July 4, 2020

Cara Membunuh Rayap dengan Beberapa Bahan dan Metode

Bila anda adalah salah satu penggemar perabotan dan furnitur berbahan kayu, anda tentu akan memenuhi dan mendekorasi rumah anda dengan tema kayu. Hal ini memberikan kesan alami, dan kayu selalu memiliki nilai eksotis tersendiri. Bahkan, semakin tua usia kayu tersebut, warna dan karakter yang dimunculkan pun jauh lebih menarik. Hanya saja, perabotan kayu sangatlah rentan dengan beberapa hal. Salah satu yang paling merepotkan adalah adanya rayap. Bahkan ketika kayu di perabotan, furnitur, dan beberapa bagian rumah anda sudah dilapisi dengan anti rayap sebelumnya, ini tidaklah menjamin bahwa selamanya anda terbebas dari ancaman serangga yang satu ini.

Tentu saja, anda tidak ingin melihat perabotan anda dirusak begitu saja oleh binatang kecil ini. Namun, rayap bisa menyerang dengan sangat cepat, dan kerusakan yang ditimbulkan bisa cukup merepotkan. Untuk itu, anda perlu tahu beberapa cara untuk membunuh rayap ini dan sekaligus mencegah agar jangan sampai mereka masuk ke area rumah anda dan kemudian mulai merusak parabotan yang ada di sana.

Untuk upaya pencegahan, anda bisa mulai dengan memperhatikan kebersihan lingkungan rumah dan ruangan anda. Rayap ini muncul dari dalam tanah, dan kemudian membuat jalur untuk masuk ke dalam rumah anda. Ketika anda rutin membersihkan seluruh bagian rumah anda, tentu saja anda pun bisa mengetahui ketika rayap mulai membuat akses masuk ke area rumah dan perabotan anda. Namun, cara ini saja tidak cukup.

Selain harus rutin membersihkan rumah anda sebagai upaya pencegahan, anda juga harus memperhatikan kelembapan rumah anda. Kadar kelembapan yang tinggi hanya akan memberikan habitat yang nyaman untuk rayap, sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Untuk itu, anda harus memastikan bahwa bagian rumah anda, khususnya di area-area pojokan dan sudut ruangan yang susah terjangkau tersebut, tidaklah lembab. Untuk melakukan hal ini, cara termudah adalah dengan menggunakan ventilasi ruangan serta jendela. Secara alami, sirkulasi udara di rumah anda akan menjadi jauh lebih baik ketika adanya ventilasi. Dengan demikian, temperatur ruangan menjadi jauh lebih baik, dan area lembab pun bisa jauh berkurang.

Selain itu, anda bisa juga secara berkala melihat kondisi lantai dan dinding di rumah anda. Celah kecil atau retakan yang ada di bagian dinding dan lantai bisa menjadi jalan masuk bagi semut ataupun rayap untuk masuk ke area ruangan anda. Untuk itu, ketika anda menjumpai adanya retakan atau lubang di bagian tertentu, ada baiknya anda sesegera mungkin menutup atau menambah lubang serta celah tersebut.

Kemudian, anda perlu mengecek secara berkala kondisi pipa dan saluran air anda. Ketika terjadi kebocoran, tetesan air tersebut akan memicu kelembapan udara di area rumah anda. Hal ini tentu akan mengundang rayap untuk masuk. Walau tugas ini terbilang tidak mudah, penanganan perlu segera dilakukan. Sekiranya anda tidak bisa mengerjakan ini sendiri, anda bisa menyewa jasa reparasi untuk memperbaiki saluran air dan pipa yang bocor tersebut.

Selain pencegahan ini, anda juga bisa membunuh rayap dengan beberapa metode. Yang pertama dan terbilang sangat efektif adalah dengan menggunakan obat anti rayap. Sesuai namanya, obat ini adalah anti hama yang secara khusus dibuat untuk membunuh dan memberantas rayap. Seandainya anda tidak menemukan obat tersebut, anti serangga yang biasa pun sudah cukup untuk membasmi binatang perusak kayu ini. Secara umum, serangga memiliki kelemahan terhadap bahan kimia tertentu, sehingga obat serangga cukup efektif untuk digunakan.

Selain itu, cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Dibandingkan dengan anti serangga, metode yang satu ini memang jauh lebih mudah. Bahan kimia yang terkandung pun tidak sekeras yang ada di obat anti serangga. Di kapur barus, terdapat kandungan naftalena. Bahan kimia yang satu ini bisa memberikan dampak besar bagi rayap, dan bahkan bisa membunuh serangga ini. Selain itu, aroma yang kuat dari kapur barus sangat efektif untuk mengusir dan mencegah rayap untuk mendekat. Dengan meletakkan kapur ini di area sekitar perabotan dan furnitur anda, ini sudah cukup untuk mencegah dan sekaligus membunuh rayap.

Selain dua bahan tersebut, ada bahan alami yang juga ampuh untuk membunuh rayap. Bahan ini adalah air beras. Hal ini tentu tidak sulit didapatkan. Bila anda memasak nasi sendiri, anda selalu mendapatkan air beras sebagai residu ketika membersihkan bulir beras. Air ini bisa sangat efektif membunuh rayap. Cukup dengan mengoleskan cairan ini di area yang terdapat rayap, mereka pun akan segera terbasmi dengan mudah dan aman.

Namun, cara terbaik tetap saja dengan menggunakan jasa pembasmi rayap. Jasa yang satu ini menjadi pilihan paling tepat untuk memberantas semua rayap yang ada di rumah ada. Pembasmi rayap sudah terlatih dan sangat paham dengan cara mengatasi serangga ini. Selain terlatih, mereka juga dilengkapi dengan alat serta bahan kimia yang dibuat agar memudahkan pekerjaan dalam memberantas serangga merepotkan ini. Tentu saja, anda perlu memilih pembasmi serangga yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Bahkan, bukan saja memberantasnya, anda pun bisa mendapatkan solusi pencegahan agar binatang kecil ini tidak lagi menjadi ancaman bagi rumah anda.