July 4, 2020

Upaya Meningkatkan Kenyamanan Jamaah Di Masjid

 

Sebagai pengelola masjid, tentunya memiliki tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan kenyamanan jamaah yang melaksanakan ibadah di masjid tersebut. Banyak sedikitnya jamaah yang hadir juga sangat dipengaruhi oleh kenyamanan yangg mereka rasakan di masjid tersebut. Jika pengelola mengharapkan kehadiran banyak jamaah untuk beribadah di masid, maka perlu diadakan evaluasi terkait pemberian pelayanan disitu sudah baik atau kurang sesuatu. Dengan begitu pengelola akan terbuka wawasannya, dan akan terus berupaya memperbaiki fasilitas yang diberikan demi ramainya jamaah.

Diperlukan beberapa gambaran pelayanan yang bisa dijadikan inspirasi para pengelola masjid untuk meningkatkan kualitas kenyamanan jamaah. Karena itu, Kami dalam hal ini akan berbagi kepada anda, berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan jamaah di masjid:

Tips Meningkatkan Kenyamanan Jamaah Di Masjid

  1. Fasilitas kacamata baca

Mungkin terdengar unik, namun jangan disepelakan. Bagi jamaah yang sudah berumur lanjut pasti akan merasa sangat terbantu dengan adanya kacamata baca ini. Sebab seringkali mereka enggan membaca al – qur’an bukan karena tidak mau, tetapi karena adanya kendala penglihatanlah yang menyebabkan mereka jarang mengaji. Jika fasilitas ini disediakan dan sistem peminjamannya diatur dengan rapi, maka pasti akan meningkatkan jumlah jamaah yang beribadah di masjid tanpa adanya kehilangan ataupun berkurangnya fasilitas tersebut.

  1. Fasilitas peralatan sholat

Kalau hal ini memang terdengar cukup familiar ya, betul sekali memang fasilitas peralatan sholat lah yang sering kita temui di setiap masjid dan mushola. Biasanya yang di sediakan adalah mukena, sajadah, al qur’an, tasbih dan bagi yang laki – laki disediakan sarung. Dari semua peralatan tersebut, akan menjadi berbeda dan lebih berkesan jika ditambah untuk diberi fasilitas berupa minyak wangi, baik untuk jamaah perempuan maupun laki – laki. Letakkan diatas almari tempat menaruh mukena ataupun sarung, maka jamaah akan menggunakannya sebelum melaksanakan sholat karena hal itu adalah sebuah kesunahan.

  1. Fasilitas pendingin ruangan

Fasilitas yang satu ini cukup memiliki pengarih besar dalam kenyamanan jamaah, karena jika saat melaksanakan sholat udara terasa pengap dan panas maka akan membuat mereka gerah dan enggan untuk datang  sholat berjamaah lagi. Dengan memasang pendingin ruangan atau AC maka jamaah pasti akan betah berlama – lama beribadah di dalam masjid. Karena memang hampir semua ibadah yang dilaksanakan secara berjamaah di masjid relatif memakan waktu lama, maka harus disediakan suatu keadaan yang membuat nyaman orang – orang yang ada di dalamnya.

  1. Program kajian yang menarik

Tidak hanya ajakan untuk sholat berjamaah dan tadarus saja, ada satu hal yang bisa menarik minat para jamaah untuk aktif datang ke masjid. Salah satunya adalah mengadakan program kajian menarik, misalnya dengan mengadakan majlis ta’lim yang dilakuakan setiap seminggu sekali, atau diadakan kajian kuliah subuh yang dilaksanakan secara berkala selain dalam rangka peringatan hari besar islam. Contohnya saja, jika di suatu masjid tersebut diadakan kuliah subuh yang diselenggarakan setiap hari sehabis sholat subuh maka bisa dipastikan jumlah jamaah yang hadir untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah sangatlah banyak. Karena kadang beberapa orang malas untuk bangun pagi dan sholat subuh berjamaah karena tidak tahu akan melakukan apa setelah selesai sholat subuh. Paling – paling mereka akan tidur lagi. Dengan diadakannya program tersebut maka akan jadi motivasi tersendiri bagi jamaah yang hendak bangun melaksanakan sholat jamaah subuh di masjid.

  1. Pemberian makan gratis

Pemberian makan gratis mungkin sering di wujudkan ketika momen bulan ramadhan, yakni dengan pemberian takjil ataupun buka bersama gratis. Namun, jika sedang tidak menepati bulan ramadhan program ini tetap bisa berjalan dengan memberikan sarapan gratis pada jamaah yang mengikuti kuliah subuh di setiap hari jum’at. Program yang demikian pasti akan mendapat sambutan yang meria dari masyarakat. Selain itu juga bisa menambah ikatan persaudaraan dan sosialisasi yang baik antar jamaah.

  1. Fasilitas serba bersih

Faktor terakhir inilah yang sangat menjadikan nyaman atau tidaknya jamaah yang hadir di masjid. Mulai dari kebersihan lantai, kebersihan kamar mandi, kebersihan tempat wudhu, dan juga kebersihan alas sholat. Tidak jarang kita temukan karpet di masjid yang sangat kotor karena jarang di sapu dan bahkan ada karpet yang sebenarnya tidak layak tetapi masih saja digunakan. Hal ini jelas membuat jamaah tidak nyaman sholat di masjid dan membuat mereka enggan datang.

Sudah Tahu Meningkatkan Kenyamanan Jamaah Di Masjid?

Dari situ kita sudah tahu bahwa sangatlah penting memperhatikan kebersihan alas sholat atu karpet karena juga menjadi syarat sah atau tidaknya sholat. Akan membahayakan jika jamaah yang sholat di masjid yang kita kelola sholat nya tidak sah karena kita kurang memperhatikan fasilitasnya. Perbarui karpet masjid atau mushola anda dengan membeli di Plaza Karpet Masjid untuk meningkatkan kenyamanan dan daya tarik jamaah. Banyak pilihan warna, motif dan juga materialnya, disana juga menyediakan berbagai ukuran ataupun bisa menyesuaikan ukuran yang anda inginkan. Cukup pesan secara online melalui website resminya, kemudian lakukan pembayaran sesuai nominal yang ditentukan dan nantikan kedatangan karpet pesanan anda. Sudah banyak pembeli yang puas dan menjadi pelanggannya, jadi jangan khawatir dengan kualitasnya.