May 17, 2021

Ciri Ciri Kembar Air Dalam Kehamilan yang Mudah untuk Diketahui

Masalah kehamilan dapat menimpa semua ibu hamil. Salah satu jenis masalah yang mereka derita adalah hamil kembar air. Pada kehamilan ini, jumlah air ketuban yang ibu hamil miliki berjumlah sangat banyak. Dengan jumlah air ketuban yang berlebih, perut ibu hamil akan terus membesar. Ketika pembesaran perut yang diakibatkan oleh hamil kembar air, ibu hamil akan merasakan sesak napas. Kondisi ini tentunya dapat membuat ibu hamil merasa kurang nyaman. Kehamilan kembar air memiliki ciri ciri yang mudah untuk diketahui. Guna mengetahui ciri ciri tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Mengalami masalah pada sistem pencernaan menjadi ciri pertama yang dialami oleh ibu hamil kembar air. Masalah pencernaan ini dapat terjadi akibat kondisi tubuh yang tidak normal. Untuk menghindari hal ini, wanita yang ingin hamil harus mengenal kondisi tubuhnya dengan baik terlebih dahulu sehingga kelak tidak akan mengalami kehamilan kembar air. Sering merasa sesak napas menjadi ciri lainnya dari hamil kembar air. Banyak yang merasa terkecoh dengan peristiwa pembesaran rahim. Banyak yang menilai bahwa pembesaran rahim merupakan tanda bahwa ia sedang mengalami kehamilan. Padahal, pembesaran rahim juga pula menjadi tanda bahwa ia berada pada kondisi kesehatan yang kurang baik. Dengan jumlah air yang banyak yang tertampung, ibu hamil akan mengalami sesak napas.

Ciri lainnya dari kehamilan kembar air adalah mengandung janin kembar. Ketika seorang ibu mengandung bayi kembar, tubuh dipaksa untuk menampung urin dalam jumlah yang lebih banyak. Hal inilah yang dapat menyebabkan kembar air. Mengalami varises menjadi tanpa lainnya yang menandakan ibu hamil mengalami kembar air. Karena jumlah cairan berjumlah banyak, pembuluh pada bagian kaki akan mengalami pelebaran. Pembuluh darah yang melebar inilah yang dikenal dengan istilah varises. Tidak hanya varises, kembar air dapat menyebabkan pembengkakan pada area kaki. Jika pembengkakan sangat mengganggu, ibu hamil sebaiknya memeriksakan dan berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan jalan keluar terbaik bagi ibu hamil yang mengalami kembar air.