December 2, 2020

4 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Memiliki Cita Rasa Unik

 

Salah satu ikon dari Indonesia tentu saja Jakarta yang masih menjadi pusat pemerintahan dan Ibukota. Banyak pembangunan serta wisata menarik, baik alam maupun buatan yang wajib anda kunjungi.

Tidak hanya menonjolkan wisata dan ikonnya, Jakarta juga memiliki makanan khas Betawi yang tidak boleh anda lewatkan. Cita rasanya sangat khas dan membuat anda terbang ke masa lalu.

Banyak hidangan khas Jakarta di masa silam yang dijual di pinggir jalan, tetapi soal rasa tentu tidak perlu diragukan. Yuk intip beberapa rekomendasi makanan yang harus anda coba di sini!

Kerak Telor

Hidangan pertama ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Di kota lain pun telah banyak penjual kerak telor yang memberikan embel embel cita rasa otentik dari Betawi.

Percayalah bahwa menikmati suguhan kerak telor di kotanya langsung akan terasa lebih nikmat. Rasa jajanan ini gurih dan legit, tidak heran jadi favorit sebagian besar masyarakat Jakarta.

Bahan yang dipakai untuk membuat satu porsi, yaitu berat ketan putih, telur, ebi kering yang sudah disangrai, bawang goreng, dan bumbu halus. Telur yang dipakai bisa telur ayam ataupun telur bebek.

Yang membuat masakan khas dari Betawi ini digemari justru karena cara memasaknya yang unik. Telur yang telah setengah matang akan dibali dan menghadap arang lalu dimasak hingga jadi kerak.

Nasi Uduk Betawi

Makanan khas Betawi yang kedua ini tentu sudah tidak asing juga. Nasi uduk ini memiliki ciri khas rasa yang gurih dari santan dan aroma khas dari beberapa daun yang ditambahkan saat memasaknya.

Beras yang dipakai tidak memiliki syarat khusus, hanya saja dimasak dengan air yang berbeda. Anda cukup menyiapkan santan, daun salam, daun jeruk, serai, dan laos untuk dimasak bersama nasi.

Setelah itu, masak nasi hingga matang baik memasaknya secara konvensional maupun dengan penanak nasi modern. Kedua cara ini menghasilkan nasi uduk yang sama, meskipun waktu pengolahan yang berbeda.

Setelah nasi matang, anda dapat menyuguhkannya dengan lauk pauk yang beragam. Mulai dari taburan bawang goreng, sambal, daun kemangi, dan tidak lupa ayam goreng sebagai pelengkapnya.

Semur Jengkol

Makanan satu ini memiliki ciri khas dari segi rasa ataupun bau yang ditimbulkannya. Cara untuk mengolah jengkol cukup beragam, tetapi semur jengkol jadi salah satu makanan yang paling digemari di Betawi.

Anda dapat menemukan sajian makanan khas Betawi ini cukup mudah, seperti di warung tegal atau lainnya. Harga per kilonya memang cukup tinggi, tidak heran kerap dijadikan produk ekspor ke luar negeri.

Jengkol terkenal dengan rasanya yang pahit, tetapi saat diolah dengan tepat rasa itu bisa hilang. Rempah rempah yang dipakai cukup mengeluarkan cita rasa lezat yang sangat digemari banyak orang.

Penyajian semur jengkol ini cukup dengan nasi putih atau nasi uduk yang hangat. Paduan lain bisa ditambahkan beberapa lauk lain atau kerupuk dan sambal agar santapan anda lebih pedas dan nikmat.

Soto Betawi

Soto adalah salah satu makanan yang bisa anda temukan hampir di setiap kota di Indonesia. Akan tetapi, semua kota memiliki cita rasa yang berbeda beda, begitu pula dengan Betawi yang menawarkan rasa khasnya.

Betawi atau saat ini Jakarta menawarkan cita rasa gurih dari santan yang dipakai untuk memasak soto. Isi yang biasanya dipakai, yaitu daging sapi, jeroan sapi, organ dalam hewan lain, seperti ayam.

Cita rasa gurih dan nikmatnya paduan kuah serta isian membuat semua orang menyukai hidangan satu ini. Anda tidak akan menemukan rasa gurih soto Betawi di masakan masakan lainnya.

Tidak heran banyak orang yang menyukai kuliner satu ini karena makanan khas Betawi satu ini tidak bisa diperoleh di makanan lain. Bahkan masyarakat dari luar kota tidak pernah absen menikmati sajian ini,

Berwisata di Jakarta tentu memberikan anda pengalaman berbeda. Pasalnya, banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi seperti taman bermain hingga tempat tempat bersejarah.

Tidak hanya itu, setiap pelancong juga disuguhi sajian makanan lezat dengan cita rasanya yang unik. Dilansir dari Tabbayun.com, harga yang dibandrol untuk satu porsi juga tergolong ramah di kantong.