December 2, 2020

7 Cara Bisnis Instagram Untuk Raih Kesuksesan Toko Online Anda

Dewasa ini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk memasarkan produk. Hal tersebut terlihat dari banyaknya toko online yang melakukan promosi melalui media sosial satu ini. Akan tetapi, anda pun tidak bisa sembarangan melakukannya. Pasalnya, terdapat tips dan cara bisnis Instagram agar menarik minat konsumen.

Cara Sukses Berbisnis Menggunakan Instagram

  1. Melakukan Update Secara Berkala

Meskipun belum ada data statistik yang mengatakan bahwa dengan mengunggah konten di Instagram secara konsisten akan menaikkan jumlah followers, namun hal satu ini bisa anda coba. Pasalnya, menurut salah satu user yang dengan konsisten mengupload postingan setiap dua jam sekali, ternyata dapat menambah jumlah followers tersebut dalam satu bulan.

Untuk itu, bagi anda yang memiliki bisnis secara online tak ada salahnya untuk melakukan posting di Instagram dalam kurun waktu tertentu. Pilihlah saat yang tepat bagi anda untuk posting gambar atau video yang menarik pada jam ketika followers anda sedang aktif. Nantinya hal tersebut juga bisa menjadi salah satu strategi yang anda gunakan untuk menjaring audience.

  1. Menambahkan Hashtag yang Populer dan Relevan Dengan Konten Anda

Selanjutnya, cara bisnis Instagram ini bisa anda lakukan dengan memperhatikan detail detail tertentu. Hal ini dikarenakan setiap detail yang anda tampilkan di dalam Instagram akan berfungsi untuk menembak target konsumen yang anda inginkan. Salah satu tips jualan online yang bisa anda coba adalah menambahkan hashtag di setiap postingan.

Pilihlah hashtag yang sedang populer dan juga relevan dengan konten yang ada di postingan anda. pasalnya, hashtag dalam Instagram dapat berfungsi sebagai search engine yang terdapat di dalam Instagram. Sehingga, dengan menambahkan hashtag tersebut akan menjadi cara yang cukup powerfull.

Hal ini nantinya akan bertujuan untuk menambahkan jumlah dari viewer yang terdapat pada postingan akun Instagram bisnis yang anda miliki. Oleh karena itu, setiap anda mengupload postingan atau konten yang anda miliki di toko online anda, usahakan untuk menambahkan hashtag. Sebab, di dalam caption yang berisi hashtag tersebut akan membuat anda lebih mendapatkan banyak like dan views.

Sehingga, postingan dari akun bisnis anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Akan tetapi, anda jangan sembarang mencantumkan hashtag di dalam postingan anda. Pasalnya, ketika anda menambahkan semua hashtag yang tidak nyambung ke dalam postingan anda akan membuat konsumen menjadi tertipu dan tidak mempercayai toko online yang anda miliki.

  1. Memakai Filter yang Tepat

Cara bisnis Instagram selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan filter yang tepat. hal ini dikemukakan oleh sebuah studi yang telah dilakukan oleh Simply Measures tentu filter terfavorit dari sebuah brand, maka terdapat beberapa filter yang menduduki peringkat teratas.

Sebut saja seperti Rise dengan persentase 11 %, Valencia sebanyak 12 %, dan juga Lo-Fi sebanyak 14 %. Sehingga, bagi anda yang ingin menjajakan produknya melalui Instagram, ternyata pemilihan efek yang tepat dapat menjadi salah satu modal utama untuk meningkatkan followers dan like pada postingan anda.

Hal ini juga telah diungkapkan oleh Marketo yang mengatakan jika filter yang ada di dalam Instagram tidak hanya bertujuan untuk menunjukkan nilai estetik saja. Sebab, filter yang ada di Instagram tersebut juga akan bisa berfungsi untuk menggambarkan bisnis dan juga brand yang anda miliki secara keseluruhan.

  1. Posting Konten yang Menarik Perhatian Calon Pembeli

Setelah anda mengetahui cara memilih filter yang sesuai dengan brand dan toko online anda, maka anda pun perlu untuk mengupload konten yang bisa menarik perhatian dari calon konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen akan lebih tertarik pada gambar maupun video yang memiliki nilai estetik.

Apabila anda merupakan toko online di bidang kuliner, maka anda bisa memilih gambar produk anda yang terlihat menggugah selera. Untuk itu, mengambil gambar produk pun tidak bisa dilakukan secara asal asalan. Sebab, pengambilan gambar yang baik akan berpengaruh terhadap ketertarikan audience di dalam mengikuti akun anda.

Tak hanya pengambilan gambar saja, anda juga perlu untuk memperhatikan desain dari postingan anda secara keseluruhan. Untuk itu, anda pun bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi desain visual yang digunakan oleh penyedia jasa ketiga ketika ingin melakukan postingan konten. Hal ini juga akan menghemat budget untuk meng hire seorang desainer grafis.

  1. Mengoptimalkan Profil dari Instagram Bisnis Anda

Ketika anda ingin menggunakan Instagram bisnis sebagai media untuk mempromosikan toko online anda, maka anda pun perlu untuk memberikan informasi yang lebih spesifik tentang bisnis yang sedang anda jalankan. Hal ini dikarenakan akan memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan produk anda nantinya.

Oleh karena itu, anda bisa melengkapi profil yang berkaitan tentang informasi bisnis dan produk yang sedang anda jalankan. Sehingga dengan begitu, konsumen akan menjadi tahu lebih detail mengenai bagaimana cara mengontak anda ketika ingin melakukan pesanan. Anda pun juga bisa untuk menambahkan link atau call to action menuju ke website jualan anda.

  1. Menunjukkan Kegiatan dan Karyawan Anda

Cara bisnis Instagram dengan menunjukkan kegiatan maupun foto karyawan anda menjadi salah satu cara yang cukup diminati. Hal ini dikarenakan cara tersebut akan memiliki tujuan untuk memperlihatkan bagaimana yang dilakukan oleh bisnis anda saat berada di belakang layar. Calon konsumen juga akan menjad tahu tentang kualitas dari bisnis anda melalui cara tersebut.

Dengan begitu, konsumen akan menjadi tahu mengenai bisnis yang sedang anda jalankan. Hal ini tentu saja menjadi salah satu wadah dan juga memupuk rasa kepercayaan terhadap konsumen tentang brand yang anda usung. Oleh sebab itu, strategi ini bisa anda gunakan untuk menarik minat calon konsumen bahwa proses pembuatan produk tersebut dilakukan dengan cara yang baik.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar sukses di dalam berbisnis online menggunakan Instagram. Untuk itu, anda pun bisa dengan mudah menggunakan tips tersebut untuk menarik minat konsumen pada produk dan jasa yang anda tawarkan. Sehingga, nantinya pemasaran yang anda lakukan secara online tersebut dapat memperoleh hasil yang sepadan dan menguntungkan.