January 22, 2021

Mungil Tapi Nyaman, Simak Tips Desain Rumah Type 36 Agar Tampak Luas

Berdasarkan ukurannya, hunain mempunyai berbagai jenis type, salah satunya 36. Pada rumah type tersebut, mempunyai luasan sekitar 36 meter persegi. Melihat ukuran tersebut, tentu akan membuat ruang gerak dalam beraktivitas semakin terbatas. Bagi anda yang mempunyai desain rumah type 36, yuk simak tips berikut agar hunian tampak lebih lapang.

Tips Membuat Rumah Type 36 Terlihat Lebih Luas

  1. Mengurangi Jumlah Sekat Pembatas Dalam Ruangan

Pada dasarnya, rumah dengan type 36 biasanya hanya terdiri dari dua kamar tidur, dapur, satu buah kamar mandi, dan ruang tamu yang menyatu dengan area berkumpul keluarga. Mengingat ukurannya tersebut, tak sedikit orang yang merasa jika rumah mungil cenderung membatasi aktivitas penghuni. Padahal, apabila didesain dengan tepat maka hunian akan nyaman dan fungsional.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat hunian type 36, agar terkesan luas adalah dengan mengurangi jumlah sekat pembatas. Trik satu ini, ternyata sering digunakan oleh sebagian orang untuk menghilangkan kesan sempit dalam rumah tersebut. Konsep terbuka tersebut juga kian disukai, pasalnya sangat cocok diaplikasikan pada hunian dengan ukuran mungil.

Dalam hal ini, anda bisa menghadirkan rak yang bisa dipindahkan sebagai pembatas antar ruangan, misalnya antara dapur dengan ruang makan. Selain itu, anda juga bisa bermain dengan variasi motif keramik lantai yang berbeda, agar semakin mempertegas batasan antar ruangan. Tak hanya itu, anda juga dapat mengaplikasikan pencahayaan yang berbeda antar ruangan.

  1. Menambah Ketinggian Langit Ruangan

Bagi sebagian orang, desain rumah type 36 dianggap selalu menampilkan kesan sumpek. Padahal, anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan ketinggian pada langit ruangan, agar hunian tampak lebih lapang. Dalam hal ini, untuk menciptakan suasana lebih luas, usahakan supaya ruangan mempunyai ketinggian minimal tiga meter.

Namun, untuk merenovasinya terdapat hal penting yang harus anda perhatikan. Apabila ruangan anda mempunyai ukuran yang terlalu sempit, jangan melakukan cara ini karena bisa menimbulkan kesan kurang proporsional. Akan tetapi, jika hunian anda mengusung konsep open plan, menggunakan trik meninggikan langit ruangan menjadi pilihan yang tepat.

  1. Menerapkan Konsep Mezzanine

Jika diartikan, mezzanine merupakan konsep menambahkan lantai dalam suatu ruangan. Mezzanine sangat cocok diaplikasikan pada rumah dengan ukuran mungil.Konsep ini masih berhubungan dengan ketinggian langit- langit ruangan. Apabila anda ingin mengusung trik tersebut, pastikan jika ruangan anda mempunyai langit-langit dengan ketinggian minimal lima meter.

Dengan ukuran ketinggian yang tepat, maka lantai mezzanine akan sangat nyaman untuk mendukung aktivitas. Umumnya, konsep tersebut sering diaplikasikan pada ruang tamu, kamar tidur, ruang kerja maupun ruang keluarga. Misalnya saja, anda ingin mempunyai ruang kerja dalam kamar tidur, maka bisa menggunakan konsep mezzanine tersebut.

Dalam hal ini, tempat tidur dapat anda letakkan di atas lantai mezzanine, sedangkan meja kerja bisa ditempatkan pada bagian bawahnya. Anda juga dapat mengaplikasikan konsep ini pada ruangan lainnya. Namun, pastikan jika kehadiran lantai tambahan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran yang tepat, agar tampak lebih proporsional pada desain rumah type 36.

  1. Merancang Jumlah Ruangan Sesuai Kebutuhan

Saat anda memutuskan untuk mengusung rumah dengan type 36, maka hal utama yang harus dipertimbangkan adalah jumlah ruangan. Pastikan jika banyaknya ruangan yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang diketahui, pada rumah mungil ini biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, dapur, satu kamar mandi dan area keluarga yang berfungsi ruang tamu.

Jika mengetahui patokan yang ditentukan, usahakan untuk tidak menambah ruangan lainnya, karena bisa membuat rumah tampak sempit. Meskipun begitu, anda masih bisa mengubah tampilan rumah agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, mengurangi bagian teras atau taman belakang untuk membuat gudang ataupun kamar tidur tambahan.

  1. Menggunakan Warna Interior Dan Eksterior Yang Cerah

Jika anda mempunyai rumah dengan ukuran mungil, disarankan untuk tidak mengaplikasikan warna gelap. Pasalnya, tone tersebut akan semakin membuat ruangan tampak lebih sempit dan sumpek. Hal inilah yang mendasari, mengapa hunian dengan tipe 36 cenderung menggunakan warna bernuansa cerah, baik untuk interior maupun eksteriornya.

Bukan rahasia lagi jika penggunaan warna cerah, mampu membuat ruangan rumah terkesan lebih bersih dan luas. Dalam hal ini, tone yang sering digunakan adalah putih. Namun, jika anda bosan dan kurang menyukai warna tersebut, bisa disiasati dengan menggunakan tone broken white maupun beragam warna pastel lainnya.

  1. Memaksimalkan Penerangan Cahaya Alami

Dalam sebuah hunian, pencahayaan juga menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan. Tanpa adanya sistem pencahayaan yang tepat, maka rumah dengan ukuran mungil akan tampak semakin sempit dan suram. Oleh karena itu, pastikan hunian mempunyai pencahayaan yang maksimal, baik secara buatan maupun alami.

Untuk pencahayaan buatan, hadirkan lampu dengan penerangan yang tepat sesuai fungsi ruangan. Selain itu, anda juga perlu memaksimalkan pada pencahayaan alami, dengan cara menambahkan jendela besar, skylight, glass block, loster, dan sebagainya. Disamping membuat sehat, pencahayaan alami akan memungkinkan anda lebih hemat dalam penggunaan energy.

  1. Memanfaatkan Halaman Belakang Dengan Maksimal

Umumnya, desain rumah type 36 yang banyak dijual oleh pihak pengembang dilengkapi dengan halaman belakang. Agar semakin memaksimalkan fungsi hunian, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kawasan  tersebut. Dalam hal ini, anda dapat menyulapnya menjadi service area atau sebagai tempat setrika atau meletakkan mesin cuci.

Selain itu, anda juga bisa mengubahnya menjadi gudang atau tempat penyimpanan barang lainnya. Namun, untuk membuat area ini, anda harus mengatur bagian atapnya secara permanen, misalnya menggunakan atap plastik. Dengan demikian, air hujan maupun debu tidak bisa masuk dan mengotori kawasan tersebut.

  1. Usahakan Tidak Menggunakan Pagar Rumah Yang Tinggi

Tak sedikit orang yang beranggapan jika pagar tinggi membuat hunian lebih aman. Namun, langkah tersebut tidak dibenarkan, apabila anda mempunyai rumah dengan ukuran mungil. Pasalnya, hal ini akan membuat tampilan rumah terkesan lebih sempit. oleh karena itu, usahakan untuk menghadirkan pagar dengan model minimalis yang tidak terlalu tinggi.

Rumah dengan type 36 memang mempunyai ukuran terbatas, namun hal ini tidak menjadi alasan untuk menghadirkan hunian yang nyaman. Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, rumah minimalis anda akan terasa lebih lapang. Jika anda ingin mendapatkan referensi desain rumah idaman, silakhan mengunjungi laman gabdearq.com.