July 12, 2020

Cara Mengambang Di Kolam Renang Tanpa Menggunakan Alat Bantu

 

Bagaimana cara mengambang di dalam kolam renang? Untuk Anda yang sudah mahir berenang, mengapung di dalam kolam renang bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun sangat berbeda untuk Anda yang hanya menguasai gaya batu. Alih-alih mengapung, yang ada tubuh akan tenggelam layaknya batu saat dimasukkan ke dalam air.

Meskipun tampak sulit, sebanarnya berenang merupakan jenis olahraga yang sangat mudah. Nah, agar mahir berenang dan melakukan berbagai gaya dalam olahraga renang, hal pertama yang harus dikuasai adalah mengapung. Mengapung sendiri merapakan aktivitas terapung atau mengapung di permukaan air.

Aktivitas terapung sendiri sebenarnya memiliki banyak cara. Mulai dari gaya gerak kaki hewan di dalam air, menggerak-gerakkan kaki untuk mengapung, mengapung di permukaan air dengan tubuh seimbang dan horizontal darat, serta masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi Anda yang baru belajar cara mengapung, mungkin beberapa trik di bawah ini bisa sedikit membantu.

Tahap Persiapan Belajar Mengapung di Kolam Renang

Beberapa aktivitas nantinya lebih berfokus pada persiapan diri dan mental sebelum Anda benar-benar berlatih untuk mengapung. Nah, beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Perbanyak berendam di kolam renang. Tujuannya adalah untuk membiasakan diri terkena air. Selain itu, jangan memilih kolam renang yang dangkal. Tantang diri Anda dengan masuk ke kolam renang yang agak dalam.
  2. Sebenarnya cukup banyak cara mengapung di dalam kolam renang tanpa bantuan pelatih. Namun ada baiknya untuk urusan yang satu ini, mintalah arahan pada orang yang sudah berpengalaman. Dalam hal ini yang terpenting adalah seseorang yang sudah bisa berenang. Artinya tidak harus pelatih renang.
  3. Kemudian, jika Anda sama sekali belum bisa berenang, atau baru bisa sedikit-sedikit, ada baiknya untuk menggunakan alat bantu pelampung terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memudahkan tubuh tetap mengemabng di atas air. Pelampung bisa Anda pasang di sekitar lengan atau tubuh bagian bawah.

Cara Menata Letak Kepala Saat Mengapung di Kolam Renang

Anda pastinya sudah sangat mengerti jika kepala merupakan bagian anggota tubuh yang harus diberikan perhatian khusus pada saat berenang. Terlebih lagi untuk Anda yang baru belajar berenang. Nah, untuk menghindari cedera pada kepala, ada beberapa trik khusus yang bisa Anda praktikkan:

  1. Posisikan telinga masuk ke dalam air. Jangan pernah merasa takut kemasukan air. Sebab posisi paling benar adalah ketika kedua daun telinga sudah tenggelam dengan sempurna di bawah air.
  2. Kemudian posisi dagu. Angkat dagu beberapa senti ke atas hingga keluar dari dalam air.Tujuannya untuk membuat tubuh lebih ringan sehingga tubuh mudah mengapung atau terapung.
  3. Kemudian setelah telinga tenggelam dan dagu diangkat, sempurnakan posisi kepala dengan cara memposisikan air hingga ke tengah-tengah pipi. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur keseimbangan letak kepala.
  4. Setelah posisi sudah sempurna, Anda tinggal menjaga keseimbangan kepala dengan cara tidak terlalu banyak bergerak. Kemudian tahan posisi kepala tetap di tengah. Tujuannya agar tubuh juga tidak bergerak kemana-mana.

Mengatur Posisi Tubuh Untuk Mengapung di Kolam Renang

Agar tubuh bisa mengapung di atas air, tubuh juga harus diatur sedemikain rupa. Di bawah ini adalah beberapa letak posisi saat mengapung di atas air.

  1. Mengatur posisi lengan

Untuk Anda yang masih belajar berenang, sebaiknya tekuk lengan di sisi kepala seperti halnya pada gerakan sit up. Setelah itu dorong tubuh ke atas.

  1. Mengatur posisi pinggang

Untuk hal yang satu ini, awali dengan lengkungkan pinggang sedikit ke atas. Hal ini dimaksudkan untuk memiringkan tubuh ke arah depan supaya bisa mengapung dengan sempurna.

  1. Mengatur posisi dada

Setelah melengkungkan pinggang, lanjutkan dengan mengangkat dada hingga keluar dari permukaan air.

  1. Mengatur posisi perut

Angkat pertu Anda ke arah atas sampai keluar dari permukaan air. Sama persis seperti pada saat mengangkat dada.

  1. Mengatur posisi kaki

Untuk posisi kaki, tekuk lutut sedikit ke bawah air. Ingat untuk tidak meluruskan kaki karena hanya akan membuat Anda tenggelam. Kemudian lemaskan telapak kaki untuk menghindari macam-macam cidera olahraga renang yang mungkin terjadi.

Itulah cara mengapung saat berenang. Sekarang tinggal membuat kolam renang sendiri di rumah. Bagi Anda yang masih bingung ingin membuat kolam renang yang seperti apa, mungkin berbagai desain gambar kolam renang mini ini bisa Anda contoh. Dan semoga tips sederhana mengenai cara mengapung di kolam renang ini bisa memberikan manfaat.