October 20, 2021

Gerakan Pramuka

Hingga sampai saat ini gerakan pramuka menjadi salah satu organisasi yang selalu berkembang, ketahui sejarahnya di Indonesia untuk meningkatkan rasa kepemimpinan kita.

 

Artikel:

Di jaman sekarang ini gerakan pramuka selalu berkembang dengan membentuk banyaknya organisasi di setiap daerah. Jadi, edukasi mengenai kepramukaan tidak hanya didapatkan di dunia sekolah saja.

 

Tententu, berkembangnya gerakan kepanduan tersebut memiliki tugas yang jelas mulai dari melatih para kaum muda untuk berkarya, mandiri, dan berlatih menjadi seorang pemimpin sehingga tidak ada yang sia-sia tergabung dalam organisasi tersebut.

 

Sejarah Gerakan Pramuka di Indonesia

  1. Masa Penjajahan Belanda

Awal mula adanya gerakan pramuka secara resmi ada di Indonesia mulai sejak masa kolonial Belanda di tahun 1961 yang didirikan oleh Mangkunegara VII di Surakarta dimulai dengan mendirikan Javaansche Padvinders Organisatie, Nationale Padvinderij Organisatie, Jong Indonesische Pandvinderij Organisatie.

 

  1. Dibentuk Ketetapan MPRS

Gerakan kepramukaan tersebut dibentuk melalui keputusan MPRS Nomor II/MPRS/1960 tanggal 3 Desember 1960 yang berisi mengenai rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana kemudian Soekarno menunjuk panitia untuk membentuk Gerakan Pramuka dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

 

  1. Asal Mula Nama Pramuka

Ketahuilah nama pramuka dicetuskan oleh HB IX yang berasal dari kata Poromuko yang mempunya arti pasukan terdepan saat berperang. Lalu, nama tersebut diubah menjadi Praja Muda Karana yang maknanya adalah Jiwa Muda yang Gemar Berkarya.

 

  1. Hari Lahir Pramuka

Tentunya, peristiwa perkenalan pramuka di tanggal 14 Agustus 1961 dikenal sebagai hari pramuka yang setiap tahunnya diperingati oleh semua anggota pramuka dari semua satuan pendidikan sekolah.

 

  1. Misi Gerakan Pramuka

Ketahuilah untuk misi utama dari adanya gerakan pramuka yaitu untuk mendidik para pemuda sejak anak-anak untuk memiliki jiwa cinta tanah air dan patriotisme yang tinggi sehingga meningkatkan rasa cinta tanah air kepada bangsa Indonesia.

 

  1. Undang-Undang Kepramukaan

Gerakan pramuka tersebut ternyata berkembang setiap tahunnya sehingga Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan Undang-Undang nomor 12 tahun 2010 yang memuat organisasi pramuka tidak lagi menjadi tunggal tetapi menjadikannya sebagai pendidikan kepramukaan.

 

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah gerakan pramuka di Indonesia mulai dari awal mula terbentuk namanya, undang-undang, dan misi yang dijalankan.