September 27, 2021

Fakta Unik Jembatan Mahakam Kebanggaan Masyarakat Kalimantan Timur

 

Menjadi ikonik dan kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur, siapa sangka jika Jembatan Mahakam menyimpan fakta unik yang perlu Anda ketahui. Terutama bagi Anda para perantau Kalimantan Timur yang mungkin tidak banyak mengetahui sejarah jembatan ini.

Dibalik Megah dan Kokohnya Jembatan, Inilah Dua Fakta Uniknya

  1. Menggunakan Teknologi dari Negara Belanda

Jika Anda pernah melihat secara langsung fisik dari jembatan ini pasti tahu betapa megah dan kokohnya bangunan tersebut. Karena jembatan ini dibangun menggunakan rangka yang terbuat dari baja dengan system Hollandia Kloos yang tentu berasal dari negara Belanda.

Konstruksi Belanda memang mempunyai ciri khas tersendiri, salah satunya adalah bangunan yang awet. Pembangunan jembatan ini melewati proses galvanis kemudian dicelupkan pada logam panas, proses tersebut yang membuat jembatan ini tetap kokoh dan tidak berkarat.

  1. Sebagai Jembatan Kebanggaan

Jembatan megah ini menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur karena menghubungkan Samarinda Bagian Kota dengan Samarinda Sebrang yang terpisah oleh Sungai Mahakam. Sehingga pada jaman dulu untuk menyebranginya butuh kapal feri dan saat ini hanya dengan melintasi jembatan saja.

Manfaat adanya jembatan ini juga tidak hanya dirasakan masyarakat Samarinda, namun juga sejumlah masyarakat yang melintasi jembatan ini. Karena jembatan ini juga mempermudah mobilitas dari wilayah lain seperti Balikpapan, Tenggarong, Bontang hingga Kutai Kartanegara.

Selain bangunan bersejarahnya, kini Anda juga mengetahui sebenarnya apa saja fakta unik yang ada dalam jembatan megah ini. Setelah mengetahuinya pasti akan terbesit dibenak Anda untuk mencoba mengunjungi jembatan ini dan melihat secara langsung keindahannya.