December 2, 2020

Cara Menampilkan Instagram Di Website Bagi Pengguna WordPress

Cara menampilkan Instagram di website sangatlah gampang. Anda cukup meletakkan kode ke posisi yang diinginkan. Lalu simpan perubahan, maka akun Instagram Anda sudah terhubung di situs.

Seperti apa kodenya? Inilah yang akan Anda temukan di sini. Karena kuncinya hanya terletak pada kode.

Jika Anda tidak menulis baris kode yang tepat, hasilnya akan error. Tampilannya bisa berupa baris kata. Tentunya, user tidak bisa mengakses masuk ke Instagram.

Kenapa Menampilkan Instagram di Website?

Menampilkan akun instagram dalam website dilakukan oleh sebagian pemilik dengan berbagai alasan. Ini tidak lepas dari fungsi dari layanan itu sendiri. Secara umum, alasannya adalah sebagai berikut

  1. Memaksimalkan Penjualan

Output dari pembuatan website bisnis adalah transaksi. Pemilik sangat berharap agar bisnis yang dijalankan di internet segera mengalami kemajuan. Makanya, berbagai cara akan ditempuh untuk mewujudkannya.

Salah satu strategi pemasarannya ialah menjaring pelanggan dari berbagai layanan. Yakni dengan memanfaatkan IG dan website secara bersamaan.

Website sendiri sudah diatur dengan menampilkan katalog produk beserta deskripsinya. Selain itu, pemilik sudah memberikan alur transaksi. Mulai dari cara pemesanan, pembayaran hingga pengiriman.

Biasanya, situs ini dibuat secara statis. Produk tampaknya tidak terlalu banyak diperbarui. Tujuannya untuk menjaga kualitas produk sekaligus menjaga website supaya bisa di akses lebih cepat.

Sementara IG sendiri kebanyakan digunakan untuk media promosi. Pemilik akun bisa update foto produk sesuka hati. Karena update foto ini tidak dibatasi.

Update ini nantinya akan terlihat di situs. Ketika user berkunjung di website dan belum menemukan produk terbaru untuk dibeli, user bisa menemukannya di IG.

Ini berarti bahwa user yang telah berkunjung dipagari oleh pemilik website. Misalnya bila tidak membeli di situs, user bisa membelinya di IG.

  1. Meningkatkan Follower IG

Faktanya, IG menjadi media sosial yang memiliki jumlah user aktif lebih banyak. Hampir tiap waktu pengguna internet membukanya. Baik untuk posting foto atau melihat konten dari orang lain.

Kenyataan ini mulai disadari oleh pelaku bisnis. Ketika followernya semakin besar, potensi menjual produk akan semakin tinggi.

Untuk meningkatkan follower, Anda perlu menunjukkan akun Anda. Salah satunya dengan memasang kail di website.

Keterlihatan akun IG di website membuat user lebih mudah untuk mengikuti. Harapannya ialah menemukan update informasi seperti potongan harga dan semacamnya.

  1. Meningkatkan Kunjungan Situs

Utamanya, IG ini biasanya dijadikan pintu masuk user ke situs. Pemiliknya bisa menyisipkan sebuah link website yang mengarah ke situs utama.

Ketika follower semakin tinggi dan konten yang dibagikan mendapatkan respon bagus dari pengikut, tidak jarang jika follower akan membagikannya. Pada akhirnya, follower bertambah dan sebagian akan menggunakan link untuk memasuki toko online Anda.

Cara Menampilkan Akun Instagram di Situs

Sejalan dengan keinginan Anda yang disebutkan di atas, Anda perlu memulai untuk menghubungkan IG dengan website. Nah, bagaimana cara menampilkan Instagram di website tersebut?

Caranya sangat simpel. Anda hanya perlu mengakses ke instawidget.net untuk menemukan kode yang siap pakai.

Langkahnya dimulai dengan masuk ke halaman website. Setelah itu, tekan tombol Make Immediately. Dan Anda akan menemukan sejumlah kolom yang perlu diisi dengan username IG Anda.

Isi sesuai dengan akun yang Anda miliki. Lantas, lakukan pengaturan tentang lebar widget dan semacamnya. Lantas tekan preview untuk melihat seperti apa tampilannya.

Jika Anda merasa cocok dengan tampilannya, silahkan Anda salin kode yang diperlihatkan. Kode ini bisa Anda tempelkan pada situs. Entah itu di sidebar ataupun footer.

Caranya cukup masuk ke dashboard admin dan masuk ke menu widget. Di sini, Anda hanya perlu menempelkan kode tersebut ke kolom text. Simpan perubahan, hasilnya widget IG sudah aktif di halaman situs.

Permasalahan Yang Sering Muncul

Perlu diketahui bahwa IG merupakan layaran dari pihak ketiga. Ketika diletakkan pada situs, ini bisa menimbulkan masalah pada kecepatan loading.

Loading website akan lebih lama. Pasalnya, mesin pencari akan merayapi banyak sumber yang terdapat dalam situs.

Anda hanya perlu memperbaiki kecepatannya dengan memanfaatkan plugin atau memodifikasi script yang terdapat dalam situs. Dan Anda bisa mencari informasinya di internet.

Tetapi perlambatan loading sebenarnya bisa diminimalkan jika Anda menggunakan hosting yang terbaik. Jika Anda membutuhkan hosting yang mendukung kecepatan situs, hosting Indonesia layak untuk dipertimbangkan.

Terlepas dari permasalahan tersebut, mengaitkan IG dan situs akan bermanfaat dalam mendongkrak penjualan produk secara online. Untuk mengaitkannya, Anda cukup meletakkan kode sebagaimana yang dijelaskan dalam cara menampilkan Instagram di website di atas.