July 12, 2020

Hutan lindung adalah

Secara sederhana, hutan lindung biasa didefinisikan sebagai sebuah lahan luas yang didalamnya terdapat beragam flora dan fauna sebagai kesatuan ekosistem yang utuh dan saling membutuhkan. Hutan lindung sendiri menjadi semacam inisiatif yang diambil oleh pemerintah untuk melindungi kelestarian organisme langka didalamnya dari tangan-tangan manusia tidak bertanggung jawab.

Dengan dibuatnya sistem hutan lindung, maka hutan tersebut harus steril dari kegiatas campur tangan manusia seperti penebangan pohon hingga perburuan hewan yang berada di dalamnya dilarang untuk alasan apapun. Peraturan ini juga sudah dicatat didalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 41/1999.

Peran hutan lindung

Penyedia cadangan air bersih

Hutan lindung adalah sekumpulan pepohonan dengan kemampuan akar untuk menyimpan air cukup tinggi. Air yang meresap ke dalam tanah akan secara otomatis melalui penyaringan sehingga menciptakan air tanah bersih, mengandung nutrisi dan mineral bagi tubuh  ketika dikonsumsi.

Proses penyaringan ini tidak dapat dilepaskan dari adanya akar yang menyebabkan daya serap tanah terhadap air jadi lebih besar. Banjir pun tidak akan terjadi lagi karena volume air hujan dapat tertampung dengan baik.

Paru-paru dunia

Pada masa industri seperti ini, polusi udara bisa dengan mudah terjadi dimanapun dari asap pabrik hingga kendaraan bermotor. Bahkan kini, kebisingan tidak hanya ada di wilayah perkotaan saja, melainkan telah memasuki pedesaan. Kehadiran hutan sangat efektif dalam menghasilkan oksigen bagi masyarakat di wilayah sekitarnya. Dengan begitu, pemanasan global  dapat dihalau.

Memang demikianlah peran paru-paru sebagai elemen penting terciptanya lingkungan kondusif, nyaman, dan menyehatkan.

penyedia oksigen

Selain hutan dapat membersihkan udara yang terkena limbah polusi, proses fotosintesis pohon juga menghasilkan oksigen berlimpah. Oksigen bukanlah sekedar bahan bakar manusia untuk tetap bernafas, melainkan juga menjaga kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, hingga psikologis manusia.

Jadi, tidak hanya sekedar merawat dan melestarikan ekosistem dlora dan fauna saja, akan tetapi juga udara segar bagi manusia. Demikian dahulu sekilas penjelasan mengenai hutan lindung adalah kunci pelestarian hutan. semoga bermanfaat.