July 12, 2020

Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Tercepat

Xiaomi Redmi 2 merupakan Smartphone seri lama yang masih banyak yang menggunakan. Berbicara mengenai Smartphone maka tidak pernah bisa dipisahkan dengan beberapa istilah, seperti flash, root dan frimware. Apakah Anda sudah sering mendengar istilah tersebut?

Di antara ketiga istilah tersebut, flash menjadi yang paling populer dan sering di dengar. Flash itu sendiri merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah pada Android.  Seperti pemasangan aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan bisa membuatnya lemot saat digunakan. Masalah itu bisa mengurangi kapasitas penyimpanan serta memperberat kinerja CPU dan RAM.

Apabila permasalahan tersebut terus dibiarkan bisa membuat perangkat menjadi cepat mengalami kerusakan. Informasi lengkap seputar hal ini bisa dilihat di Berakal.com.Lalu bagaimana cara flash Xiaomi Redmi 2? Supaya lebih lengkap, simak uraian d bawah ini.

Kegunaan Flash pada Smartphone Android

  1. Meningkatkan Performa Smartphone

Sebuah Smartphone yang digunakan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan penurunan performa. Permasalahan seperti ini bisa diatasi dengan cara melakukan flash pada Smartphone-nya. Flash ternyata juga bisa membantu untuk menambahkan fitur-fitur. Serta menghapus fitur-fitur yang sudah tidak digunakan.

  1. Mampu Menghilangkan Virus Akut

Salah satu alasan banyak pengguna Smartphone melakukan flash adalah untuk menghilangkan virus. Perlu diketahui ada beberapa virus yang tidak bisa dihilangkan dengan cara factory reset maupun antivirus. Permasalahan ini bisa diatasi dengan melakukan flash supaya keberadaannya bisa terhapus dan membuat Smartphone menjadi bersih kembali.

  1. Mengatasi Aplikasi yang Sering Force Close

Ketika sedang asyik bermain game ataupun sedang menggunakan aplikasi lainnya seringkali tiba-tiba keluar dengan sendirinya. Kondisi seperti ini dinamakan dengan force close. Tentu kejadian ini cukup membuat Anda kesal. Namun, tak perlu khawatir karena bisa diatasi dengan melakukan flash pada Smartphone Android.

Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Melalui TWRP

Syarat utama supaya Anda bisa melakukan flash menggunakan cara ini adalah harus sudah terpasang TWRP Recovery. Apabila belum terpasang berarti harus memasangnya terlebih dahulu.

Sebelum melakukan flash Anda diharuskan untuk download firmware Redmi 2 disini (pilih sesuai yang dibutuhkan). Bisa juga melalui cara ini dan klik disini. Setelah berhasil di download ikuti langkah-langkah flash di bawah ini.

  1. Apabila firmware telah berhasil diunduh, lanjutkan dengan meletakkannya di memory internal. Akan tetapi, jangan diletakkan di dalam folder.
  2. Matikan Xiaomi Redmi 2. Jika sudah langsung saja masuk ke dalam Recovery Mode dengan cara tekan volume atas + tombol power secara bersamaan.
  3. Setelah berhasil masuk ke mode recovery, silahkan untuk pilih menu Wipe > Advanced Wipe.
  4. Beri ceklis pada opsi Dalvik/ART Cache, Cahce dan juga System. Lalu geser ke kanan pada bagian Swipe to Wipe.
  5. Jika sudah, silahkan untuk kembali ke menu awal Recovery Mode.
  6. Selanjutnya pilih menu install. Lalu arahkan ke file ROM Recovery yang sebelumnya sudah di download.
  7. Klik ROM Recovery (frimware) lalu Swipe to Confirm untuk memulai proses flashing.
  8. Tunggu beberapa saat sampai proses flash ulang selesai.
  9. Setelah selesai, silahkan untuk pilih opsi Reboot to System.

Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Menggunakan Metode Fastboot

Sebelum melakukan flash melalui cara ini sebaiknya untuk membackup data, file dan juga dokumen-dokumen penting. Apabila tetap dibiarkan tersimpan di dalam memory internal bisa membuatnya hilang.  Setelah di backup, ikuti langkah-langkah flash di bawah ini.

  1. Sebelum melakukan fastboot diharuskan untuk download Mi Flash Tool disini. Apabila menggunakan Xiaomi Redmi 2 HM2014813, download ROM-nya disini
  2. Setelah itu, ekstrak ROM berkestensi TGZ yang sudah diunduh. Install aplikasi MI Flash Tool lalu buka folder “C:/Program Files/Xiaomi/MiPhone”. Lalu klik browse pada bagian kiri atas.
  3. Selanjutnya pilih folder yang sudah Anda ekstrak tadi.
  4. Apabila sudah Anda membuak folder tersebut, matikan Smartphone dan masuk ke mode Fastboot.
  5. Hubungkan Smartphone dan klik Refresh pada aplikasi MiFlash. Apabila Smartphone sudah terdeteksi maka keberadaannya akan tertera pada MiFlash.
  6. Lalu klik Flash pada MiFlash
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses flash selesai dilakukan
  8. Setelah selesai, Smartphone akan merestart dengan sendirinya dan mulai booting menggunakan ROM yang sebelumnya diinstall.

Nah itulah cara flash Xiaomi Redmi 2 beserta kegunaannya. Diharapkan uraian di atas bisa membantu Anda ketika ingin melakukan flash sendiri. Supaya bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap, langsung saja kunjungi Berakal.com. Semoga informasi di atas mudah dipahami dan bisa menambah informasi bagi pembacanya.