October 20, 2020

Inilah Cara Menolong Bayi Jatuh dari Tempat Tidur Posisi Terlentang

 

Deskripsi

Saat menolong bayi jatuh dari tempat tidur posos terlentang, pastikan kamu bisa menguasai keadaan dengan baik. Buatlah kamu dan si kecil tenang agar masalah bisa teratasi.

Artikel

Jika bayi jatuh dari tempat tidur posisi terlentang, kamu tidak boleh panik. Umumnya, ibu akan merasa panik pada saat hal ini terjadi di anak pertama. Namun, kunci dari permasalahan ini adalah pada ketenangan untuk melewati setiap masalah yang datang.

Cara Menolong Bayi Jatuh Terlentang dari Tempat Tidur

Pada dasarnya bayi yang terjatuh memang membuat orang tua khawatir. Sayangnya, kekhawatiran tersebut tidak akan membantumu mengatasi permasalahan. Kamu hanya perlu menolong bayi tersebut dengan tetap tenang dan tidak gegabah.

Tenangkan si kecil

Jika anak terjatuh dengan posisi terlentang, cobalah tenangkan si kecil agar tidak menangis atau panik. Hiburlah si kecil dengan mengajak ngobrol sambil memeriksa kondisi si kecil. Kamu juga harus memperbaiki posisi si kecil agar lebih nyaman.

Amati kondisi bayi secara keseluruhan

Setelah berada di posisi yang nyaman, kamu bisa melanjutkan memeriksa kondisi si kecil dengan lebih mudah. Jika kamu menemukan ada luka atau memar, basuh luka tersebut dan berikan kompres dingin.

Pindahkan bayi ke tempat yang lebih aman

Setelah bayi sudah tenang, pindahkan ke tempat yang lebih aman. Pastikan bahwa si kecil tidak akan terjatuh lagi di tempat tersebut. Kamu bisa memilih kasur lantai yang empuk agar si kecil bisa berbaring dengan lebih aman.

Hal yang harus diperhatikan

Meski bayi yang terjatuh tidak terluka, kamu tetap harus waspada jika muncul tanda-tanda lain. Pasalnya, bayi belum bisa diajak berbicara dan mengutarakan apa yang dia rasakan. Untuk itu, kamu harus peka terhadap beberapa gejala berikut ini.

  • Muntah
  • Menangis tanpa henti
  • Memar yang besar
  • Patah tulang
  • Diam yang tidak biasa

Demikianlah artikel singkat mengenai hal yang harus dilakukan saat bayi jatuh dari tempat tidur posisi terlentang. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!