July 4, 2020

Apa Saja Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja Saat Ini?

Menentukan karir di masa depan dapat dimulai dengan memilih jurusan yang akan diambil saat kuliah. Pemilihan jurusan saat kuliah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus mempertimbangkannya dengan matang, sehingga saat berkuliah kamu tidak merasa salah jurusan. Selain itu, kamu juga bisa berekspektasi karir apa yang akan menunggumu saat lulus kuliah.

Untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah minat. Kamu bisa memikirkan minat yang kamu sukai sehingga bisa memilih jurusan kuliah yang tepat. Selain itu, jangan sampai memilih jurusan kuliah berdasarkan paksaan dari orang lain.

Selain minat, kamu juga perlu untuk mempertimbangkan akreditasi dan alumni yang dimiliki oleh jurusan kuliah tersebut. Akreditasi ini berperan penting saat kamu akan mendaftar kerja. Hal ini disebabkan banyak perusahaan yang meminta akreditasi minimal B saat akan memulai rekrutmen kerja. Peran alumni juga bisa menjadi salah satu daya tarik untuk memutuskan dimana kamu akan kuliah.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah tentang prospek kerja. Pilihlah jurusan kuliah dengan prospek kerja yang bagus dan paling dibutuhkan saat ini. Mengapa? Saat kamu memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus, maka kamu bisa mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik dan jenjang karir yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah dengan prospek kerja menjanjikan saat ini.

Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Salah satu jurusan kuliah dengan prospek kerja menjanjikan adalah IT atau Teknologi Informasi. Jurusan ini mempunyai prospek kerja yang luas dan dibutuhkan hampir di semua perusahaan. Selain itu, bagi alumni yang lulus dari jurusan IT ataupun Ilmu Komputer akan memiliki kesempatan yang besar dalam mencari suatu proyek.

Salah satu posisi yang menjadi incaran dari alumni yang lulus dari jurusan IT adalah bekerja sebagai web developer. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang mulai menggunakan web sebagai salah satu media untuk marketing. Tidak hanya membuat web, pekerja di bidang IT juga bertanggung jawab di dalam pengelolaan web. Selain itu, dalam suatu perusahaan, bidang IT merupakan salah satu bidang penting. Sehingga, jurusan IT merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja baik saat ini.

Jika kamu ingin mendapatkan gaji yang besar saat bekerja, kamu bisa memilih jurusan pertambangan dan perminyakan. Kebutuhan akan staff yang bekerja di industri perminyakan cukup besar. Akan tetapi, hanya ada sedikit universitas yang membuka jurusan perminyakan atau pertambangan. Oleh karena itu, jumlah lulusan perminyakan atau pertambangan menjadi sedikit. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu pilihan untuk mencapai prospek kerja yang baik.

Gaji yang ditawarkan oleh jurusan perminyakan dan pertambangan menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji yang besar. Selain itu, kamu bisa juga bekerja di perminyakan atau pertambangan luar negeri. Sehingga, kamu mendapatkan pengalaman sekaligus gaji yang besar.

Jika kamu mempunyai minat dalam bidang ekonomi, kamu bisa memilih jurusan akuntansi sebagai salah satu jurusan kuliah dengan prospek kerja baik. Lulusan di bidang akuntansi akan bekerja di beberapa posisi di suatu perusahaan seperti bagian keuangan, perpajakan, statistika, administrasi, akuntan, dll. Oleh karena itu, jurusan akuntansi sangat dibutuhkan di suatu perusahaan. Selain bekerja di perusahaan,  alumni jurusan akuntasi juga dapat membuka usaha sendiri sebagai jasa akuntan yang bertugas untuk membantu klien dalam mengurus rekam jejak transaksi, keuangan, maupun pajak. Gaji yang ditawarkan dari perusahaan akuntasi juga cukup besar.

Jurusan lain dengan prospek kerja yang menjanjikan adalah ilmu hukum. Jika kamu belajar di jurusan ilmu hukum, maka kamu akan menguasai beberapa jenis hukum yang ada di Indonesia maupun internasional sepeti hukum pidana, perdata, tata usaha negara, dll. Lantas, bagaimana prospek kerja dari lulusan ilmu hukum?

Ada banyak lowongan kerja yang bisa diambil oleh seorang lulusan hukum seperti legal officer atau staf hukum dari suatu perusahaan. Kamu akan menjadi penasehat dari perusahaan mengenai kebijakan perusahaan dan kebijakan hukum yang ada di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa menjadi pengacara dan membuka kantormu sendiri. Selain bekerja di perusahaan, kamu bisa masuk ke kantor pemerintah dan bekerja di sana. Itulah beberapa jurusan dengan prospek kerja menjanjikan. Pilihlah jurusan kuliah dengan mempertimbangkan minat dan juga prospek kerja agar karirmu menjadi lebih terjamin.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Akademik Mobile Kampus

Saat kamu kuliah, maka kamu akan mempunyai beberapa hal yang diurus seperti Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), dll. Selain itu, kamu juga ingin untuk selalu mendapatkan berita terbaru dari kampus dimana kamu kuliah. Untuk menunjang itu semua, beberapa kampus mulai menerapkan aplikasi kampus yang berbentuk digital.

Aplikasi ini bisa digunakan dan diinstal di hp Android kamu. Sehingga, kamu bisa mendapatkan berita dan perkembangan tentang kampus, melakukan perwalian, maupun mengecek hasil KRS dan KHS dengan praktis. Hal ini juga memudahkan pihak kampus untuk memberikan informasi terbaru kepada mahasiswa