October 23, 2020

Ciri ciri daun rambutan

Pohon rambutan hidup di daerah tropis, dan merupakan pohon berkayu yang besar. Tentu kalian sudah mengenal buah rambutan, dan tak jarang yang tahu bagaimana daun rambutan. Daun rambutan juga memiliki banyak khasiat, para pakar herbal telah membuktikannya serta memanfaatkannya. Salah satunya dapat digunakan untuk campuran obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak hanya itu saja, daun rambutan juga dapat dimanfaatkan untuk produk kecantikan misalnya saja untuk perawatan dan kesehatan rambut. Karena memiliki kandungan tanin dan saponin yang cukup banyak, oleh sebab itu daun rambutan banyak dimanfaatkan untuk membuat shampo. Cukup bermanfaat bukan daun rambutan ini, jadi untuk lebih jelas mengenal nya kita akan membahas ciri-ciri daun rambutan secara jelas agar tidak salah mengira daun pohon lainnya.

Ciri ciri daun rambutan

Daun rambutan memang mirip dengan daun pohon lainnya, tapi tidak ada salahnya jika kita mengenal lebih jauh tentang pohon rambutan, ada baiknya jika kita mengetahui ciri – ciri daun rambutan. Daun seringkali gugur ketika musim kering, dan membuat halaman pekarangan dipenuhi daun berguguran. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi buah rambutan yang diperoleh. Berikut merupakan morfologi dari daun rambutan :

  1. Warna

Daun rambutan yang masih muda berwarna hijau, sedangkan daun rambutan yang sudah tua berwarna kecoklatan dan cenderung mengering. Daun rambutan memiliki kandungan saponin, tannin, serta polifenol yang dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Akan tetapi selama ini jarang dimanfaatkan karena sangat jarang orang mengetahuinya.

  1. Bentuk

Daun rambutan memiliki pertulangan daun berbentuk menyirip seperti sirip ikan, dengan permukaan daun kasar. Umumnya bentuknya bulat panjang dengan ujung dan pangkal daun meruncing.

 

Itulah ciri – ciri daun rambutan yang sering ditemui disekitar kita, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi anda dan sekitarnya.