July 4, 2020

Tips Usaha Laundry Pemula dengan Hanya Modal Kecil

Banyak yang bertanya berapa modal yang harus disiapkan untuk usaha laundry. Pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab dengan jawaban yang pasti. Hal ini disebabkan ada banyak faktor yang menentukan berapa modal usaha laundry yang harus disiapkan, seperti apakah sudah punya tempat, berapa mesin laundry yang akan dipakai, dan lain sebagainya.

Namun, jika pertanyaanya diganti dengan bagaimana cara usaha laundry pemula yang hanya dengan bermodalkan usaha minim, ada cara yang bisa dilakukan. Bahkan, tidak sedikit lho mahasiswa yang mulai usaha laundry. Anda pasti tahu biasanya mahasiswa tidak punya banyak modal untuk usaha. Itu saja bisa. Jadi, siapa saja sebenarnya bisa menjadi pengusaha laundry dengan minim modal.

Langkah Awal yang Bisa Anda Lakukan

Pixabay.com

Mungkin Anda berpikir butuh modal belasan juga rupiah untuk memulai usaha laundry. Pasalnya, Anda sudah tahu berapa harga mesin cuci laundry di toko elektronik, berapa harga sabun cuci lengkap dengan pewangi laundry, dan juga alat-alat lainnya.

Namun, sejenak lupakan itu semua. Coba pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Gunakan Alat Seadanya

Idealnya, Anda tentu punya mesin laundry seperti yang ada di kebanyakan tempat laundry profesional. Anda harus beli mesin cuci serta mesin pengering laundry.

Akan tetapi, untuk pemula, cobalah untuk memanfaatkan alat yang sudah ada. Misalnya di rumah sudah ada mesin cuci rumahan. Gunakan mesin tersebut untuk awal. Toh pelanggan Anda belum terlalu banyak, bukan? Untuk itu, mesin cuci di rumah masih bisa diandalkan.

Begitu juga dengan sabun cuci pakaian dan setrika. Gunakan saja yang selama ini Anda pakai setiap hari. Yang harus Anda beli adalah pewangi. Jangan gunakan pewangi biasa. Yang menjadi pembeda antara laundry dengan mencuci sendiri adalah wangi pakaian. Laundry biasanya memiliki pewangi yang harum dan tahan lama. Untuk itu, belilah pewangi laundry khusus yang biasanya digunakan oleh jasa laundry.

  1. Tawarkan kepada Teman dan Kerabat

Setelah alat-alat sudah siap, cobalah untuk menawarkan kepada teman dan kerabat. Gunakan media sosial Anda di mana pasti follower Anda adalah teman dan juga kerabat. Beritahu mereka bahwa Anda membuka jasa laundry. Gunakan juga WhatsApp dengan cara memposting story tentang jasa laundry baru milik Anda.

Ini hal yang sepele. Akan tetapi, bagi mereka yang malu dan tidak punya jiwa entrepreneur yang kuat, ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Padahal, yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha adalah keberanian memulai hal yang kecil.

Maka dari itu, tawarkan kepada teman dan kerabat. Karena mereka lah orang yang kenal dan percaya dengan Anda. Ketika mereka puas, mereka akan dengan senang hati memberitahukan kepada jaringan pertemanannya di media sosial masing-masing. Lambat laun, tidak hanya teman dan kerabat saja yang tahu bisnis laundry Anda tapi juga orang-orang lain.

  1. Perluas Pasar

Jika ada respon positif dari teman dan kerabat, itu artinya Anda harus siap melakukan ekspansi. Perluas pasar. Jangan hanya mentargetkan teman dan kerabat saja.

Bagaimana cara memperluas pasar? Mulailah mencoba beriklan. Pasang iklan di media-media lokal yang banyak sekali pembaca atau penggunanya. Jika Anda kenal seorang influencer atau endorser lokal, gunakan jasa mereka.

  1. Promosi Besar-Besaran

Pixabay.com

Di tahap ini, mungkin Anda akan sedikit kuwalahan. Hal ini disebabkan Anda sudah mendapatkan pelanggan yang banyak setiap hari. Bahkan bisa saja Anda sudah mendapatkan pelanggan tetap.

Itu termasuk pertanda yang baik. Selanjutnya, cobalah sesekali Anda melakukan promosi besar-besaran. Buat iklan di media sosial dengan menggunakan FB Ads atau IG Ads. Pasang iklan berupa promosi untuk waktu tertentu.

Lihat responnya. Jika pada masa promosi tersebut banyak orang yang datang untuk laundry ke tempat Anda, sebaiknya siapkan langkah berikutnya. Karena Andaa harus siap untuk ke tahap yang lebih professional.

Cari teman yang bisa Anda ajak kerjasama. Buat tim laundry. Lalu, Anda bisa mulai melihat isi tabungan dan gunakan untuk membeli mesin cuci laundry dan juga mesin pengering. Ini dua mesin yang harus Anda siapkan untuk membuat usaha laundry Anda lebih profesional.

Itulah cara usaha laundry pemula yang bisa Anda coba terapkan. Bisnis itu tidak sepenuhnya karena modal. Yang sangat menentukan sebenarnya adalah keberanian dan kecerdasan bagaimana menggunakan apa yang ada. Ini poin penting yang harus Anda pahami, terutama ketika ingin memulai bisnis laundry.