August 3, 2021

Kendalikan Nafsu Makan, Kenali Bahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil

Saat sedang dalam masa kehamilan, memang wajar kalau nafsu makan ibu menjadi lebih tinggi dan akibatnya, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Hanya saja, jangan sampai kenaikan bobot tersebut menjadi sebuah kasus obesitas pada ibu hamil. Sebaiknya kendalikan nafsu makan berlebih untuk menghindari bahaya obesitas bagi ibu hamil berikut ini.

Waspadai Bahaya Obesitas bagi Ibu Hamil

Salah satu pentingnya melakukan pemeriksaan rutin bagi ibu hamil adalah untuk mengontrol berat badan. Berat badan berlebih atau obesitas pada ibu hamil bisa menyebabkan dampak buruk sebagai berikut.

  • Kesulitan Saat Persalinan

Semua wanita yang sedang hamil pasti ingin agar saat persalinan nantinya bisa berjalan lancar dan aman. Namun, kalau Anda mengalami masalah obesitas saat kehamila,n yang akan terjadi adalah hal sebaliknya. Persalinan Anda bisa berjalan sangat lama karena mengalami kesulitan. Oleh karena itu, jagalah berat badan dan hindari makan berlebihan.

  • Pendarahan Setelah Melahirkan

Ternyata pendarahan bukan hanya bisa terjadi selama masa kehamilan saja, melainkan juga bisa setelahnya. Terjadinya pendarahan setelah masa kehamilan tersebut salah satunya dipicu oleh kondisi tubuh ibu. Obesitas atau berat badan berlebihan pada ibu merupakan salah satu hal yang akan memicu terjadinya pendarahan setelah melahirkan.