May 17, 2021

Mampu Memberi Nutrisi Terbaik, Berikut Rekomendasi Sayuran Untuk Bayi 6 Bulan

Memilih jenis sayuran  untuk bayi enam bulan terkadang cukup membuat bingung orang tua. Terlebih bayi memiliki sistem pencernaan yang masih lemah sehingga perlu selektif dalam pemilihan sayuran bagi bayi. Sayuran menjadi makanan yang wajib diberikan kepada bayi untuk memenuhi nutrisinya. Untuk Anda yang ingin memberikan makanan terbaik bagi buah hati, berikut beberapa jenis rekomendasi sayuran untuk bayi 6 bulan.

Empat Jenis Sayuran Rekomendasi yang Baik Diberikan Pada Bayi Usia Enam Bulan

  1. Sayuran Labu Siam

Sayuran pertama yang cocok bagi bayi usia enam bulan adalah labu siam. Sayuran ini merupakan jenis sayuran yang tinggi akan kalsium dan fosfor. Labu siam juga bisa dijadikan sebagai variasi makanan yang akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak. Selain mengandung nutrisi tersebut, labu siam diketahui kaya kan vitamin B kompleks, C, Asam Pantotenat, Thiamin, Niacin, dan Asam Folat.

  1. Sayuran Brokoli Hijau

Brokoli juga merupakan sayuran yang kaya dengan kandungan asam folat dan kalsium. Di dalam 100 gram sayur brokoli yang telah dimasak terdapat 56 miligram asam folat dan 88 miligram kalsium. Namun sebelum memberikan kepada bayi Anda, sebaiknya dimasak terlebih dahulu hingga benar – benar lunak. Sayuran untuk bayi 6 bulan ini harus dihaluskan ketika disajikan untuk bayi. Pasalnya tekstur dari brokoli agak keras dibandingkan sayuran hijau jenis lainnya.

  1. Sayuran Seledri

Seledri umumnya digunakan untuk penambah cita rasa pada suatu masakan, seperti contoh membuat sup. Namun, Anda bisa menjadikan seledri sebagai campuran sayur pada nasi tim atau bubur untuk bayi. Meski seledri biasa digunakan sebagai penambah rasa dari masakan, sayuran jenis ini mengandung beberapa zat yang baik bagi bayi yaitu fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram seledri terkandung 40 miligram fosfor dan 50 gram kalsium yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

  1. Sayuran Bayam

Jenis sayuran yang cocok pada bayi selanjutnya adalah bayam. Bayam merupakan jenis sayuran untuk bayi enam bulan yang sangat baik dan mudah untuk didapatkan. Sayuran ini tinggi akan kandungan vitamin A dalam bentuk beta karoten. Selain itu, bayam mengandung vitamin C, B, mineral kalsium, asam folat, fosfor, zat besi dan mangan. Maka dari itu, pemberian sayuran untuk bayi 6 bulan akan sangat bermanfaat bagi pembentukan otak bayi.

Itulah beberapa jenis sayuran terbaik yang bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang bayi. Selain baik bagi perkembangannya, di dalam sayuran tersebut juga terkandung banyak sekali zat yang baik bagi bayi. Misalnya vitamin B, C, Asam Folat, Mineral Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Niacin, Thiamin, hingga Asam Pantotenat. Maka dari itu, penting untuk memberikan sayuran bagi bayi, tujuannya supaya dapat memenuhi nutrisi gizi bayi.