September 23, 2020

Bingung Cara SS Di Laptop? Yuk Intip 7 Cara Mudah Screenshot Pada Laptop Disini

Pernah nggak sih kamu merasa kebingungan buat Screenshot di komputer atau laptop? Jika iya mungkin kamu ada baiknya menyimak ulasan ini. Mungkin selama ini kebanyakan orang akan menggunakan print screen sebagai cara ss di laptop. Padahal ada cara lain yang lebih praktis dan mungkin belum pernah diketahui oleh banyak orang sebelumnya. Agar tidak penasaran, berikut 7 cara mudah screenshot layar laptop.

7 Cara Mudah Screenshot Layar Laptop atau Komputer

  1. Screenshot Dengan Tombol Print Screen

Cara pertama satu ini mungkin sudah banyak orang tahu dan sering digunakan untuk menangkap layar laptop. Tombol Print Screen atau PrtSc SysRc bisa menghasilkan screenshot dengan menampilkan seluruh tampilan pada layar laptop atau komputer. Cara menangkap gambar layar dengan menggunakan tombol satu ini bisa dibilang yang paling mudah.

Hanya tinggal buka halaman atau menu yang ingin diambil gambarnya, kemudian tekan tombol Print Screen atau PrtSc SysRc yang terdapat di sisi kanan atas keyboard. Maka hasil screenshot tersebut akan tersimpan di clipboard dan tinggal di paste saja. hasil print screen tersebut dapat diletakkan di aplikasi paint dan ditempelkan dengan menekan tombol Ctrl + V. Untuk menyimpan, tinggal klik File dan kemudian Save As.

  1. Screenshot Dengan Tombol Windows dan Print Screen

cara ss di laptop satu ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan langkah lebih praktis tanpa harus mengedit dan bisa langsung disimpan. Cara ini akan bisa menangkap tampilan layar hanya dengan mengandalkan kombinasi dari tombol Windows + Print Screen di keyboard laptop atau PC. Langkah dalam cara screenshot dengan kombinasi  tombol Windows + Print Screen juga terbilang sangat mudah.

Tinggal buka jendela atau halaman web atau apa saja yang ingin diambil gambarnya, kemudian tekan secara bersamaan tombol Windows dengan Print Screen. Disarankan untuk memperhatikan layar yang berkedip pada saat diambil screenshotnya. Jika proses sudah selesai, maka dengan otomatis gambar akan langsung tersimpan di direktori C:\User[nama user]\Picture\Screenshot.

  1. Screenshot Dengan Snipping Tool

Snipping Tool termasuk ke dalam aplikasi yang dikenal cukup berguna dalam melakukan tangkapan layar di komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. cara ss di laptop dengan menggunakan Snipping Tool berguna jika digunakan pada Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga versi Windows 10. Penggunaan cara satu ini cukup mudah.

Hanya tinggal buka halaman yang akan di screenshot, lalu tekan tombol Windows dan ketikkan Snipping Tool. Jika ketemu, pilih tools tersebut dan jendela Snipping Tool akan ditampilkan. Setelah itu pilih New untuk mengambil gambar screenshot pada tampilan layar laptop atau komputer. Pilihan area yang akan discreenshot, ditandai oleh border tipis. Setelah itu preview screenshot akan ditampilkan. Untuk menyimpan gambar tinggal tekan File, lalu Save As.

  1. Screenshot Dengan Tombol Alt dan Print Screen

Cara screenshot dengan tombol Alt + print Screen dapat digunakan untuk mengambil gambar pada jendela yang sedang aktif saja, contohnya seperti pada saat main game atau membuka Ms. Word. Cara ss di laptop ini cukup mudah, pertama tampilkan layar yang akan diambil gambarnya. Kemudian pilih kombinasi tombol Alt dengan Print Screen untuk menyimpan gambar di clipboard.

Selanjutnya buka aplikasi paint, kemudian paste dengan menekan tombol Ctrl + V untuk mendapatkan hasil screenshot. Dimana hasil screenshot hanya akan menampilkan halaman yang sedang aktif saja, dalam gambar tidak termasuk Chrome ataupun taksbar. Sehingga kamu tidak perlu repot repot lagi mengedit hasil screenshot, pasalnya hasil akhirnya sudah gambar bersih.

  1. Screenshot Dengan Tombol Windows, Shift, dan S

Perlu kamu ketahui bahwa Snip & Sketch adalah aplikasi Windows bawaan, yang merupakan pengembangan dari Snipping Tool yang bakal hadir pada update Windows terbaru. Untuk bisa mengakses aplikasi tersebut tinggal menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Cara mengambil gambar cukup mudah, bukalah halaman yang hendak diambil screenshotnya. Kemudian pada keyboard tekan secara bersamaan tombol Windows + Shift + S untuk membuka aplikasi Snip & Sketch.

Dalam cara ss di laptop ini, layar akan berubah menjadi warna yang keabu abuan, dengan kursor yang juga berubah menjadi ikon “+”. Setelah itu, pilih area mana yang akan diambil screenshotnya. Secara otomatis Snip & Sketch akan menangkap gambar layar, hingga kemudian muncul kotak notifikasi. Klik kotak notifikasi tersebut untuk melanjutkan proses. Kemudian akan dibawa ke jendela Snip & Sketch untuk bisa mengedit gambar. Jika sudah, pilih ikon Save di bagian atas untuk menyimpan.

  1. Screenshot Dengan Aplikasi Tambahan

Selain menggunakan aplikasi screenshot bawaan, mengambil gambar juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur hampir sama dengan aplikasi screenshot bawaan adalah PC Lightshot. Untuk bisa menggunakan aplikasi satu ini maka perlu mendownload dan menginstall terlebih dahulu. Kemudian tinggal tekan Hotkey Print Screen atau PrtSc SysRc hingga tampilan layar laptop berubah menjadi redup.

Pilihlah area yang akan diambil gambarnya dengan cara klik dan drag kursor. Kemudian lepaskan kursor, maka area yang diinginkan gambarnya sudah terpilih. Di jendela tersebut kamu bisa melakukan editing. Jika sudah maka tinggal tekan ikon Save dan simpan dalam direktori yang diinginkan. cara ss di laptop dengan menggunakan aplikasi PC Lightshot juga bisa digunakan di MacBook.

  1. Cara Screenshot Panjang

Cara satu ini dapat digunakan untuk mengambil gambar satu halaman penuh. Dalam cara ini pastikan telah menggunakan Google Chrome lalu pasang Awesome Screenshot, dan klik tombol tambahkan ke Chrome. Kemudian akan muncul ikon Awesome Screenshot, pilihlah menu Capture Entire Page untuk screenshot panjang di laptop. Tunggulah proses screenshot seluruh halaman hingga selesai, kemudian diarahkan ke laman untuk editing. Jika sudah selesai tinggal klik Done.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengambil tampilan gambar di PC atau laptop. Setelah membaca ulasan ini, pastinya kamu semakin tahu bahwa cara screenshot di layar laptop tidak hanya menggunakan tombol Print Screen atau PrtSc SysRc saja. Tetapi juga banyak cara lainnya. Semoga updetan informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.