August 12, 2020

Kenali Penyebab Nyeri Di Jempol Kaki

Memang tak semua orang mengalami nyeri di jempol kaki, tetapi tatkala mengalaminya akan menganggu aktifitas sehari-hari. Apalagi rasanya seperti ada yang berdenyut dan tak nyaman dibuat gerak, nggak heran banyak yang was-was dan memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui penyebabnya.

Penyebab Nyeri Di Jempol Kaki

Jangan salah loh, banyak penyebab jempol kaki anda sakit. Tatkala mendapai jempol kaki sakit tak boleh cemas berlebih dan membuat anggota keluarga ikut panik, pasalnya memicu masalah lain dan merugikan diri anda sendiri. Ketahuilah penyebab nyeri terjadi, berikut ada beberapa penyebab jempol kaki sakit:

  1. Kuku Cantengan

Cantengan menjadi penyebab utama jempol kaki nyeri, bahkan bisa berhari-hari jika tidak diobati segera. Sejatinya, cantengan terjadi akibat kuku yang tumbuh dan masuk  dalam kulit sekitar kuku. Tepatnya di ujung kuku sehingga membuat jempol kaki anda bengkak, bahkan umumnya bernanah dan sangat sakit saat tersentuh loh.

Untuk itulah, pastikan menggunting kuku jangan terlalu pendek sehingga tak mengakibatkan cantengan. Selain itu jangan terlalu dalam membuang kotoran di ujung-ujung kuku jempol karena dapat mengakibatkan cantengan.

  1. Radang Sendi

Radang sendi juga mengakibatkan jempol kaki sakit karena terjadi pembengkakan, umumnya radang sendi yang terjadi adalah asam urat. Tak perlu risau memikirkan radang sendi yang mengangu, anda dapat mengatasinya dengan memakai sepatu yang ujungnya bisa ditekuk. Jika tak menemukan alas kaki tersebut, dapat memakai alas kaki yang yang kaku sehingga radang sendiri bisa sembuh.

  1. Sesamoiditis

Sesamoiditis termasuk peradangan yang terjadi di kaki yang berdampak pada dua tulang kecil, tepatnya di bawah persendian jempol kaki. Bahkan penderita tak hanya mengalami rasa sakit saja, tetapi memar dan kesulitan menggerakkan jempol kaki sering terjadi. Untuk mengatasinya dapat menggunakan alas kaki khusus yang direkomendasikan dokter agar peradangan bisa teratasi.

Sejatinya, banyak penyebab nyeri di jempol kaki yang sering dirasakan banyak orang. Tetapi ke 3 penyebab diatas dapat dijadikan wawasan agar cepat dan tanggap mengenali penyabab nyeri di jempol kaki.