Google Adword untuk mengiklankan suatu produk. Salah satunya adalah dengan target audiens yang lebih spesifik. Hal ini bisa meningkatkan efektivitas dari iklan yang dibuat. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur luasanya jangkauan dari iklan. Biaya yang digunakan untuk membuat iklan di Google Ads juga lebih terjangkau.