July 12, 2020

Cara Menghapus Cache di Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi

Cache merupakan data dalam suatu sistem aplikasi yang sifatnya hanya sementara. Penggunaan aplikasi pada laptop akan menghasilkan cache yang tersimpan dalam harddisk. Cache ini perlu dibersihkan agar tidak memenuhi penyimpanan dan memperlambat kinerja laptop.

Cara menghapus cache di laptop dapat dilakukan dengan mudah, baik menggunakan menu yang ada pada sistem operasi laptop maupun menggunakan aplikasi khusus. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus cache di dalam ruang penyimpanan laptop.

  1. Menghapus cache di laptop tanpa aplikasi

Daftar laptop terbaik untuk Anda banyak diulas di Best AREight yang menjadi salah satu website teknologi terbaik. Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan windows 10, cara menghapus cache tanpa aplikasi dapat dilakukan dengan cara-cara berikut.

  • Masuk ke pengaturan

Menghapus cache tanpa aplikasi tambahan untuk laptop windows 10 dilakukan melalui menu pengaturan. Buka setting dengan klik ikon pengaturan atau dengan tekan tombol I di keyboard.

  • Cari file sampah dan cache

File sampah seperti cache dapat ditemukan di penyimpanan laptop. Anda dapat memilih menu system, klik storage, dan klik partisi This PC atau Drive C. Selain cache, file sampah yang bisa dibersihkan melalui menu pengaturan ini adalah junk file pada folder download dan recycle bin.

  • Menghapus cache

Centang file sampah yang ingin dihapus, seperti temporary files untuk sampah cache, download folder, dan recycle bin. Setelah dipilih semuanya, Anda bisa klik remove files dan semua file-file sampah tersebut akan terhapus dari harddisk laptop.

  1. Menghapus cache dengan aplikasi Clean Master

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna gadget untuk membersihkan cache adalah Clean Master. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Ukuran aplikasi pembersih ini tidak begitu besar sekitar 19MB.  Cara menghapus cache dengan Clean Master adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Clean Master

Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, maka download terlebih dahulu Clean Master untuk PC atau laptop. Tunggu proses download dan instalasi hingga selesai. Setelah itu, buka aplikasi untuk membersihkan cache di laptop.

  • Scanning

Lakukan scanning atau analisa untuk mengumpulkan file-file sampah atau cache yang ada pada laptop. Klik tombol analisa atau scanning dan tunggu hingga proses selesai.

  • Bersihkan cache

Setelah scanning selesai, Anda bisa melihat file-file sampah atau cache yang ada pada harddisk laptop. Cache ini biasanya merupakan sampah sisa setelah Anda browsing atau menjalankan aplikasi online. Untuk membersihkan cache, Anda bisa langsung klik jalankan Clean Master.

  1. Menghapus cache dengan Cache Cleaner

Salah satu aplikasi terbaik untuk membersihkan laptop dari cache atau sampah ini bisa diunduh gratis. Aplikasi yang tidak begitu berat ini, tidak hanya untuk membersihkan cache tetapi juga berbagai fitur menarik lainnya. Cache Cleaner juga menyediakan fitur pembersih cache secara otomatis.

  • Buka aplikasi

Setelah download dan instal, langsung saja buka aplikasi Cache Cleaner di laptop. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk membersihkan cache di laptop, membersihkan cache otomatis, menutup aplikasi, membersihkan cache via gadget, dan lain-lain.

  • Analisa cache

Aplikasi dapat menganalisa untuk menemukan berbagai file-file sampah di laptop seperti cache sisa browsing dan lain-lain. File cache akan terkumpul dan Anda bisa melihatnya setelah scanning atau proses analisa cache.

  • Menghapus cache

Cache yang sudah ditemukan oleh aplikasi Cache Cleaner dapat langsung Anda bersihkan. Klik tombol untuk membersihkan dan semua file cache akan dibersihkan dan harddisk laptop Anda.

  1. Menghapus cache menggunakan Super Cleaner

Aplikasi untuk membersihkan sampah atau cache di laptop cukup banyak dan salah satunya adalah Super Cleaner. Aplikasi dari Hawk App Studio ini cukup menarik dengan fitur pembersih cache dan fitur-fitur penting lainnya.

  • Buka aplikasi

Super Cleaner dapat diinstal pada laptop untuk membersihkan junk file, cache, hingga sebagai antivirus. Fitur yang lengkap menjadikan aplikasi ini cukup menarik. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan cache di laptop dengan langkah-langkah berikut.

  • Buka aplikasi Super Cleaner
  • Scanning untuk menemukan cache
  • Klik Clear untuk menghapus semua cache di laptop

  1. Menghapus cache di chrome

Anda bisa membersihkan cache langsung dari aplikasi yang ada di laptop. Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Chrome. Aplikasi ini banyak digunakan untuk browsing dan keperluan lainnya. Setelah browsing, aplikasi menyisakan cache yang perlu Anda bersihkan. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka history Chrome
  • Klik Clear browsing data
  • Pilih All Time
  • Klik Clear

Cache di laptop terhapus dan kinerja laptop Anda akan lebih cepat. Jika Anda membutuhkan laptop untuk aktivitas lancar, pilih laptop terbaik yang diulas di Best AREight. Anda juga bisa menambah wawasan seputar gadget dan perangkat teknologi melalui website tersebut.

Itulah beberapa cara menghapus cache di laptop yang cukup mudah. Anda bisa membersihkan cache secara manual atau dengan aplikasi pembersih cache.