October 1, 2020

Cara Membersihkan Kemaluan Bayi Laki-laki

Cara membersihkan kemaluan bayi laki-laki tentulah berbeda dengan perempuan. Sebagai orang tua kita juga harus tahu cara membersihkan yang tepat dan benar.

Untuk lebih jelasnya tentang tata cara membersihkan kemaluan bayi laki-laki, maka kita sudah siapkan langkah-langkahnya berikut ini :

1. Siapkan peralatan kebersihan bayi

Sebelum kita membersihkan kemaluan bayi laki-laki, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan peralatannya. Seperti perlak, kapas bersih, baskom kecil yang berisi air, popok bersih serta krim anti ruam.

Perlengkapan tersebut harus sudah disiapkan terlebih dahulu agar kita lebih mudah selama melakukan proses pembersihan.

2. Tutupi penis bayi saat membuka popok

Ketika kita membersihkan dan membuka popok yang kotor maka sebaiknya kita jangan langsung menyingkirkan popoknya. Bukalah popok secara perlahan untuk memastikan air seni terserap terlebih dahulu.

3. Usap dengan kapas dan air hangat

Usapkan dengan kapas yang sudah dicelupkan dengan air hangat. Bersihkan bagian bawah buah zakar dengan kapas tersebut. Gantilah kapas apabila terlihat sudah kotor.

4. Bersihkan ke satu arah saja

Sebaiknya pada saat membersihkan alat kelamin adalah dengan cara satu arah saja. Mulai dari lipatan yang ada di bagian bawah buah zakar, setelah itu bagian depan dan arah anus.

5. Jika belum disunat, hindari menarik kulit penis ke belakang

Apabila bayi belum disunat maka sebaiknya pada saat kita membersihkan jangan menarik kulup ke arah belakang. Karena hal ini akan menimbulkan sakitĀ  dan nyeri pada bayi. Bersihkan saja ujung penis dengan kapas yang sudah dibasuh air hangat.

6. Bersihkan lemak yang keluar secara maksimal

Apabila bayi sudah disunat maka kita bisa membersihkan bagian kulup. Caranya adalah dengan menarik ke arah pangkal penis secara perlahan. Ada beberapa bayi yang bagian kulupnya mengeluarkan lemak, sebaiknya kita bersihkan bagian tersebut secara maksimal.

7. Tepuk perlahan untuk mengeringkan arae kelamin bayi

Setelah kita selesai membersihkan area kemaluan bayi, maka kita wajib mengeringkannya dengan menggunakan handuk yang lembut. Cara ini dilakukan agar bayi tidak mengalami ruam.

Itulah beberapa langkah yang dilakukan untuk membersihkan kemaluan bayi laki-laki.