August 12, 2020

Jenis Ibadah Haji Sesuai Ketentuan Kemenag

Ada banyak sekali orang Islam yang ingin naik haji ke Tanah Suci. Sayangnya, haji sekarang ini beda dengan haji 20 tahun yang lalu. Dulu, Anda daftar tahun ini, maka tahun depan Anda bisa langsung berangkat haji. Sekarang tidak lagi. Anda daftar haji sekarang. Berangkatnya sekitar 20 tahun yang akan datang.

Karena masalah itulah pemerintah memberikan beberapa alternatif. Ada beberapa jenis haji yang bisa dipilih oleh masyarakat. Tentunya setiap jenis memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji.

3 Jenis Ibadah Haji yang Bisa Anda Pilih

Sekarang ini, ada tiga jenis haji yang bisa Anda masyarakat pilih. Kemenag haji mematok biaya masing-masing jenis haji dengan harga yang berbeda karena fasilitasnya berbeda.

  1. Haji Reguler

Yang pertama adalah haji reguler. Ini paket haji yang kebanyakan orang ambil. Jika Anda daftar sekarang dan antriannya hingga belasan bahkan puluhan tahun, itu artinya Anda ambil paket haji reguler.

Semakin bertambahnya tahun kemungkinan semakin panjang antriannya. Kecuali jika ada perubahan signifikan. Misalnya saja kuota haji Indonesia ditambah oleh Kerajaan Arab Saudi. Atau tanah suci sudah bisa menampung lebih banyak jamaah haji. Beberapa tahun ini area Masjidil Haram sedang direnovasi. Makanya, kuota haji di seluruh negara dikurangi.

Setelah selesai renovasi, akan semakin banyak jamaah haji yang bisa melaksanakan haji di tahun yang sama. Kemungkinan besar Indonesia yang menjadi salah satu jamaah haji terbesar di dunia juga akan kebagian penambahan kuota yang signifikan.

Yang menjadi pertanyaan adalah kapan itu terjadi? Ini yang belum diketahui. Sampai sekarang, Kemenag haji memberikan informasi bahwa antrian kurang lebih 20 tahun untuk haji reguler.

Memang ada beberapa pengecualian. Misalnya saja lansia yang usianya sudah di atas 80 tahun. Jika sudah daftar kurang lebih 5 tahunan, maka lansia tersebut akan diberangkat lebih awal. Tidak harus sesuai dengan urutan.

  1. Haji Plus

Selain haji reguler, Kemenag Haji juga menyediakan paket haji plus. Ini juga sering disebut dengan ONH Plus. Dikatakan plus karena layanan yang diberikan lebih baik daripada haji reguler. Selain itu, Anda juga tidak perlu antri terlalu lama hingga belasan tahun.

Haji plus ini diselenggarakan oleh biro perjalanan haji yang sudah terdaftar di Kemenag Haji. Biayanya biasanya 2 kali lipat dari biaya haji reguler. Namun, biaya tersebut worth it dengan layanan yang diberikan. Selain Anda bisa naik haji lebih cepat, Anda juga mendapatkan layanan yang istimewa. Misalnya saja hotel mewah yang dekat dengan Masjidil Haram. Begitu juga akomodasi lengkap.

Setiap tahunnya, rata-rata ada kuota sekitar 17 ribu untuk calon jamaah haji plus. Tidak banyak yang ambil kuota ini. Makanya, ada kemungkinan Anda bisa segera diberangkatkan haji. Hanya saja, siapkan biaya yang lebih banyak. Jika biaya haji reguler sekitar 35 juta, maka siapkan saja uang sekitar 70 hingga 80 juta.

Biaya tersebut tergantung akomodasi yang diberikan oleh biro perjalanan haji plus. Contohnya saja jika Anda meminta satu kamar untuk dua orang saja, maka biayanya tentu lebih mahal dibandingkan ketika satu kamar diisi empat orang.

  1. Haji Furoda

Mau haji tahun ini juga tanpa haus antri? Ambil saja Haji Furoda. Ini haji yang kuotanya langsung diberikan dari Kerajaan Arab Saudi. Makanya, ada istilah lain untuk menunjuk pada Haji Furoda ini, yaitu haji undangan Kerajaan Arab.

Berapa Haji Furoda 2021 2022? Sangat mahal memang. Biayanya bisa mencapai 200 juta. Ini tergantung kurs dollar dan juga pelayanan yang disiapkan biro perjalanan haji furoda.

Yang pasti, dengan daftar haji furoda, Anda tidak perlu antri. Daftar sekarang dan tahun depan kemungkinan Anda akan langsung berangkat.

Itulah tiga jenis haji yang dikeluarkan oleh Kemenag Haji. Kira-kira, mau daftar yang mana?

Mana yang Sebaiknya Anda Pilih?

Untuk yang tidak memiliki penghasilan besar, haji reguler menjadi pilihan yang tepat. Antriannya memang panjang. Namun, jika Anda ingin segera ke Tanah Suci dulu, Anda bisa umroh terlebih dahulu karena umroh bisa dilakukan kapan saja.

Namun, jika Anda punya finansial yang bagus, haji furoda lebih disarankan. Banyak yang berpikir mereka lebih memilih menghabiskan semua tabungan asalkan bisa menyelesaikan rukun Islam yang ke 5. Karena setelah itu sudah selesai, mereka bisa fokus mencari uang lagi dan mengisi rekening tabungan mulai dari awal lagi.