October 23, 2020

Agar Tetap Bertenaga Pilihlah Makanan Saat Diare Yang Tepat Untuk Mempercepat Pemulihan

Hampir semua orang pernah mengalami diare dari yang ringan hingga akut. Mengalami diare pasti sangat menyiksa, untuk itu anda perlu memilih makanan saat diare agar cepat sembuh.

Diare adalah penyakit yang umum diderita setiap orang baik laki-laki maupun perempuan dan tidak mengenal batasan usia. Diare dapat terjadi karena konsumsi makanan yang salah, sehingga makanan saat diare harus dipilih secara cermat. Diare merupakan kondisi dimana seseorang mengalami buang air besar lebih sering dari kondisi normal dengan fases yang lebih lembek bahkan cair. Diare ringan dapat terjadi beberapa hari, tetapi diare yang akut bisa terjadi berhari-hari bahkan berminggu-minggu dan menyebabkan bahaya lain seperti dehidrasi dan kram perut. Ketika diare telah mencapai level akut, maka obat biasa tidak cukup dan perlu dibantu oleh tindakan medis untuk menghindari hal yang lebih berbahaya.

Penyebab Diare Yang Harus Dihindari

Diare umumnya terjadi karena konsumsi makanan yang tidak sehat atau gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini karena bakteri dan virus yang menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Sehingga kebersihan adalah kunci utama untuk menghindari penyakit diare, baik kebersihan makanan ataupun kebersihan gaya hidup. Namun untuk kasus diare akut dapat disebabkan karena terjadi radang di saluran pencernaan. Tetapi ketika diare telah terjadi, maka anda perlu memperhatikan makanan saat diare yang tepat agar tidak semakin parah. Berikut dirangkum beberapa penyebab diare sehingga dapat dihindari.

  • Infeksi kuman, parasit, virus atau bakteri

Penyebab umum penyakit diare adalah karena infeksi kuman, parasit, virus atau bakteri yang dibawa oleh makanan ke tubuh. Kuman atau bakteri tersebut dapat saja menempel pada makanan, peralatan makan atau tangan yang tidak dicuci bersih ketika makan.

  • Alergi makanan

Beberapa orang yang memiliki alergi makanan dapat terserang penyakit diare. Termasuk pula orang yang alergi atau intoleran pada produk makanan yang mengandung laktosa dan fruktosa seperti susu, keju atau yogurt. Sehingga mengenali tubuh sejak dini terhadap alergi makanan bisa menjadi pencegah dari berebagai penyakit akibat makanan tersebut.

  • Efek samping obat

Beberapa obat memiliki efek samping diare, sehingga anda perlu teliti membaca deksripsi efek samping obat sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat tersebut. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memilih tindakan yang terbaik.

  • Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat sangat rentan mengundang kuman dan bakteri penyebab penyakit diare. Beberapa kebiasaan yang dapat memicu diare antara lain tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau setelah dari kamar mandi, jarang membersihkan dapur atau toilet, penyimpanan dan mempersiapkan hidangan dengan tidak bersih atau menggunakan sumber air yang tidak bersih. Tentunya hal tersebut dapat dihindari hanya jika anda mulai menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

  • Konsumsi makanan tidak sehat

Selain kebersihan makanan, jenis makanan juga penting diperhatikan untuk menghindari diare. Jangan biasakan terlalu sering makan makanan cepat saji, atau mengkonsumsi makanan panas dan dingin secara bersamaan karena bisa berakibat buruk bagi tubuh.

Pilihan Makanan Saat Diare Yang Enak Dan Dapat Mempercepat Pemulihan

Walaupun sudah dihindari, tetapi terkadang diare tetap saja terjadi. Untuk itu jika terlanjut mengalami diare, maka anda perlu memilih makanan saat diare yang tepat untuk membantu mempercepat penyembuhan. Beberapa makanan tesebut antara lain:

  • Makanan Berkuah

Ketika diare, makanan yang hangat dan berkuah bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain nikmat, makanan hangat juga bisa menenangkan saluran pencernaan anda sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Anda bisa memilih sup favorit atau kaldu yang lezat.

  • Makanan Hambar

Walaupun terkesan tidak enak, tetapi makanan hambar bisa mempercepat pemulihan ketika diare. Anda bisa memilih roti panggang, pure apple atau nasi putih. Eits, tetapi jangan ditambah lauk apapun dulu ya.

  • Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan berkarbohidrat tinggi juga menjadi pilihan makanan saat diare. Hal ini karena karbohidrat tinggi bisa menggantikan energi dan menambah tenaga, serta bisa membantu memadatkan fases sehingga mempercepat penyembuhan. Pilihan makanan berkarbohidrat tinggi antara lain oatmeal, kacang hijau, gandum atau sereal.

  • Buah-Buahan

Buah-buahan baik dikonsumsi oleh siapapun, selain nikmat juga sehat bagi tubuh termasuk pula bisa mempercepat penyembuhan diare. Beberapa buah yang dianjurkan dikonsumsi saat diare yaitu pisang. Hal ini karena pisang memiliki karbohidrat tinggi, kandungan pectin yang dapat menyerap cairan dalam usus, mudah dicerna serta kandungan potassium yang kaya elektrolit. Selain itu konsumsi jenis buah dan sayur yang tidak mengandung gas.

  • Minuman Jahe

Jahe adalah rempah yang memiliki sejuta manfaat. selain biasa digunakan dalam memasak jahe juga bisa dibuat menjadi minuman dan bisa membantu penyembuhan diare. Jahe memiliki kandungan gingerol yang bermanfaat untuk menghambat bakteri penyebab diare dan juga efektif untuk mengurangi mual yang terjadi ketika diare.

Jadi ketika mengalami diare, stop dulu makanan ringan atau pemicu diare. Jika anda biasa mengkonsumsi makanan dari distributor snack makanan ringan yang beragam, selama diare konsumsi snack sebaiknya dihindari terlabih dahulu. Baru setelah sembuh anda bisa mengkonsumsi snack dengan catatan masih dalam batas wajar.