September 24, 2020

Penuhi Kebutuhan Dasar Manusia Berikut Untuk Hidup Lebih Sehat

Setiap orang harus dapat memenuhi kebutuhan dasar agar dapat bertahan hidup. Anda pasti pernah mendengar hierarki kebutuhan Maslow yang sangat popluer. Hierari tersebut menunjukan bahwa manusia akan cenderung memenuhi kebutuhan dasar sebelum kebutuhan lannya.

Untuk memenuhi kebutuhan pokok, anda tentu akan berbelanja sesuai dalam frekuensi tertentu. Alangkah lebih baik ketika anda mengetahui promo jsm indomaret agar dapat berbelanja dengan hemat. Berbagai promo menarik tentu akan membantu anda untuk tetap efisien dalam belanja.

Definisi Kebutuhan Manusia yang Harus Dipenuhi

Pixabay.com

Setiap orang perlu memiliki kemampuan untuk memenuhi setiap kebutuhan agar dapat melangsungkan kehidupan dengan baik. Dalam hierarki kebutuhan yang dibuat oleh Maslow, terdapat lima tingkat hierarki kebutuhan yang diurutkan dari kebutuhan dasar sampai kompleks.

Hierarki Maslow sendiri menggambarkan kebutuhan dasar manusia dengan bentuk piramida. Bagian terendah piramida menunjukan kebutuhan paling dasar. Kemudian bagian puncak piramida menggambarkan kebutuhan manusia yang paling kompleks.

Pada dasarnya setiap orang akan terus bergerak untuk memenuhi kebutuhan lainnya setelah kebutuhan dasar mereka terpenuhi. Jika dilihat dari hierarki piramida Maslow, maka kebanyakan orang akan berada pada kebutuhan paling dasar terlebih dahulu.

Ketika kebutuhan paling dasar telah terpenuhi, maka orang akan terus bergerak naik untuk memenuhi kebutuhan lainnya yang lebih kompleks. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penghasilan dapat menjadi faktor utama seseorang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan kompleks.

Tidak semua orang dapat melangkah untuk memenuhi kebutuhan kompleks, oleh sebab itu kebutuhan paling kompleks berada di puncak piramida. Tidak sedikit orang yang terjebak dalam pemenuhan kebutuhan dasar, sehingga bagian paling dasar piramida merupakan bagian terbanyak.

Kebutuhan Dasar Manusia hingga Kompleks Berdasarkan Teori Maslow

Pixabay.com

Dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda. Untuk itu, anda perlu mengatahui lima jenis kebutuhan yang telah dituliskan berdasarkan teori Maslow. Dengan begitu, anda dapat membuat skala prioritas untuk setiap kebutuhan anda.

  1. Kebutuhan Fisiologis

Berdasarkan teori Maslow, kebutuhan fisiologis menjadi kebutuhan paling dasar yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Kebutuhan fisiologis menyangkut hal penting yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.

Beberapa hal yang termasuk dalam kebutuhan fisiologis diantaranya adalah makan, minum, tidur, dan bernafas. Pemenuhan nutrisi menjadi hal yang sangat penting seperti pakaian, tempat tinggal, dan kehangatan.

Reproduksi seksual juga dikelompokan oleh Maslow pada jenis kebutuhan fisiologis. Saat kebutuhan ini terpenuhi, maka tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

  1. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan

Kebutuhan ini lebih kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan fisiologis karena keselamatan dan keamanan menjadi yang utama. Setiap orang perlu mendapatkan ketertiban dalam hidup sebagai bentuk kontrol dalam menjalankan hidup.

Keamanan dan keselamatan termasuk keamanan keuangan, kebugaran, dan kesehatan. Selain itu, keselamatan dari cedera dan kecelakaan juga termasuk dalam poin ini. Dengan adanya faktor ini, manusia cenderung termotivasi untuk bekerja, menabung, dan tinggal di lokasi yang aman.

  1. Kebutuhan Kasing Sayang dan Rasa Memiliki

Ketika kedua kebutuhan sebelumnya telah terpenuhi selanjutnya kebutuhan kasih sayang dan rasa memiliki menjadi hal yang perlu dipenuhi. Kebutuhan ini berkaitan dengan persahabatan, keintiman, penerimaan, kepercayaan, saling memberi dan menerima kasih sayang.

Pemenuhan kebutuhan dapat dilakukan ketika seseorang terlibat dalam pertemanan, hubungan yang romantis dan keluarga ataupun kelompok sosial lainnya. Manusia akan merasa penting untuk dicintai dan menghindari masalah dengan penerimaan dari orang lain. Hal itu sangat penting untuk terhindar dari depresi, kecemasan, dan kesepian.

  1. Kebutuhan Penghargaan

Penghargaan dan rasa hormat menjadi bagian dari kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Maslow membagi tingkat penghargaan menjadi dua yaitu kebutuhan harga diri terkait dengan prestasi, martabat, kemandirian dan penugasan.

Kemudian yang kedua adalah rasa hormat yang didasarkan pada reputasi, status dan atensi. Seesorang yang memenuhi kebutuhan ini memiliki rasa percaya diri dengan harga diri sehingga memperoleh penghormatan dari orang lain.

Orang yang sampai pada tingkat ini berarti meiliki pengaruh terhadap orang lain. Ketika penghormatan tidak di peroleh, dalam artian rasa hormat dan harga diri rendah di mata orang lain, maka dapat menumbuhkan rasa rendah diri.

  1. Kebutuhan Aktualisasi Diri

Kebutuhan ini akan terkait dengan keinginan yang dimiliki individu untuk mengembangkan dan mewujudkan potensi yang dimiliki. Pengembangan bakat dan mencari pengalaman untuk menjadi setiap sesuatu yang diinginkan. Pada tahap ini pemahaman akan diri sendiri menjadi hal yang penting.

Kebutuhan ditingkat ini menuntut setiap orang untuk dapat melakukan hal terbaik yang mampu untuk dilakukan. Walaupun begitu, ada pendapat yang mengemukakan bahwa kebutuhan ini sulit dijelaskan secara ilmiah karena diperlukan penelitian lebih lanjut terkait dengan individu.

Memahami kebutuhan dasar manusia menjadi hal penting agar anda dapat mengetahui hal apa saja yang perlu untuk diprioritaskan. Agar anda dapat mencapai semua kebutuhan yang anda miliki, anda tentu harus mempersiapkan diri agar mampu untuk melalui setiap tingkatan kebutuhan.