September 27, 2021

Mengintip Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Web Online

Dokumen dengan format PDF sangat sering ditemui dalam kegiatan sehari hari, mulai dari tugas sekolah, mencari kerja, bahkan keperluan kantor. Namun, pada saat melakukan kegiatan tersebut, terkadang terdapat ketentuan untuk mengunggah dokumen dalam format PDF dengan batas maksimal 100KB. Lantas bagaimana cara mengecilkan ukuran file PDF? Simak ulasan berikut!

Cara Kompres Ukuran File PDF dengan Menggunakan Web Online

  1. Menggunakan Situs iLovePDF

Perkembangan teknologi yang ada sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hal tersebut bisa digunakan untuk menunjang berbagai kegiatan seperti pekerjaan, sekolah, dan lain sebagainya. Beberapa perangkat yang biasa digunakan untuk menyelesaikan tugas adalah smartphone, PC, laptop, hingga tablet.

Biasanya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut anda harus menyimpannya. Namun, tidak semua perangkat elektronik tersebut tadi memiliki kapasitas yang besar. Keterbatasan dalam ruang penyimpanan mengharuskan penggunanya untuk mengubah file PDF  ke dalam bentuk file yang lebih kecil dengan menggunakan bantuan aplikasi atau software tambahan.

Tetapi jika masalahnya adalah ruang penyimpanan, anda bisa menggunakan alternatif lain jika tidak ingin menambah ruang dengan memasang software tambahan. Kini sudah banyak  tersedia situs online yang menyediakan layanan untuk memperkecil ukuran file PDF. Salah satu website yang dapat anda gunakan untuk melakukan kompres file adalah situs iLovePDF.

Situs online tersebut menyediakan berbagai macam fitur yang berkaitan dengan dokumen berformat PDF. Anda bisa menggabungkan, memisahkan, mengonversi, dan mengecilkan ukuran PDF. Website ini menawarkan fitur pengambilan dokumen yang bisa dilakukan melalui Dropbox, Google Drive, maupun perangkat yang anda miliki.

Untuk dapat mengecilkan format PDF yang anda miliki, anda bisa mengakses website tersebut melalui browser dengan mengetikkan ilovepdf.com. Setelah itu, anda akan langsung diarahkan pada tampilan utama website tersebut. Anda dapat mengklik tombol pilih file PDF yang berada di tengah layar, untuk memilih dokumen yang ingin diubah ukurannya.

Anda diberi tiga opsi kompresi agar hasil dan ukurannya sesuai dengan yang diinginkan. Pilihannya mulai dari kualitas rendah, kualitas bagus dan kualitas tinggi. Setelah anda menentukan kualitas yang diinginkan, cara mengecilkan ukuran file PDF  selanjutnya adalah klik tombol Kompres PDF. Maka secara otomatis file PDF tersebut dapat diunduh ke ponsel pintar atau perangkat komputer.

  1. Menggunakan Situs PDF Compressor

Situs daring berikutnya yang menyediakan layanan kompresi file PDF gratis yaitu PDF Compressor. Website ini dapat diakses dengan bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya. Sehingga, pengguna yang tinggal di dalam negeri lebih mudah untuk memahami interface yang disediakan situs PDF Compressor. Informasi mengenai kompres file PDF juga dapat diakses melalui aptoide.co.id.

Website ini dirancang khusus untuk menyediakan layanan yang bisa digunakan hanya format PDF. Sehingga akan eror dan tidak bisa memproses perintah jika anda memasukkan dokumen dengan tipe lainnya. Orang awam sekali pun akan dapat menggunakan situs ini untuk mengkompres file dengan format PDF.

Selain itu, situs ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin menghabiskan ruang penyimpanan akibat menginstall aplikasi atau software tambahan ke dalam perangkat yang dimiliki. Anda bisa dengan mudah mengakses pada bagian address bar browser dengan menuliskan pdfcompressor.com, atau jika ingin menggunakan bahasa Indonesia maka ketik pdfcompressor.id.

Setelah itu akan muncul tampilan PDF Compressor dan pilihlah menu Unggah File di bagian tengah website. Sama seperti situs sebelumnya, anda akan diberi beberapa opsi untuk ukuran yang diinginkan. Setelah menyesuaikan ukuran yang dimaksud, maka klik OK dan tunggu beberapa saat. File yang sudah dikompres akan diunduh secara otomatis ke perangkat anda.

  1. Menggunakan Situs SodaPDF

Mengecilkan ukuran dokumen PDF bisa anda lakukan lewat situs sodapdf.com. Selain dapat mengkompres ukuran PDF yang diinginkan, situs ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuka, membuat, melihat, mengedit, hingga mengamankan berbagai file PDF. SodaPDF online dapat melakukan berbagai kebutuhan pada dokumen anda.

Untuk mengedit ukuran yang diinginkan, anda bisa mengakses situs ini terlebih dahulu dengan mengetikkan sodapdf.com. Setelah halaman web terbuka, cara mengecilkan ukuran file PDF selanjutnya adalah dengan mengeklik Choose File yang berada di tengah layar. Anda dapat memilih dokumen yang ada di Dropbox atau Google Drive .

Berbeda dengan situs sebelumnya, SodaPDF  dapat mengkompres PDF sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jadi, setelah mengunggah file yang dipilih, maka anda akan diberi tiga opsi kualitas PDF. Kualitas yang dapat dipilih mulai dari yang terendah (low quality), menengah (good quality), dan kualitas tertinggi (high quality).

Setelah memilih opsi yang diinginkan, anda dapat menekan tombol Compress PDF Files dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Kemudian, anda bisa langsung mendownload file di peramban perangkat anda atau mengirimkannya via email. Layanan ini bisa anda gunakan dengan mudah selama anda terhubung dengan internet dan memiliki perangkat.

Tidak berhenti sampai di situ saja, layanan SodaPDF juga bisa digunakan tanpa menggunakan jaringan internet. Sebab, layanan ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat, mulai dari smartphone hingga tablet. Dengan aplikasi tersebut anda dapat melakukan kompres file PDF kapan saja dan dimana saja tanpa jaringan internet.

  1. Menggunakan Situs Candy

Apakah anda ingin menggunakan layanan gratis untuk mengecilkan ukuran dokumen PDF? Solusinya adalah memakai PDF Candy yang tersedia secara online. Tampilan User Interface dari website ini sangat ramah dan memungkinkan pengguna awam untuk cepat memahaminya. Jadi, anda bisa dengan mudah menggunakan situs online tersebut.

Selain menawarkan untuk kompres dokumen PDF, situs ini juga menyediakan fitur menarik lainnya yang dapat ditemukan di bagian Menu Utama. Bahkan anda bisa dengan mudah menambahkan header atau footer, watermark, penomoran halaman, hingga menyunting PDF. Anda hanya perlu mengakses melalui browser dan mengetikkan pdfcandy.com.

Setelah diarahkan ke halaman utama menu tersebut, anda bisa memilih ikon dengan tulisan Compress PDF. Kemudian tekan Add File, atau membuka dokumen yang disimpan di Dropbox atau Google Drive. Cara mengecilkan ukuran file PDF Selanjutnya yaitu dengan menekan tombol Compress, maka dokumen tersebut sudah berubah ukurannya.

Itulah beberapa situs online yang dapat anda manfaatkan untuk mengubah ukuran dokumen PDF. Anda hanya perlu koneksi internet dan perangkat untuk mengakses website tersebut secara online. Website yang dapat digunakan seperti pdfcandy.com, sodapdf.com, pdfcompressor.com, dan ilovepdf.com.