September 25, 2020

Komputer Anda Lemot? Inilah Cara Mempercepat Kinerja Komputer, Penting untuk Dibaca

Bekerja dengan komputer atau laptop adalah hal yang wajar dan banyak dilakukan oleh beberapa kalangan seperti pekerja kantoran, pelajar dan juga mahasiswa. Namun apa yang Anda rasakan jika laptop atau komputer Anda lemot? Sedangkan Anda sudah dikejar oleh deadline?

Tentu hal tersebut akan memancing emosi Anda dan dapat dipastikan Anda akan kesal dan juga marah. Sehingga harus diatasi dengan baik agar komputer Anda mempunyai kinerja yang cepat atau tidak lemot. Sebenarnya komputer lemot adalah hal yang wajar terutama jika sudah lama digunakan.

Namun komputer Anda dapat dipastikan akan terus mempunyai kinerja yang cepat jika Anda rajin melakukan perawatan. Ingat tidak hanya wajah saja yang membutuhkan perawatan komputer juga perlu perawan ya.

Bagaimana caranya merawat komputer agar tidak lemot? Tenang semua akan penulis bahas dengan detail dan semoga dapat membantu Anda dalam merawat komputer yang Anda miliki.

7 Cara Perawatan Komputer Agar Tidak Lemot

Pixabay.com

Ibarat manusia komputer juga jika sudah terlalu lama digunakan pasti membutuhkan perawatan sehingga tetap fit atau dapat bekerja dengan cepat sehingga tidak lemot. Jika Anda ingin komputer Anda tidak lemot? Lakukan perawatan berikut ini yang pasti dapat mempercepat komputer Anda:

  • Hapus Program Yang Tidak Dibutuhkan

Memasang program atau aplikasi pada komputer Anda pastinya membutuhkan ruang atau mengurangi kapasitas hardisk Anda. salah satu cara untuk membuat komputer Anda tetap bekerja dengan cepat adalah dengan menghapus aplikasi atau program yang memang tidak Anda butuhkan.

Hapus semua program yang memang sudah tidak Anda gunakan daripada memenuhi komputer Anda lebih baik uninstall dengan cara klik start lanjut pilih control panel kemudian uninstall a program, maka Anda dapat lanjut dengan memilih program yang akan Anda uninstall dari komputer Anda.

  • Perbanyak ruang RAM dan Harddisk

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan performa atau kinerja dari komputer adalah RAM dan juga harddisk. Jika Anda ingin mempunyai komputer dengan performa bagus maka pastikan persediaan ruang RAM dan juga harddisk komputer Anda besar.

  • Bersihkan recycle bin

Salah satu faktor yang membuat komputer Anda lemot adalah banyaknya atau menumpuknya file sampah pada recycle bin. Untuk mengembalikan lagi performa kerja komputer Anda maka sebaiknya Anda menghapus semua file sampah tersebut.

Bagaimana cara menghapus file sampah yang tersimpan pada recycle bin? Menghapus file sampah sangat mudah yaitu cukup dengan klik kanan pada recycle bin dan pilih empty recycle bin maka semua file sampah tersebut akan terhapus.

  • Install anti virus

Memasang antivirus pada komputer adalah wajib untuk dilakukan karena dengan adanya antivirus maka akan memprotek komputer Anda dari virus yang menyerang komputer Anda. apa hubungannya antivirus dengan kinerja komputer yang lemot?

Antivirus mempunyai peran penting untuk memerangi virus pada komputer Anda. dimana virus-virus tersebut dapat membuat kinerja komputer Anda menjadi menurun. Bahkan kabar buruknya virus dapat menyerang file Anda sehingga file Anda akan rusak dan tidak dapat dibuka.

Dengan adanya antivirus maka virus yang ada pada komputer Anda akan dapat dideteksi dan dihilangkan. Sehingga tidak ada virus yang mengendap pada komputer Anda dan pastinya kinerja komputer Anda akan tetap stabil.

  • Bersihkan file dengan disk cleanup

Cara selanjutnya yang harus Anda lakukan dan penting untuk diperhatikan ketika merawat komputer adalah selalu memastikan bahwa dalam komputer Anda tidak ada lagi file sampah yang tidak diperlukan. Cara tersebut dapat membuat kinerja komputer Anda tetap maksimal.

Salah satu yang dapat digunakan untuk membersihkan file yang tidak diperlukan adalah disk cleanup. Caranya sangat mudah dan dijamin cepat. Langsung saja klik kanan pada drive yang akan Anda hapus kemudian pilih property dan disk cleanup.

Maka tanpa perlu banyak waktu semua file yang ada pada drive yang ingin Anda hapus akan terhapus dengan sendirinya. Pastinya komputer Anda tidak akan lemot.

  • Berhenti memasang gadget secara berlebihan

Pengaruh lain terhadap kinerja sebuah komputer adalah karena terlalu banyaknya gadget yang terpasang pada desktop. Dimana gadget tersebut akan membuat komputer menjadi berat sehingga menurunkan kinerja komputer.

Hal semacam itu harus Anda perhatikan terutama jika spesifikasi komputer Anda tidak terlalu tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya Anda jangan terlalu banyak memasang gadget pada desktop agar komputer Anda tetap mempunyai kinerja yang bagus.

  • Susun data yang terfragmentasi

Menyusun ulang data yang terfragmentasi merupakan salah satu cara yang harus Anda lakukan untuk membuat performa komputer Anda tetap baik. Untuk menyusun data yang terfragmentasi Anda dapat menggunakan disk defragmenter.

Bagaimana cara menerapkan tool disk defragmenter? Langkah pertama untuk menggunakan tool tersebut adalah menentukan drive mana yang akan Anda susun. Setelah itu klik kanan dan pilih properties kemudian akhiri dengan memilih defragment now.

Pixabay.com

Maka data yang terfragmentasi akan tersusun dengan sendirinya. Sehingga komputer Anda akan bekerja kembali dengan performa yang maksimal.

Ketujuh cara tersebut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat komputer Anda agar tetap dapat bekerja dengan maksimal. Dengan melakukan berbagai perawatan tersebut secara tidak langsung Anda sudah menjaga komputer Anda agar awet. Ingat jangan sekedar dibaca saja, dipraktekan juga ya. Jika bbutuh informasi lainnya maka langsung saja kunjungi http://wasiswa.com/.