October 23, 2020

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Daun kelor memang banyak dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Bahkan kini daun kelor banyak dibuat menjadi ekstrak dan diperjual belikan. Untuk lebih mengenal manfaat daun kelor ceklist.id akan membahasnya di artikel ini.

Daun kelor dengan nama latin Moringa Oleifera merupakan daun dari pohon kelor, daun ini berbentuk oval kecil dengan ujung tangkai berwarna kuning. Selain bermanfaat dan banyak dijadikan sebagai bahan obat, daun kelor yang memiliki rada sedikit pait juga sering dimanfaatkan sebagai bahan sayuran yang dapat dimasak menjadi berbagai macam menu masakan.

Unsur vitamin yang terkandung di dalam daun kelor sangat bermnafaat untuk tubuh, dalam daun kecil ini ternyata mengandung vitamin C, Kalsium, Kalium, Protein, dan bahkan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Banyak mitos mengatakan bahwa daun kelor dapat bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah namun apakah hal itu benar, atau hanya mitos. Nah untuk lebih jelas mengenai manfaat daun kelor anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh

Daun kelor yang cukup mudah kita jumpai di pasar tradisional apakah benar dapat bermanfaat untuk kesehatan?

  1. Mencegah radikal bebas

Manfaat daun kelor yang pertama adalah dapat membantu menangkal tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas dapat ditangkal oleh antioksidan yang tinggi di dalam tubuh, nah karena daun kalor tinggi akan antioksidan sehingga bila anda banyak mengkonsumsi daun kelor, kadar antioksidan yang ada di dalam tubuh anda akan meningkat dan berefek pada sulitya darikal bebas masuk menyerang tubuh. Padahal radikan bebes sangat berbahaya bagi tubuh, dia bisa memicu timbulnya penyakit kronis dalam tubuh.

  1. Menurunkan gula dalam darah

Daun kelor ternya sudah terbukti dapat menurunkan gula dalam darah, seperti yang kita ketahui bahwa kadar gula dalam darah yang tinggi dapat memicu timbulnya penyakit diabetes. Kandungan senyawa yang bernama isothiocyanate lah yang memiliki fungsi menurunkan gula dalam darah. Sebuah penelitian memaparkan seorang yang rajin mengkonsumsi daun kelor sebanyak 50 gram per hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21%.

  1. Menurunkan setres

Pada sebuah penelitian di Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics ternyata daun kelor memiliki kandungan аdарtоgеn аlаmi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar setres seseorang. Dengan rajin mengkonsumsi daun kelor di saat anda sedang mengalami setres ia bisa menurunkan kadar toksik penyebab setres di dalam tubuh anda. Sehingga anda akan merasa lebih tenang dan tidak lagi merasakan beban pikiran yang berat.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebagai senyawa alami yang mengandung antioksidan tinggi, daun kelor dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Semakin kuat sistem kekebalan tubuh manusia semakin sulit bagi penyakit untuk menyerangnya sehingga kita akan mudah terhindar dari penyakit ringan seperti batu pilek. Tidak hanya itu, ternyata daun kelor juga sangat baik guna menjaga sistem pencernaan dalam tubuh karena adanya kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor.

  1. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit kronis yang banyak ditakuti oleh orang yang sudah berumur, ini karena kebanyakan penderita dari penyakit jantung adalah mereka yang sudah berumur. Sakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia, sehingga selagi bisa mencegahnya sejak dini dengan rajin mengkonsumsi daun kelor maka akan lebih baik bila anda mencegahnya. Didalam daun kelor terkandung zat besi, kalsium dan antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Jadi bagi anda yang ingin mencegah penyakit jantung dengan mengkonsumsi daun kelor, usahakan untuk mengkonsumsinya secar rutin.

  1. Mencegah obesitas

Kelebihan berat badan atau lebih dikenal dengan obesitas ini merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat masa kini. Dengan gaya hidup yang kurang sehat seperti banyak mengkonsumsi makanan siap saji dan jarang berolah raga, obesitas dapat mengancam semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin.

Dan salah satu alternative mencegah obesitas adalah rutin mengkonsumsi daun kelor. Kandungan senyawa isothiocyanate yang terkandung di dalam daun kelor ternyata dapat berfungsi untuk menurunkan berat badan. Adapun kandungan lain yakni bioaktif yang dapat  berperan penting mencegah gangguan metabolisme.

  1. Meredakan peradangan

Selain memiliki kandungan vitamin yang tinggi daun kelor juga memiliki kandungan anti inflamasi. Sehingga daun kelor akan sangat bermanfaat untuk meredakan peradangan, seperti yang kita tahu peradangan yan tidak segera ditangani dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti sakit jantung dan kangker. Tidak ingin ini terjadi pada anda bukan? Maka dari itu rajinlah mengkonsumsi daun kelor setiap hari agar dapat mendapatkan manfaat baik yang terkandung didalmanya.

  1. Mengobati antritis

Selain dapat mengurangi peradangan, daun kelor juga dapat mengobati antritis dimana peradangan dan rasa sakit dapat diberhentikan, sebuah penelitian memaparkan bahwa kandungan yang ada di dalam daun kelor dapat mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Selain daunnya, bagian akan pohon kelor juga memiliki manfaat yang serupa dengan manfaat daunnya. Sehingga bila dikombinasikan kedua bahan ini akan menghasilkan efek berkesinambungan untuk mengurangi rasa sakit.

Demikian artikel tentang manfaat daun kelor, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.