October 23, 2020

Cara Instal Google Camera pada Smartphone Android

Google Camera merupakan aplikasi telepon kamera yang disediakan khusus oleh google bagi smartphone bersistem Android. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2014 dan pertama kali dikenalkan oleh Marc Levoy. Banyak yang mengatakan jika kualitas camera pada Google Camera ini lebiih bagus dibandingkan dengan camera bawaan.

Aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna Android. Namun sayangnya tidak semua Android dapat menikmati aplikasi ini. Selain itu, Google Camera atau yang sering disingkat dengan GCam ini tidak tersedia di Playstore. Namun jangan khawatir, Anda dapat menemukannya melalui situs lain seperti Apk Pure.

Walaupun demikian cara instal Google Camera pada situs lain pun cukup sulit. Salah satunya Anda harus meng-Root terlebih dahulu smartphone yang Anda miliki. Namun banyak resiko yang ditanggung seperti pembaharuan pada google yang lainnya. Hal tersebut tentu sangat disayangkan.

Diketahui jika ada bebeapa versi dari Google Camera diantaranya Google Camera Type v4.3.016, Google Camera v3.2.045, Google Camera v2.5.052 dan Google Camera v2.7/008. untuk versi yang sering dan banyak digunakan adalah versi v3 .2.045 pasalnya dapat dengan mudah dibuka dan dijalankan.

Di dalam aplikasi Google Camera ini terdapat 4 fitur utama diantarnya panorama, lens blur, photo sphear dan juga setting. Setting disini juga hanya terdiri dari beberapa menu pilihan seperti show grid, resolution and quality, save location, help and feedback dan advance. Menu-menu ini akan membuat gambar menjadi lebih tajam.

Jika dibandingkan dengan camera bawaan samrtphone itu sendiri, maka akan terlihat perbedaannya. Untuk Google Camera sendiri mampu menangkap gambar pada low light secara jelas dan jika di dalam ruangan mengaktifkan flash akan lebih tegas detailnya.

Untuk efek pada lens blur juga lebih sempurna dibandingkan camera biasa. Hal ini disebabkan adanya fitur Brokeh yang membuatnya tampak sempurna. Selain itu alasan lain yang membuat GCam ini jauh lebih baik dari camera biasa karena mendukung pembesaran hingga 8x dan jumlah bingkai per detik juga meningkat.

Kecanggihan dari Google Camera ini hanya dapat dirasakan oleh smartphone dengan snapdragon minimal 800. Jika di bawahnya maka tidak dapat menggunakannya walaupun di root sekalipun.

Cara Menginstal Google Camera Tanpa Root

Pixabay.com

Root atau file config merupakan file konfigurasi yang menyediakan berbagai barometer dan pengaturan awal untuk berbagai fitur dalam aplikasi, dengan ini maka semau aplikasi dapat digunaan dan aktif. Namun sayangnya akan sangat memakan banyak proses dan kekhawatiran jika terjadi kegagalan.

Namun Anda tidak perlu khawatir ada cara instal Goggle Camera tanpa melalui proses root. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama, pastikan jika memori penyimpanan Anda cukup untuk menyimpan Aplikasi ini.
  2. Jika memungkinkan, maka download aplikasi Google Camera dengan versi 6.2.030 pada sebuah situs yang tersedia atau melalui APK Pure.
  3. Kemudian, setelah berhasil diunduh atau didownload instal Google Camera dengan cara klik buka.
  4. Saat pertama kali membuka, maka akan muncuk beberapa printah perizinan akses. Untuk mempermudah, pilih menu ataupun opsi “Allow” agar semua perizinan dapat diakses.
  5. Aplikasi sudah terinstal dan dapat digunakan.
Pixabay.com

Walaupun sudah dapat digunakan, namun ada beberapa fitur yang tidak dapat dinikmati seperti fitur potrait, slow motion dan lain sebagainnya. Namun jika menginginkan semua fitur dapat dia akses harus melalui proses root atau file config. Caranya yakni:

  • Download aplikasi Google Camera dan file configurasi. Maka dari itu pilihlah situs yang menyediakan layanan ini.
  • Jika keduanya sudah terdownload maka pertama kali gunakan aplikasi file config terlebih dahulu.
  • Pilihlah tipe smartphone Anda lalu downloan file confignya. Setelah itu akan muncul 2 pilihan dan pilih salah satu yang paling atas.
  • Jika semua proses file configurasi sudah selesai, maka install google camera yang telah diunduh tadi.
  • Untuk langkah selanjutnya sama seperti langkah awal dengan membuka dan memberikan perizinan akses dengan opsi “Allow”.
  • Kemudian, masuk pada menu setting dengan memilih menu “More” kemudian setting.
  • Pada menu setting pilih save setting dan masukan nama apa saja. Hal tersebut dilakukan untuk membuat folder GCam agar nantinya dapat menyimpan file config yang telah di download tadi.
  • Pindahkan config ke folder yang sudah dibuat dengan memilih “Move”>internal shared storage>GCam>Config>Paste.
  • Hapus file yang sebelumnya dibuat d dalam GCam.
  • Aktifkan file config dengan membuka kembali GCam>klik 2x>file config>Restore.
  • Dengan begini GCam sudah terinstall dan Anda dapat menikmati semua fitur yang ada di dalamnya.

Anda dapat menikmatinya dan merasakan berbagai fungsi dari fitur-fitur yang ada di dalamnya. Walaupun instal GCam tanpa Root lebih mudah tapi hasilnya tidak sesuai harapan.