October 1, 2020

Cara Menentukan Kombinasi Warna Motor yang Bagus Sesuai Selera dan Kebutuhan

Ada beragam alasan orang ingin memodifikasi penampilan motor, mulai dari sekedar ganti suasana, branding dan lain sebagainya. Begitu pula dengan Anda yang mungkin saat ini sedang mencari-cari inspirasi modifikasi penampilan motor kesayangan. Sebelum membahas lebih jauh, ada beberapa tips yang perlu untuk diketahui agar usaha Anda nantinya bisa mendapatkan hasil maksimal. Kita akan bahas proses penentuan kombinasi warna motor yang bagus dan bagaimana Anda menerapkannya nanti.

Tahap Penentuan Kombinasi Warna  

Memang modifikasi penampilan pada sepeda motor bisa menyasar berbagai bagian. Namun pada umumnya, perubahan yang paling terlihat adalah pada cat dan penggunaan stripping maupun stripping. Tentu saja selain halnya kontur bawaan sepeda motor dan aksen spesifik, Anda bisa memainkan padu-padan warna untuk menghasilkan penampilan baru sesuai keinginan.

Bisa dikatakan warna akan menjadi elemen utama yang akan dimainkan dalam modifikasi penampilan motor. Warna bisa membawakan karakter tertentu yang seakan sudah disepakati di seluruh dunia. Warna dan putih yang cenderung netral hitam misalnya, bisa membawakan karakter elegan sekaligus menguatkan  karakter lain saat digunakan sebagai aksen yang mempertegas kontur tertentu. Warna merah yang cenderung agresif atau warna hijau yang misterius dan sebagainya.

Selain itu, warna juga bisa menjadi khas tertentu seperti yang bisa Anda lihat pada motor balap ataupun motor branding. Motor balap dari tim Kawasaki yang identik dengan warna hijau atau KTM dengan warna oranye. Apabila motor yang ingin dimodifikasi juga terikat dengan sponsorship atau brand tertentu yang biasanya memiliki warna spesifik, akan semakin memudahkan Anda untuk menentukan warna padanannya.

Memilih Warna Dasar

Anda perlu menentukan warna apa yang akan mendominasi penampilan motor dan sekaligus menghasilkan karakteristiknya nanti. Anda bisa mendasarkan pilihan pada selera dan kebutuhan untuk memilih warna dasar ini. Hindari memilih berdasar selera orang lain karena belum tentu selera orang sama dengan selera Anda. Begitu pula dengan keinginan yang nantinya bisa menjadi panduan menentukan apa saja yang akan dilakukan nantinya. Kecuali jika pilihan warna terikat dengan warna sponsor dan brand.

Memilih Warna Padanan

Setelah menentukan warna dasar yang digunakan pada sebagian besar tampilan motor, berikutnya Anda perlu menentukan warna-warna lain yang digunakan sebagai padanan. Tak selalu hanya berupa kombinasi 2 warna saja, Anda juga bisa meracik kombinasi dari 4 sampai 5 warna sekaligus. Meskipun terkesan sepele, nyatanya menyeleksi warna padanan juga bisa cukup memusingkan, terlebih jika Anda tidak memiliki paduan baik itu berdasar selera atau kebutuhan.

Memadukan Warna

Untuk memilih warna yang bisa digunakan sebagai paduan, Anda bisa melihat-lihat contoh inspirasi warna motor asli pabrikan yang cocok dengan selera dan kondisi. Misalnya dengan melihat padanan warna pada motor premium terbaru, tak harus motor sejenis tapi juga bisa dari jenis motor lain. bisa juga dengan melihat desain yang digunakan pada motor balap di ajang Moto2 dan Moto3. Kalaupun tidak ada contoh yang sesuai, Anda bisa main aman dengan menggunakan warna yang tak terlalu jauh berbeda misalnya hitam dengan oranye dan kuning, atau putih dengan biru tua dan biru muda.

Tahap Pengaplikasian Kombinasi Warna ke Motor

Setelah didapat warna utama dan padanannya, berikutnya Anda bisa mengaplikasikan padanan tersebut pada bentuk motor. Untuk tahap ini Anda bisa menggunakan software seperti CorelDraw ataupun PhotoShop dan mendownload template sesuai bentuk motor yang ingin dimodifikasi warnanya. Intinya, tahap ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran awal seperti apa penampilan motor setelah menggunakan kombinasi warna yang dimaksud.

Preview

Umumnya, preview (pratinjau) atau lihat dulu seperti ini disediakan oleh bengkel cat ataupun stripping decal. Jika Anda melakukan modifikasi warna sendiri dan tidak memiliki akses ke software tersebut, bisa menggunakan aplikasi smartphone untuk memfoto motor lalu menambahkan layer pewarnaan di atas foto tersebut. Ada berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan Anda mencoba kombinasi warna motor yang bagus tersebut.

Menggunakan cara preview seperti ini, Anda bisa menentukan secara spesifik bagian apa saja yang akan mendapat warna tertentu. Contohnya, Anda ingin menyamakan warna sayap samping dengan spatbor depan dan tangki dengan warna hitam, lalu bagian cover mesin diwarnai senada dengan warna bak mesin, warna silver logam. Sementara untuk membuat bagian bawah lebih kekar, warna spatbor belakang dan swing arm juga bisa dibuat menyesuaikan agar lebih terlihat. Untuk menambah kesan sporty, Anda bisa menambahkan aksen warna merah di beberapa bagian minor.

Koreksi

Pada saat preview ini, tak menutup kemungkinan Anda berubah pikiran atau mendapat inspirasi baru sehingga bisa saja dilakukan beberapa perubahan kecil. Inilah alasannya mengapa Anda sebaiknya melakukan pratinjau terlebih dahulu sebelum ekseskusi. Bukan perubahan warna secara signifikan dari hitam ke putih saja, perubahan juga bisa terjadi dari hijau muda ke hijau stabilo demi meningkatkan keterlihatan aksen, misalnya.

Eksekusi

Proses pengecatan atau wrapping sanghat tergantung pada bagaimana cara Anda melakukan modifikasi. Bengkel cat tentunya akan mencari komposisi campuran warna dasar yang paling tepat untuk mendapatkan warna yang Anda maksud pada preview. Sementara wrapping menggunakan sticker ataupun scotchlite dan decal juga akan menyodorkan warna yang mereka miliki sesuai dengan permintaan Anda.

Atau jika Anda melakukannya sendiri bisa dengan membongkar bagian-bagian motor yang akan diwarnai lalu membersihkannya satu per satu sebelum dilapisi warna. Umumnya, orang menggunakan 1 warna dasar lalu menggunakan 2 warna padanan untuk menghasilkan tampilan minimalis, baik mengunakan air brush ataupun decall dan stripping.

Demikianlah tips yang bisa coba Anda terapkan saat ingin mengganti warna motor Anda. Jika Anda sering mengganti warna motor atau ingin membuka jasa modifikasi seperti ini, tak ada salahnya bergabung dengan kursus mekanik motor untuk lebih memudahkan Anda memahami seluk beluk motor dan keinginan para pengendara. Selamat mencoba!