October 1, 2020

Sudah Tahu Cara Buat Kliping Di Microsoft Word ? Cek Disini

Sejak semasa sekolah, Anda pasti tidak asing dengan tugas membuat kliping dengan tema tertentu dari salah satu guru. Jika awalnya kliping dikerjakan dengan cara manual, di era serba canggih seperti sekarang Anda bisa melakukannya melalui Microsoft Word. Dianggap lebih praktis dan mudah dilakukan berkat kecanggihan teknologi, dijamin hasil kliping tampak menarik. Berikut cara buat kliping menggunakan Microsoft Word yang simpel .

Beberapa Cara Jitu Membuat Kliping di Microsoft Word

Pixabay.com
  1. Mengenal Apa Itu Kliping

Kliping merupakan kegiatan memotong atau menggunting informasi yang diambil dari media cetak baik koran, majalah, tabloid, maupun buku kemudian akan ditempelkan pada suatu media yang berfungsi sebagai bahan dokumentasi. Biasanya kliping memiliki tema tertentu, yang mengharuskan Anda mengumpulkan informasi yang ada akan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Dilihat dari pengertiannya saja memang terkesan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, namun dalam prakteknya sendiri ternyata tidak sesimpel seperti yang diperkirakan. Pasalnya proses pembuatannya tidak boleh dilakukan sembarangan, dan akan terasa kurang apabila tidak dapat melengkapi informasi yang diberikan. Beruntungnya pencarian informasi apapun sudah bisa diakses melalui internet, sehingga mendapatkan data menjadi lebih mudah.

  1. Tips Membuat Kliping Unik dan Menarik

Tidak boleh dilakukan sembarangan, dengan kata lain dibutuhkan persiapan matang dalam proses pembuatannya. Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, hal pertama dan harus dilakukan saat hendak membuat kliping adalah menentukan tema yang hendak diangkat. Menentukan tema akan memudahkan dalam proses pembuatan kliping, agar lebih fokus mengulas informasi yang masih berkaitan dengan temanya sendiri.

Ketika informasi yang disajikan mampu berfokus pada satu titik, pembaca dapat menarik garis merah dari informasi yang telah dipaparkan. Sebisa mungkin pilihlah tema sesuai dengan bidang masing masing seperti kesehatan, pertanian, industri, maupun teknologi. Cara buat kliping ini dilakukan agar informasi yang diberikan tidak hanya asal diambil untuk keperluan kliping semata.

Usai menemukan tema yang tepat, kini saatnya mengumpulkan beberapa data penting sebelum nantinya dijadikan satu menjadi kliping baik dari media cetak maupun internet sekalipun. Jika ingin mendapatkan data lebih praktis dan mudah, sepertinya mencari data dengan memanfaatkan internet bisa menjadi pilihan. Jangan lupa tuliskan darimana informasi tersebut didapatkan agar data valid dan dapat dipercaya oleh orang yang membacanya.

  1. Cara Cerdas Membuat Kliping di Microsoft Word

Setelah semua bahan telah didapatkan, ada baiknya simpan terlebih dahulu untuk berfokus sebentar pada tahapan pembuatan kliping menggunakan Microsoft Word. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menjalankan softwarenya untuk membuka lembaran baru. Apabila tidak tertarik dengan kliping biasa, tidak ada salahnya membuat desainnya terlebih dahulu agar kliping tampil lebih menarik dan tidak ada yang bisa menyamainya.

Pada halaman pertama, silahkan tab sisip kemudian pilihlah satu dari sekian banyak pilihan template halaman sampulnya. Apabila merasa kesulitan untuk memilih, ada baiknya gunakan kertas konservatif yang difungsikan sebagai kertas desain. Setelah pengaturan telah dilakukan, secara otomatis kliping akan diposting pada halaman awal dokumen. Pada tahap inilah kreatifitas Anda diasah agar tampilan kliping tidak membosankan.

  1. Cara Manual membuat Kliping di Microsoft Word

Pixabay.com

Selain menggunakan cara sederhana seperti cara diatas, tidak ada ruginya mencoba edit manual untuk membuat kliping lewat software Microsoft Word. Cara manual satu ini membuat tampilan kliping menjadi lebih menarik karena setiap prosesnya dilakukan secara manual dan membutuhkan sentuhan kreatifitas untuk membuatnya. Sebelum melanjutkan proses pembuatan kliping manual, ada beberapa elemen yang harus diperhatikan.

Cara buat kliping yang pertama yaitu membuat judul para klipingnya sendiri. Umumnya judul akan diletakkan di bagian atas dengan menggunakan font berukuran 14 atau bahkan lebih, teks bold, serta penggunaan huruf kapital. Judul sendiri telah memberitahukan garis besar dari isi klipingnya sendiri, sedangkan penggunaan bold dan huruf kapital seakan menekankan apa yang akan dibahas di dalamnya.

Menyisipkan logo di tengah sampul tidak kalah penting dilakukan, walaupun masih banyak yang melewatkannya begitu saja dan baru akan sadar ketika kliping hendak dipublikasikan. Di bawah logo nantinya menjadi tempat khusus menuliskan profil penulisnya. Pemberian nama penulis kliping sangat penting dilakukan, agar pembaca mengetahui identitas dari sang  pembuat kliping tersebut.

Sebagai pelengkapnya, silahkan tambahkan informasi nama sekolah maupun universitas menggunakan huruf kapital serta dicetak tebal. Khusus bagi Anda yang menambahkan nama universitas, ada baiknya melengkapinya dengan fakultas yang ditempuh dengan sebenar benarnya. Jangan lupa tambahkan tahun pembuatan kliping dibuat di bagian akhir covernya.

Sebenarnya setiap kliping memiliki ketentuan dan kebutuhan yang berbeda, namun secara umum pengaturan covernya tidaklah jauh berbeda seperti yang disebutkan sebelumnya. Sebisa mungkin untuk tidak menentang beberapa poin pembuatan covernya, agar kliping tampak rapi dan sedap dipandang. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat cover seperti penjelasan di atas.

Langkah pertama yaitu menjalankan Microsoft Word terlebih dahulu kemudian buatlah dokumen baru. Setelah itu cobalah masukkan judul dari tema yang sebelumnya telah ditentukan dengan sedikit pengaturan seperti penggunaan font, ukuran, ukuran gambar maupun logo, maupun tingkat ketebalannya. Jangan lupa sisipkan gambar maupun logo yang sesuai dengan ketentuan pembuatan kliping.

Umumnya kliping sekolah akan menggunakan logo 3 garis, sedangkan kliping universitas menggunakan logo dari universitasnya sendiri. Setelah pengaturan logo telah dilakukan, kini saatnya membuat profil diri dari pembuat klipingnya dengan menambahkan frasa disusun oleh sebagai pengantarnya. Sebaiknya tulis menggunakan nama lengkap dan bukan menggunakan nama panggilan ataupun panggilan lainnya.

Di bagian bawahnya tambahkan nama sekolah maupun nama universitas menggunakan font sedikit lebih besar dan tebal dibandingkan nama penulisnya sendiri. Di bawah nama sekolah maupun universitas beserta fakultas, tambahkan tahun pembuatan klipingnya. Apabila dirasa sudah cukup, silahkan tekan kombinasi tombol Ctrl + A lalu tekan Ctrl + E  agar tulisan berada di bagian tengah. Bukankah cara buat kliping satu ini cukup mudah diterapkan ?

Jika dahulu tugas kliping dilakukan dengan cara mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai media cetak kemudian digunting untuk bahan dokumentasi, kini semua pekerjaan tersebut menjadi lebih simpel dengan menggunakan teknologi. Tidak perlu waktu lama, kliping dengan tampilan menarik pun berhasil dibuat. Apabila Anda tertarik belajar mengenal seputar dunia komputer lainnya, silahkan kunjungi charis.id sebagai solusinya.