December 2, 2020

Gejala dan Bahaya Flu Untuk Ibu Hamil

Penyakit flu sering dikenal dengan penyakit influenza yang disebabkan virus influenza A, influenza B, dan juga influenza C. Virus ini akan masuk melalui rongga tenggorokan dan juga paru – paru. Akan timbul ketidaknyamanan bagi para penderita flu tersebut jika tidak mendapatkan penanganan dengan segera. Penyakit flu bisa dialami anak – anak hingga orang dewasa termasuk ibu hamil. Ibu hamil termasuk golongan yang mudah tertular penyakit flu tersebut.

Gejala penyakit flu yang sering dirasakan para penderitanya adalah gejala seperti panas tinggi, pegal – pegal, sakit kepala, hidung tersumbat, kelelahan yang berlebihan, dan juga sesak nafas. Gejala tersebut menandakan bahwa tubuh sedang mengalami penyakit flu. Apakah flu berbahaya bagi ibu hamil? Flu pada dasarnya flu tidak berbahaya. Apa yang membuat flu menjadi bahaya bagi ibu hamil? Flu menjadi bahaya jika timbul komplikasi.

Komplikasi yang mungkin terjadi adalah komplikasi penumonia, meningitis, bronkitis, miokarditis, kelahiran prematur, keguguran, dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Komplikasi – komplikasi tersebut akan membuat penyakit flu berbahaya dialami ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami flu maka akibatnya tidak hanya dirasakan oleh para ibu saja namun bisa berdampak pada janinnya. Ibu hamil yang memiliki resiko tinggi mengalami flu adalah ibu hamil yang mengalami masalah seperti asma dan juga diabetes.

Bagaimana cara agar ibu hamil terhindar dari penyakit flu? Caranya cukup mudah. Para ibu hamil bisa melakukan vaksinasi flu. Vaksin tersebut akan membatu ibu hamil memiliki kekebalan tubuh untuk tidak mudah terkena flu. Cara mengatasi flu pada ibu hamil di trimester pertama hingga tiga berbeda – beda. Ibu hamil yang mengalami flu harus mendapatkan penanganan yang tepat. Obat yang dikonsumsi para ibu hamil harus berasal dari resep dokter. Selain melalui obat mengatasi flu bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri, mengkonsumsi makanan yang bergizi, rajin olahraga, dan menerapkan pola hidup yang sehat. Penyakit flu tidak akan menjadi masalah serius jika ditangani dengan tepat.