October 26, 2020

Cara Mengatasi Hp Mati Total Tidak Bisa dicas

Permasalahan paling merepotkan bagi para pemilik smartphone yaitu ketika mendapati smartphone yang dimiliki mengalami kerusakan seperti mati total. Kondisi kerusakan seperti ini menjadi kerusakan yang tergolong parah. Terlebih lagi ketika HP tidak bisa menyala sama sekali, tentunya hal ini terjadi permasalahan. Kerusakan seperti HP mati total memang tidak pandang bulu, baik itu smartphone mahal maupun smartphone murah.

Apabila Anda mendapati smartphone mati total dan tidak bisa menyala sama sekali, tidak perlu merasa bingung dan cemas. Masih ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti dalam memperbaikinya. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui penyebab dari kerusakan tersebut terlebih dahulu. Silahkan mencoba beberapa tutorial yang akan dijelaskan di bawah ini sebelum membawanya ke konter HP untuk diperbaiki.

Penyebab Smartphone Mengalami Mati Total

pexels.com

Ada beberapa penyebab yang membuat HP mati total, baik itu kerusakan pada bagian software atau sistemnya. Bisa juga karena adanya permasalahan pada bagian hardware atau komponennya. Langkah yang harus dilakukan dalam memperbaikinya tentunya harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kerusakan tersebut.

Berikut ini ada beberapa penyebab yang membuat HP mati total versi Leskompi. Akan tetapi perlu diingat bahwa untuk setiap kondisi HP mati total disebabkan karena beberapa penyebab yang tidak sama. Berikut ini kerusakan yang sering kali menimbulkan HP mati total, di antaranya:

  1. Bug sistem

Kondisi sistem smartphone yang tidak stabil memang seringkali menjadikan HP tidak dapat menyala atau mati total. Dalam kondisi ini smartphone hanya akan memberikan respon getar saja.

  1. Usia HP

Pemakaian HP yang terlalu lama, khususnya di atas 2 tahun ternyata juga bisa menjadi alasan mengapa HP tersebut mengalami kerusakan. Untuk HP yang sudah berusia tua maka hal ini seringkali mengalami kerusakan seperti ini.

  1. Smartphone Mengalami Overhead

Penggunaan smartphone yang secara berlebihan memang seringkali menimbulkan overhead. Sehingga smartphone akan terasa sangat panas. Jika hal ini terus menerus terjadi setiap harinya tentunya akan menimbulkan kerusakan seperti HP mati total.

  1. Kerusakan Pada Baterai

Kerusakan pada baterai juga seringkali menjadi penyebab dari smartphone yang tidak dapat menyala sama sekali. Selain kondisi baterai yang rusak, konektor pada baterai yang bermasalah pun juga bisa menimbulkan Smartphone tidak bisa menyala.

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total

pexels.com

Dalam mengatasi smartphone yang tidak dapat menyala sama sekali atau mati total, tentunya harus berdasarkan pada penyebabnya terlebih dahulu. Jika berbeda penyebab, tentunya cara mengatasi hp mati total tidak dapat di ces pun juga tidak sama. Kerusakan semacam ini memang dapat saja terjadi pada setiap merek smartphone mahal ataupun smartphone murah.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki HP yang mati total akibat tidak dapat dices:

  1. Silahkan mencharger smartphone terlebih dahulu

Jika sekiranya HP Anda masih berada dalam kondisi yang baik dan tidak terjadi permasalahan seperti terkena air, terjatuh, mempunyai baterai drop, ataupun yang lainnya, Anda dapat mencoba dengan menchargernya terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan apakah smartphone masih bisa menyala ataupun tidak. Apabila tidak bisa menyala mungkin dikarenakan baterai habis.

Silahkan lihat apakah baterai masuk ketika mencharger ataupun tidak. Tunggulah sampai beberapa jam supaya baterai Smartphone terisi secara penuh. Setelah itu barulah Anda mencoba untuk menyalakannya kembali.

  1. Gunakan Charger Desktop

Charger desktop atau seringkali disebut sebagai charger kodok menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengatasi apabila HP mati total akibat tidak dapat di ces. Anda bisa melihat apakah charger desktop tersebut mampu merespon ketika di charger. Misalnya saja menampilkan gambar ataupun logo.

Namun apabila Smartphone tidak memunculkan gambar ataupun yang lainnya, maka hal ini menunjukkan bahwa kerusakan Smartphone tidak terjadi pada baterai.

  1. Melakukan Flash Ulang

Flash ulang harus dilakukan sebagai proses dalam mengganti sistem pada HP Android yang mengalami kerusakan. Sementara kondisinya masih dianggap normal, cara melakukan flashing ini tentunya Anda menggunakan perangkat lain misalnya seperti laptop ataupun PC. Kondisi HP mati total, hal wajib yang dilakukan memang melakukan flash ulang.

Apabila HP dapat dikoneksikan ke laptop atau komputer dan hal ini masih terdeteksi, maka hal ini berkemungkinan besar smartphone masih dapat diperbaiki. Untuk setiap HP Android mempunyai cara yang tidak sama ketika melakukan flashing. Sehingga Anda harus mencari tutorial dalam melakukan flashing berdasarkan merk HP. Silahkan kunjungi website Leskompi untuk mendapatkan informasi cara melakukan flashing sesuai merk HP.

  1. Melakukan Recovery HP

Selain melakukan flashing, Anda pun juga dapat melakukan recovery HP yang mana hal ini terjadi pada sebuah sistem yang terdapat pada Android dan Anda dapat melakukan perubahan maupun penghapusan pada bagian sistem. Pada biasanya recovery HP ini bisa dilakukan ketika HP mati disebabkan akibat system corrupt atau mengalami kerusakan.

Untuk melakukan recovery HP ini sangatlah mudah, yaitu:

  • Menekan secara bersamaan pada bagian tombol power+ Volume Up + Volume Down.
  • Tunggulah sampai smartphone bergetar kemudian masuk ke bagian recovery.
  • Anda dapat melakukan wipe cache dan wipe data.
  • Tunggulah sampai proses sudah selesai dan matikan smartphone melalui recovery.
  • Jika sudah Anda dapat menyalakan smartphone kembali pada biasanya apabila proses berhasil smartphone meresponnya dan hp akan kembali menjadi normal.

Melalui beberapa cara yang ada di atas Anda bisa mengikuti bagaimana cara mengatasi hp mati total tidak dapat di ces. Jika sekiranya beberapa tutorial di atas tidak membuahkan hasil maka Anda perlu membawanya ke tempat servis HP.