August 12, 2020

Gejala Tenggorokan Sakit Ketika Menelan, Penyakit Apa ??

 

 

Deskripsi:

Tenggorokan sakit ketika menelan bukan berarti anda terkena radang. Anda harus segera memeriksakannya untuk memastikannya karena ada banyak penyakit dengan gejala yang sama.

 

Artikel:

Sudah bukan menjadi rahasia jika suatu penyakit memiliki gejala yang sama dengan penyakit lainnya. Sama halnya dengan tenggorokan sakit ketika menelan. Mungkin anda merasa bahwa anda mengalami radang tenggorokan jika hal tersebut terjadi. Tetapi, kenyataannya gejala tersebut bukan hanya karena radang tenggorokan. Ada beberapa penyakit lain yang memiliki gejala sama. Jadi, lebih baik anda memeriksakan diri ke dokter.

 

Penyakit dengan gejala tenggorokan sakit ketika menelan

Tenggorokan sakit ketika menelan bisa menjadi indikasi suatu penyakit. Berikut ini beberapa penyakit dengan gejala tersebut antara lain.

 

  1. Luka di tenggorokan

Terjadinya luka pada tenggorokan sangat memungkinkan bahwa ada luka di tenggorokan anda. Luka tersebut bisa timbul karena kebiasaan ketika makan. Makanan yang panas atau makanan yang terlalu tajam yang anda telan bisa melukai tenggorokan anda. Sehingga menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan. Lebih baik anda menghindari memakan makanan yang terlalu panas dan memastikan anda mengunyah makanan hingga halus sebelum anda menelannya agar tidak melukai tenggorokan anda.

 

  1. Penyakit lambung

Asam lambung yang naik sangat berpotensi menyebabkan teggorokan sakit ketika menelan. Hal tersebut terjadi karena ketika asam lambung naik, asam lambung bisa mencapai kerongkongan dan mengiritasinya. Biasanya terjadi pada penderita asam lambung yang kronis. Dampaknya rasa sakit pun terjadi ketika anda menelan.

 

  1. Flu atau sinus

Flu atau snus merupakan penyakit yang terjadi di sistem pernapasan. Tenggorokan sakit ketika menelan bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit tersebut. Biasanya rasa sakit tersebut terjadi sebelum anda mengalami gejala lain yang biasa terjadi ketika flu yaitu batuk dan pilek.  Untuk mengatasinya anda harus banyak beristirahat dan mengonsumsi makanan sehat. Bila perlu dibarengi dengan mengonsumsi obat-obatan ketika kondisi anda lebih parah.

 

Gejala tenggorokan sakit ketika menelan sangat lazim di alami ketika penyakit-penyakit di atas terjadi pada anda. Jika masih dalam gejala yang ringan anda bisa mengatasinya dengan mengubah kebiasaan anda yang menyebabkan penyakit-penyakit tersebut menjadi lebih baik. Tetapi, jika sudah terjadi cukup parah anda bisa barengi dengan mengonsumsi obat dari dokter agar lebih cepat memulihkan kondisi anda.