December 2, 2020

Cara Melancarkan Darah Nifas

Nifas merupakan darah yang keluar pasca melahirkan untuk beberapa waktu. Kondisi ini sama seperti menstruasi, akan tetapi waktunya yang lebih lama. Maka dari itu, banyak wanita yang menginginkan agar darah nifas yang keluar lancar dan cepat selesai. Sebab apabila tidak tuntas akan mengakibatkan penyakit atau gangguan.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara melancarkan darah nifas agar cepat tuntas atau selesai, diantaranya yaitu:

  1. Makanan yang Bergizi

Selain memperkuat ASI, makanan yang bergizi juga akan memperlancar darah nifas. Hal tersebut dikarenankan makanan yang bergizi dan bernutrisi akan memperlancar peredaran darah dan juga metabolisme. Dengan begitu manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh ibu tetapi juga untuk bayi.

  1. Istirahat yang Cukup dan Hindari Stres

Pasca melahirkan memang sangat penting untuk mengatur waktu istirahat karena kondisi tubuhnya yang belum stabil. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh semakin fit, dengan demikian akan memperlancar darah nifas. Terlebih perubahan pola hidup setelah melahirkan dengan kehadiaran buah hati.

Stres memang sesuatu yang wajar bagi Ibu setelah melahirkan. Stress sendiri dapat menghambat darah nifas sehingga tidak lancar dan juga lama selesainnya. Oleh karena itu, walaupun dengan kondisi yang berbeda, harus tetap jalani hari-hari dengan gembira. Apabila ada kendala selama pasca melahirkan dapat dengan konsultasi.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Layaknya haid, memperbanyak minum air putih juga akan memperlancar peredaran dan metabolisme dalam tubuh, sehingga nifas menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, tetapi juga akan memperlancar keluarnya ASI. Perbanyak minum air putih juga akan membuat badan kembali fit dan bugar selama menyusui atau nifas.

  1. Tetap Aktif dan Berikan ASI

Walapun pasca melahirkan, bukan berarti menjadi manja dan sulit untuk beraktifitas. Ibu dalam masa nifas harus tetap beraktivitas seperti biasa walaupun tidak boleh terlalu lelah. Dengan begitu nifas akan lebih lancar. Selain itu juga pemberian ASI yang eksklusif juga akan memperlancar nifas

Demikian itulah cara memperlancar darah nifas, agar cepat selesai dan tuntas. Dengan begitu, Ibu dapat beraktivitas seperti biasa.