October 23, 2020

Inilah Daftar Pakaian Adat Pulau Sulawesi

Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, pulau sulawesi kaya akan budaya, termasuk dalam berbusana. Setidaknya setiap sulawesi, baik utara, selatan, utara, sulawesi tengah, sulawesi tenggara, dan gorontalo, punya baju adatnya masing masing yang menyimbolkan identitas budaya, estetika, maupun identitas sosial dalam kerangka NKRI.  Berikut ini beberapa baju adat di sulawesi, simak artikel lengkapnya dibawah ini.

Baju adat Sulawesi Utara

Di sulawesi utara, baju adatnya dinamai Laku Tepu. Laku tebu dibuat dari bahan serat tanaman pisang (serat kofo) yang cukup kuat. Pakaian Laku atepu memiliki model baju lengan panjang yang dikenakan sejumlah aksesori pelengkap seperti selendang (bandang) ikat pinggang (popehe), dan penutup kepala (paparong).

Baju adat Sulawesi Barat

Baju  adat di sulawesi bagian barat, dinamai Pattuqduq Towaine. Baju ini merupakan baju khas perempuan suku Mandar. Modelnya berupa baju kurung, yang dilengkapi beberapa aksesori yang dibuat dari bahan logam.

Baju Adat Sulawesi Tengah

Baju adat di sulawesi bagian tengah disebut dengan nama Baju Koje dan Nggembe. Baju Nggembe, dipakai oleh perempuan sulteng dan baju koje untuk laki lakinya. Biasanya, baju adat Baju Koje dan Nggembe digunakan ketika upacara adat di daerah Sulawesi tengah.

Baju adat sulawesi Tenggara

Baju adat sulawesi bagian tenggara, dinamai dengan babu nggawi dan babu nggaei langgai. Babu nggawi, merupakan busana adat bagi kaum perempuan di sana. Sedangkan laki laki mengenakan baju adat babu nggawi langgai. Kedua pakaian adat ini sering dikenakan pada event nasional dan merupakan ikon sulawesi tenggara.

Baju adat sulawesi selatan

Baju adat sulawesi bagian selatan, disebut baju bodo. Merupakan baju adat sulawesi selatan yang desain nya cukup simpel dan sederhana dengan sedikir jahitan. Baju bodo ini biasanya dikenakan ketika acara acara tertentu seperti pertunjukan adat dan acara khusus lainya.

Baju adat gorontalo Sulawesi

Terakhir, baju adat sulawesi dari gorontalo. Nama baju adatnya Mukura dan Billiu. Mukuta dan Billiu biasanya terdiri dari beberapa warna seperti ungu, kuning, merah tua dan hijau. Baju adat mukuta digunakan laki laki disana. Sedangkan baju billiu dikenakan perempuan. Pakaian ini lazimnya dipakai ketika acara pernikahan.

Itulah tadi informasi tentang baju adat di pulau sulawesi, semoga informasi ini bermanfaat.